Selalu Berpikir Positif Ternyata Menjadi Keterampilan Dasar yang Harus Kita Kuasai - Begini Cara untuk Mempertahankannya!

Selalu Berpikir Positif Ternyata Menjadi Keterampilan Dasar yang Harus Kita Kuasai - Begini Cara untuk Mempertahankannya!

825
Dengan selalu berpikir positif, Mama juga pasti menjadi pribadi yang menyenangkan dan bukan seorang yang menebar kebencian. Yeah, banyak sekali manfaatnya jika Mama selalu berpikir positif.

Ternyata kemampuan untuk selalu berpikir positif itu merupakan keterampilan dasar yang harus kita kuasai betul-betul.

Ada yang bilang, rumput tetangga selalu lebih hijau dibandingkan dengan rumput sendiri. Bagaimana menurut Mama? Kalau Mama adalah salah satu dari mereka yang keseringan berpikir demikian, well, cut it out, Mama! Karena capek banget lo, kalau pikiran kita dihabiskan untuk mikirin hal yang negatif dan nggak penting seperti itu.

Contohnya kayak gini nih. Pernahkah terucap dalam hati, "Kok hidup dia enak banget sih?"

Yeah, pernah nggak, Ma? Yha! Meski bisikan kecil, tipis-tipis. Mama, you're not in the right way.

You should change your mind. Mungkin Mama nggak tahu gimana perjuangan orang itu. Nggak semua perjuangan seseorang itu tertulis di dalam sebuah status Facebook atau upload story via Instagram ya, Ma. Nay nay.

Banyak kisah tentang orang-orang hebat, yang sebenarnya kita nggak tahu. Seberapa pedihnya mereka mengalami jatuh bangun dalam kehidupan. Yah, bisa dibilang setiap orang sudah ada porsinya masing-masing, dan itu tuh memang hak Sang Pencipta.

Selama hampir 30 tahun saya hidup, saya bertahan agar selalu bisa berpikir positif. Banyak sih godaan untuk tidak mempertahankannya.

Tapi, percayalah, Ma, semakin lama malah semakin kuat untuk selalu berpikir positif. Nggak mudah sih, memang. Pernah marah, menangis, bahkan meledak-ledak. Letupan emosi selalu ada hingga kini. Dan yang saya bisa lakukan adalah mengontrolnya.

Jadi, balik lagi, sebetulnya emosi untuk apa? Buat siapa, Ma? Apa sekarang bisa menjadi lebih baik dengan menyalahkan diri Mama dan tetap berpikiran negatif?

Namun, selalu berpikir positif hendaknya juga harus diikuti dengan kewaspadaan ya. Kadang kita sudah berpikir positif pada sesuatu atau seseorang, namun ternyata mendatangkan bencana, musibah atau kehilangan pada diri kita sendiri. Karena itu, kita harus berpikir positif pada orang dan tempat yang tepat.


BACA JUGA


Ucapkan 4 Kata-Kata Positif Ini Setiap Pagi Agar Mama Lebih Bersemangat Menjalani Hari!

Ucapkan 4 Kata-Kata Positif Ini Setiap Pagi Agar Mama Lebih Bersemangat Menjalani Hari!

Mengucapkan kata-kata positif ternyata bisa membawa energi baru dalam menjalani hari

Read more..


Well, berikut ini beberapa cara untuk selalu berpikir positif demi hidup yang lebih bahagia.

Let it flow


Masalah setiap hari pasti ada saja ya, Ma. Mulai saat kita membuka mata di pagi hari, sampai menjelang tidur pun kadang masalah itu selalu masih ada. They just come and go. Dari yang cuma masalah kecil, butiran-butiran sampai bisa jadi menggunung.

Tapi kita harus kuat dan pintar melaluinya. Tinggal gimana cara kita mengatasinya. Mungkin terkadang memang berat, namun yang terpenting dari itu hanyalah bagaimana cara kita bertahan untuk berpikir positif. Karena kalau cuma berlarut-larut saja dengan berbagai pikiran negatif itu, apakah masalah akan selesai?

Mau menikmati hidup ya, lalui saja apa yang terjadi. Of course, we should enjoy it.


Belajar dari kesalahan


Coba flashback yuk! Meski semua yang kita lalui dalam hidup ini tuh nggak semuanya enak, namun ada banyak pelajaran dari hal-hal yang nggak kita sukai atau lakukan dengan salah sebelumnya.

Lalu, mari kita mencoba belajar dari semua kesalahan itu.

Sedikit bercerita nih, Ma, saya ingin memahami dari pengalaman tidak enak yang pernah harus saya lalui. Saya masih menyimpan "rasa bersalah" itu saat saya harus melahirkan anak pertama secara SC atau operasi caesar. Kenapa? Padahal saya seharusnya bisa melahirkannya secara vaginal.

Saya tahu, semua memang sudah diatur, tapi pasti ada maksud di balik itu semua. Atau mungkin juga saya kurang tenang saat menjalani kehamilan anak pertama? Dari situ, saya lantas niatkan di kehamilan kedua agar saya bisa selalu tenang, bisa selalu berpikir positif, dan meredam emosi.

Alhamdulillah, anak kedua saya bisa melahirkan secara vaginal. Dan jadi pengalaman yang tak terlupakan, Ma!


Bersyukur


Saya selalu percaya, nikmat akan bertambah jika kita selalu bersyukur. Pasti Mama juga setuju ya.

Dengan selalu berpikir positif dan mensyukuri segala yang kita miliki, maka kita pun sudah berusaha untuk meraih kebahagiaan dengan cara sederhana. Mama tahu kan, selalu ada langit di atas langit? Jadi memang pasti ada orang lain yang lebih dahsyat cobaannya daripada kita.

Yang harus kita ingat, tetap melakukan yang terbaik dengan apa yang kita punya dan tetap mempertahankan cara berpikir positif kita. Percayalah, Ma, hidup akan semakin indah.


BACA JUGA


Meski Dianggap Eksentrik, Ada 5 Poin Positif dari Gaya Parenting Angelina Jolie. Simak Yuk!

Meski Dianggap Eksentrik, Ada 5 Poin Positif dari Gaya Parenting Angelina Jolie. Simak Yuk!

I've never lived my life in the opinion of others. I believe I'm a good person. I believe I'm a good mom. But that's for my kids to decide, ...

Read more..


No drama


Segera sudahi kalau Mama sedang beremosi. Nggak perlu berkepanjangan. Ini penting demi menjaga aura dan cara berpikir positif kita.

Nggak usah pula mengungkit masalah yang sudah lalu. Lagipula, solusi akan lebih mudah kita temukan bila Mama nggak emosi. Amarah yang terlalu mendalam dan mengendap di jiwa bisa memicu pikiran negatif.

So, ayo, bebaskan saja. Pikirkan hal lain saja, yang lebih berguna. Mama bisa melanjutkan hobi Mama, melakukan banyak kegiatan yang bikin happy.

Intinya, mama jangan sampai diperbudak oleh emosi.


Do what you love


If you do what you love, it is the best way to relax.

Yes, ini dia cara terbaik untuk selalu bisa mempertahankan cara berpikir positif. Melakukan segala yang kita cintai.

Apa sih hobi Mama? Berkebun? Merajut? Memasak? Shopping? Boleh kok, dilakukan semua. Tentunya yang tidak merugikan orang lain yes?

Alihkan segala hal yang negatif dari dalam diri Mama pada kegiatan yang Mama sukai.


Remember the good


Merasa terluka dengan seseorang atau sesuatu, Ma?

Well, ingatlah hal yang baiknya saja yuk, Ma. Pasti Mama juga pernah dengar kata-kata bijak seperti ini, "Memberi tanpa mengingat, menerima tanpa melupakan."

Seringkali kita melupakan kebaikan orang lain karena satu kesalahan yang telah ia lakukan. Dan ini akan sangat memengaruhi usaha Mama untuk selalu berpikir positif lo.

So, please, jangan menutup mata karena rasa amarah. Juga dengan mengingat hal baik yang terjadi dalam hidup, Mama pun bisa menghirup aura positif.


BACA JUGA


Banyak Hal Positif yang Didapatkan Ketika Saya Menjadi Perempuan Ambivert

Banyak Hal Positif yang Didapatkan Ketika Saya Menjadi Perempuan Ambivert

Don't confuse my personality and my attitude. Because my personality is me and my attitude depends on you

Read more..


Dengan selalu berpikir positif, Mama menjadi semakin kuat menghadapi semua masalah hidup. Usahakan selalu ambil hikmahnya.

Dari segi kesehatan pun, dengan selalu berpikir positif akan membuat jiwa raga menjadi lebih sehat dan bahagia. Mama juga pasti menjadi pribadi yang menyenangkan, bukan menjadi seseorang yang suka menebar kebencian.

Yeah, memang banyak sekali manfaatnya kan, jika Mama bisa selalu mempertahankan pikiran positif?

Stay happy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selalu Berpikir Positif Ternyata Menjadi Keterampilan Dasar yang Harus Kita Kuasai - Begini Cara untuk Mempertahankannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


SUCIATI CRISTINA | @suciaticristina

Part time blogger, full time mother, creative photography. Melepas hati Dan Pikiran di cigrey.com

Silahkan login untuk memberi komentar