Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus! Ini Dia 5 Hal Istimewa yang Menjadi Tradisi di Bulan Ini dan Selalu Kita Lakukan

Image via Pendoa Sion

Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus! Ini Dia 5 Hal Istimewa yang Menjadi Tradisi di Bulan Ini dan Selalu Kita Lakukan

3.1K
Selamat ulang tahun Indonesia! Ada banyak hal istimewa kita lakukan di 17 Agustus yang akhirnya menjadi tradisi turun temurun. Apa sajakah itu?
17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita ...

Apa yang pertama kali Mama pikirkan ketika mendengar lagu ini, Ma?

Kalau saya, pertama kali yang saya ingat ketika mendengar lagu ini adalah deretan lomba-lomba seru di bulan ini, dan saat mendekati 17 Agustus; lomba balap karung, tarik tambang, panjat pinang dan ... uhm ... apalagi ya, Ma? Banyak deh.

Selain lomba, saya juga paling semangat menyambut pentas seni 17 Agustus, karena saat itulah waktunya saya dan teman-teman lain unjuk bakat seni. Ha! Seru deh, Ma!

Tapi, Ma, sebenarnya tidak hanya lomba dan umbul-umbul kemerdekaan saja yang membuat tanggal 17 Agustus ini istimewa. Ada sesuatu yang terlihat tidak biasa dengan kita dan orang-orang di sektar kita juga.


BACA JUGA


Si Kecil Pengin Ikut Lomba 17 Agustus? Persiapkan Mereka dengan Baik, Terutama Perkara 5 Hal Penting Ini!

Si Kecil Pengin Ikut Lomba 17 Agustus? Persiapkan Mereka dengan Baik, Terutama Perkara 5 Hal Penting Ini!

Mama, 17 Agustus segera tiba ya. Cuma tinggal besok loh. Biasanya sudah banyak lomba 17 Agustus yang diadakan, terutama yang buat anak-anak ...

Read more..


Yuk, Ma, coba kita simak 5 hal istimewa di 17 Agustus yang biasanya tidak kita lakukan di tanggal dan bulan lain dalam setahun

1. Gotong royong


Image via JPNIN

Perhatikan deh, Ma, setiap menjelang 17 agustus kita pasti sering terlibat dengan sesuatu yang bersifat kebersamaan alias gotong royong.

Di lingkungan rumah, semua orang keluar untuk membantu membersihkan lingkungan, memasang umbul-umbul, memasang lampu, bahkan mempersiapkan segala hal terkait perayaan lomba maupun malam syukuran kemerdekaan.

Di lingkungan kantor, kita juga biasanya melakukan hal yang sama ya, Ma? Kita akan saling membantu mempersiapkan perayaan kemerdekaan.


2. Lebih perhatian dengan kebersihan dan keindahan lingkungan


Image via Pejambon desa . id

Wah, ini dia ni yang bikin saya suka dengan suasana menjelang 17 Agustus, Ma. Lingkungan selalu tampak bersih dan meriah karena warga jadi rajin membersihkan perumahan. Warga juga semangat untuk kerja bakti karena biasanya nih ada lomba kebersihan antar gang atau kampung.

Gang-gang juga akan semarak dengan taman-taman kecil. Saya pernah lho, Ma, menemui perumahan yang setiap gangnya memiliki taman gantung, dengan cat merah putih di bulan Agustus.

Wuih! Sedap deh dipandang mata.


3. Silaturahmi antar tetangga lebih sering dari biasanya


Image via Kentongan

Karena banyaknya kegiatan warga, kita jadi sering ketemu tetangga ya, Ma. Jika di hari biasa kita jarang berjumpa, atau paling tidak hanya menyapa sekilas. Di bulan Agustus ini kita bertemu dan bercengkrama dengan mereka lebih dari satu kali. Bahkan untuk tetangga yang tidak akrab sekalipun.

Kita bisa berjumpa di rapat acara, persiapan acara sampai pada saat acara itu sendiri. Memang deh momen 17 Agustus ini adalah moment tepat untuk menjaga persatuan lewat silaturahmi.


BACA JUGA


Ibu Bekerja dari Rumah Kerap Dinyinyirin Tetangga? Ah, Biasa! Tapi Coba Lakukan 3 Hal Ini Demi Kenyamanan Bersama!

Ibu Bekerja dari Rumah Kerap Dinyinyirin Tetangga? Ah, Biasa! Tapi Coba Lakukan 3 Hal Ini Demi Kenyamanan Bersama!

Menjadi ibu bekerja dari rumah itu susah-susah gampang. Biasanya sih yang menjadi dilema adalah dalam hal memprioritaskan antara pekerjaan ...

Read more..


4. Rasa cinta tanah air bertambah besar


Wah, kalau ini jangan ditanya ya, Ma. Tanggal 17 Agustus itu identik dengan perjuangan para pahlawan. Seperti lagu yang saya nyanyikan di awal tadi, Ma. Sehingga setiap peristiwa yang dihadirkan di sepanjang bulan Agustus pun akan mewakili rasa cinta tanah air warganya.

Mulai dari pemasangan bendera, karnaval produk dalam negeri, karnaval kostum pahlawan, lagu-lagu kebangsaan yang akan berkumandang, lomba permainan tradisional sampai puncaknya adalah upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Meskipun begitu, Ma, sebenarnya tidak hanya di bulan ini saja kita harus mencintai tanah air, tapi ada di sepanjang hayat kita.


5. Pelajaran dari cerita perjuangan para pahlawan


Seperti yang sudah saya katakan di atas, Ma, bulan Agustus ini adalah bulannya perjuangan. Segala hal yang ada di bulan ini mengingatkan kita pada perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan oleh pejuang pendahulu kita.

Kita bisa mengingat lagi pelajaran sejarah yang sudah lama kita tutup, karena kesibukan kita. Jangan sampai lupa, karena katanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Tapi tidak hanya pahlawan di masa lalu lho, Bulan Agustus ini juga bulan yang tepat untuk memberikan penghargaan kepada para pahlawan pengharum nama bangsa Indonesia. Biasanya, mereka yang memberikan sumbangsih terbaik untuk negeri akan dikenalkan ke publik lewat upacara 17 Agustus oleh Bapak Presiden.


BACA JUGA


Indonesia Telah Merdeka dan Saatnya Mama Menjadi Perempuan Independen Dengan 5 Cara Ini!

Indonesia Telah Merdeka dan Saatnya Mama Menjadi Perempuan Independen Dengan 5 Cara Ini!

All the women who are independent, throw your hands up at me ~ Destiny's Child

Read more..


Menghargai jasa para pahlawan itu juga tidak cukup dengan menghargai saja, tapi mengambil manfaat dan hikmah untuk kita. Kita juga harus termotivasi dengan semangat juang mereka.

Selamat merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, Ma! Dirgahayu Republik Indonesia tercinta!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus! Ini Dia 5 Hal Istimewa yang Menjadi Tradisi di Bulan Ini dan Selalu Kita Lakukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hepi Risenasari | @hepirisenasari

Woman, kids, and parenting enthusiasm

Silahkan login untuk memberi komentar