Jangan Takut Rumah Berantakan! Berikut 11 Ide untuk Bermain Asyik dengan Si Kecil Tanpa Takut Rumah Bak Kapal Pecah!

Jangan Takut Rumah Berantakan! Berikut 11 Ide untuk Bermain Asyik dengan Si Kecil Tanpa Takut Rumah Bak Kapal Pecah!

1.2K
Rumah berantakan saat bermain adalah hal yang wajar, tapi kadang capek ya, Ma untuk beresinnya.

Bermain adalah ruang bebas bagi si kecil untuk mengekspresikan dirinya. Dan bermain merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan setiap saat. Hanya saja efek dari bermain ini bikin rumah berantakan. Hvft.

Memang sih bermain bersama anak itu bisa membangun bonding yang kuat, quality time dengannya lebih besar dan kita bisa pun bisa menyisipkan keterampilan dasar hidup padanya lewat permainan. Pokoknya banyak hal yang bisa anak-anak dapatkan dari bermain.

Saya yakin deh, semua Mama memiliki masalah yang sama ketika bermain yaitu rumah berantakan!

BACA JUGA


Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Nggak perlu terlalu berkeringat membersihkan rumah, kran tersumbat atau noda membandel di panci, cukup aplikasikan cara ini

Read more..

Dan hal tersebutlah yang kadang bikin kita malas untuk main lama-lama dengan si kecil. Somehow, feeling guilty juga. Tapi, gimana dong capek bener beresinnya belum lagi ditambah belum masak, ada kerjaan lain yang menanti. Dan hal-hal seperti itu lah bikin kita memutuskan untuk nggak mau bermain bersama si kecil.

Sekarang Mama nggak perlu khawatir lagi dengan rumah berantakan saat bermain, 11 ide ini bisa bantu mengatasinya!

1. Membuat “celemek” bermain untuk si kecil

sumber : safebe

Si kecil suka sekali main warna Ma? Sebagian besar anak, menyukai permainan dengan bahan dasar warna ini. Tapi, jika tidak hati-hati, warna-warna ini dapat mengotori baju kesayangan si kecil.

Untuk mengatasinya, mama bisa membuat “celemek” sebagai pelindung baju si kecil dari noda. Bahanya pun mudah didapatkan, plastik wrapping! Setelah selesai bermain, wrapping dapat dengan mudah di lepaskan dari baju anak.

Adanya 'celemek' ini bisa meminimalisir rumah berantakan ya, Ma.

2. Memompa air ke dalam balon

sumber : allevent

Anak-anak suka sekali bermain air, bahkan mereka dapat bertahan lama dengan permainan air ini.

Tapi Ma, jika tidak hati-hati, air yang tumpah akan membuat si kecil terpeleset, duh bahaya Ma. Nah, salah satu permainan air tanpa membuat si kecil terpeleset adalah mengisi balon dengan air.

Agar lebih seru, kita bisa menggunakan wadah berpompa, bekas sabun mandi si kecil. Yuk coba Ma.

3. Membuat “keranjang mainan” dalam kamar mandi

sumber : sinful-robotics

Anak Mama sering membawa mainan ke dalam kamar mandi? Rasanya, akan kurang lengkap mandi tanpa membawa mainan ke dalam bak mandi ya Ma.

Bahkan, ide membawa mainan saat mandi ini bisa menjadikan “perintah” yang sama menyenangkannya dengan “perintah” bermain. Tapi, membereskan mainan yang basah dan mengeringkannya terkadang membutuhkan waktu.

Mama bisa coba membuat organizer mainan dengan menggunakan keranjang. Sehingga air langsung menetes ke kamar mandi. Voila, pekerjaan Mama menjadi lebih ringan dan rumah berantakan pun terhindari!

4. Memagari area bermain

sumber : pinterest

Anak-anak terutama anak balita membutuhkan perhatian khusus ketika mereka sedang bermain sendiri. Mereka bisa saja memasukan barang-barang yang berserakan di sekitarnya tanpa kita sadari.

Mama bisa membuat pagar di area bermain si kecil. Sehingga si kecil hanya bermain dengan mainan yang Mama pilihkan tanpa khawatir menelan sesuatu yang ia temukan.

Selain itu, Mama bisa dengan mudah membereskan mainan ketika si kakak ikut bermain. Jika membeli pembatas area ini dirasa terlalu mahal, Mama bisa menggunakan sprei berkaret dan membaliknya, lalu menopang sudut sprei dengan bantal-bantal. Dan playmart pun siap untuk digunakan!

5. Membuat bak mandi aman untuk balita

sumber : Health aim

Berendam di bak mandi sekaligus membawa mainan ke dalam bak adalah ide paling efektif untuk mengajak anak-anak mandi. Tapi, berendam di dalam bak ini tidak bisa sepenuhnya aman bagi anak balita.

Agar tetap aman, Mama bisa menggunakan keranjang pakaian sebagai mini bak sehingga anak Mama bisa berendam dengan aman dan menyenangkan.

BACA JUGA


Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!

Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!

Barang bekas menumpuk? Ayo, lihat lagi, Ma! Siapa tahu bisa kita manfaatkan lagi

Read more..

6. Mengemas makanan anak dalam wadah saat waktu makan tiba

Ma, waktu makan adalah salah satu waktu yang identik dengan 'kotor' dan berantakan. Untuk menghindarinya, Mama bisa menggunakan gelas atau mangkok sebagai wadah makan anak.

Di bagian bawah gelas atau mangkok, alasi dengan menggunakan piring lebar, kertas koran, atau nampan.

7. Tenda pasir

sumber : homecamp

Pasir adalah permainan yang dapat menstimulasi motorik anak. Dan siapa sih yang menolak bermain pasir layaknya sedang piknik di pantai?

Tapi, membereskan pasir sisa mainan anak itu juga penuh tantangan dan menguras kesabaran ya Ma.

Nah, Mama bisa coba mengisi tenda anak dengan pasir bersih. Biarkan anak bermain pasir dalam tenda. Tambahkan cerita seru agar ia semakin semangat bermain pasir dalam tenda.

8. Tidak ada lagi es krim yang berceceran

Makan es krim memang seru, selain rasanya yang manis, sensasi dingin juga membuat anak-anak gemar sekali dengan dessert ini. Tapi, yang jadi masalah adalah ketika anak-anak selesai makan es krim, noda es krim akan teringgal di mana-mana. Duh pusing ya Ma!

Mama punya cup kertas untuk kue atau bolu? Pasang cup sebagai alas es krim, sehingga es krim akan meleleh dalam cup tanpa khawatir terkena baju anak Mama.

9. Membuat kantong baju anak saat liburan

Ma, saat liburan tiba, kita selalu disibukan dengan benda-benda kesayangan si kecil termasuk baju mana yang ingin dipakai.

Untuk memudahkan si kecil mencari dan tentu saja mencegah koper berantakan, Mama bisa menggunakan plastik bening sebagai pembungkus baju-baju si kecil. Pisahkan satu set baju dan celana serta aksesoris kesayangan si kecil.

10. Membuat organizer lego

Lego atau balok memang permainan yang menyenangkan bagi si kecil. Tapi membereskan lego membutuhkan kesabaran dan ketelitian tinggi.

Mama bisa menggunakan rak gantung sepatu yang terbuat dari plastik bening untuk wadah penyimpanan lego. Ini memudahkan si kecil untuk menemukan lego mana yang ingin dimainkan.

11. Membuat pallet warna anti tumpah

Main campur-campur warna adalah salah satu permainan yang membuat si kecil betah untuk berlama-lama.

Agar tidak mengotori lantai, Mama bisa mencoba membuat pallet warna dengan menggunakan wadah bekas telur (platic atau cardboard egg)

BACA JUGA


Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju bekas yang menumpuk di lemari seringnya diapain, Ma? Dibuang? Eits, jangan dong! Mending sontek 9 ide DIY baju bekas ini deh

Read more..

Gimana Ma, 11 ide kreatif mencegah rumah berantakan saat bermain ini mudah saja kan? Bahan-bahannya pun pasti ada di rumah Mama dan pastinya nggak mahal.

Kadang kita harus bisa menjadi lebih kreatif ya, Ma dengan memanfaatkan peralatan di rumah untuk mengatasi rumah berantakan.

Well, sekarang Mama nggak perlu khawatir lagi kan bermain bersama anak, rumah berantakan kini bukanlah masalah lagi!

Selamat bermain tanpa takut kotor, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Takut Rumah Berantakan! Berikut 11 Ide untuk Bermain Asyik dengan Si Kecil Tanpa Takut Rumah Bak Kapal Pecah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hepi Risenasari | @hepirisenasari

Woman, kids, and parenting enthusiasm

Silahkan login untuk memberi komentar