Seorang Ibu Baru Biasanya Selalu Melakukan 5 Kegagalan Ini! Yang Mana yang Sedang Mama Alami?

Seorang Ibu Baru Biasanya Selalu Melakukan 5 Kegagalan Ini! Yang Mana yang Sedang Mama Alami?

172
Memangnya kenapa dengan rambut kusut dan mata panda? Ini adalah trade mark seorang ibu baru! Masalah?

Kelahiran sang buah hati memang sangat ditunggu-tunggu, ya Ma? Bayi lucu nan imut itu akan melengkapi kebahagiaan Mama yang kini menyandang status sebagai seorang ibu baru, juga Papa tentunya. Kehadirannya mengisi ruang-ruang di hati, hingga berbagai emosi tumpah ruah, siap untuk dilimpahkan kepadanya. Menyenangkan, ya?

Seiring dengan itu, maka tugas Mama pun serta merta bertambah. Sebagai seorang ibu baru, yang tadinya hanya bangun pagi dan menyiapkan sarapan untuk Papa, jadi punya kewajiban memberikan ASI.

Sebelumnya, kerjaan Mama hanya seputaran kantor atau rumah, setelahnya merambah jadi kantor-rumah-bayi. Tadinya, sehari 24 jam itu cukup-cukup saja, malah ada sisa buat sedikit leha-leha, sekarang terasa kurang. Huaaa!

Dan, semua itu terjadi begitu mendadak. Tanpa sosialisasi tanpa penetrasi. Begitu si bayi datang, ya semua harus langsung dikerjakan. Tidak bisa ditunda-tunda karena makhluk yang tubuhnya mungil itu ternyata tukang maksa. Dunia Mama tiba-tiba berubah drastis, dan seringnya, jadi ada beberapa hal yang gagal dilakukan.

Tidak mengapa, Ma. Gagal itu wajar. Apalagi bagi seorang ubu baru.


BACA JUGA


Begini Cara Ampuh Membahagiakan Diri Sendiri Setelah Seharian Penat Menjalankan Tugas Sebagai Ibu Rumah Tangga!

Begini Cara Ampuh Membahagiakan Diri Sendiri Setelah Seharian Penat Menjalankan Tugas Sebagai Ibu Rumah Tangga!

Siapa bilang menjadi perempuan itu gampang? Perempuan itu selalu ingin membahagiakan semua orang tersayangnya, sampai kadang lupa ...

Read more..


Ini ada 5 kegagalan seorang ibu baru yang wajar saja terjadi

Bergaul

Duh, siapa yang peduli dengan kongko-kongko dengan besties saat ada mulut mungil yang terus-menerus minta disusui? Biar sajalah si A bertengkar lagi dengan kekasihnya, toh Mama sudah terlalu sering menasihatinya. Lalu, diamkan saja si B yang merengek minta curhat lagi. Sudah beberapa kali Mama memberinya tips untuk percaya diri.

Tidak tahu, ya, kalau di sini ada bayi yang lebih butuh perhatian?

Jadi, untuk beberapa bulan ke depan, lepaskan dulu rasa empati yang selalu Mama tunjukkan pada sahabat. Kecil sekali kemungkinannya untuk Mama membagi perhatian, karena si mungil ini terlalu menggemaskan untuk diacuhkan!

Solusi

Mintalah para sahabat mengerti keadaan Mama sebagai seorang ibu baru. Ajak mereka untuk lebih sering berkumpul di rumah, dan bukannya di kafe, agar mereka melihat sendiri betapa tersitanya hati dan pikiran Mama.

Lagipula, satu-dua jam kehadiran para sahabat bisa membantu meringankan ketegangan juga lo!


Berdandan

Lalu kenapa jika badan seorang ibu baru bermandikan keringat dan bau susu? Ada apa pula dengan rambut kusut dan mata panda? Masalah?

Belum pernah ya, merasa sangat lelah hingga malas mandi? Belum tahu juga kan, betapa repotnya kelebihan air susu, yang walaupun sudah disedot dan ditampung tapi masih luber?

Lalu, memangnya salah jika rambut jadi kusut karena tidak sempat sisiran? Mau minum saja terkadang harus ditahan, bila tidak ingin sang bayi yang baru disusui bangun lagi. Dan soal mata panda? Sudahlah, tidak usah bertanya!

*pukpuk Mama*

Solusi

Mandilah saat ada waktu yang benar-benar luang. Dengan air hangat, supaya turut melenturkan otot-otot yang kaku. Lalu, cari-cari juga waktu yang pas untuk menyelinap ke salon untuk sekadar hair spa.

Tapi jangan terlalu sering, dan minta Papa untuk bekerja sama, ya!


Makan dengan benar

Ada saat-saat ketika seorang ibu baru merasa lapar. Sangat lapar hingga tidak peduli sudah menghabiskan berapa porsi siomay. Rasanya enak, dan saus kacangnya lezat! Dua atau tiga porsi yang tentu saja bikin kenyang, lalu tidak ingin lagi makan malam. Bukan karena sengaja ingin diet, bukan! Tapi karena laparnya pas jam si abang siomay lewat depan rumah.

Ada pula saat-saat tak berselera makan, walaupun sudah jamnya makan. Lagi-lagi, tidak ada hubungannya dengan diet. Hanya saja, waktu-waktu berinteraksi dengan si bayi mungil ini membuat pola-pola biologis seorang ibu baru kacau. Selera makan jadi timbul tenggelam!

Solusi

Biarpun jadwal makan berantakan, seorang ibu baru tetap harus memperhatikan kecukupan gizi demi ASI yang berkualitas. Mama yang memberikan sufor pun tidak lepas dari kewajban menjaga asupan makanan.

Jadi, kapan pun selera makan datang, beri tubuh makanan 4 sehat, lalu tambahkan susu sebagai pelengkap yang mengandung kalsium tinggi. Jika sedang tidak selera tapi sudah jamnya, setidaknya mengunyah biskuit sayur lumayan bisa mengganjal perut.


BACA JUGA


Depresi Pasca Melahirkan Bisa Berawal dari 5 Hal yang Enggan Diungkapkan oleh Para Ibu Baru Ini - Waspadai!

Depresi Pasca Melahirkan Bisa Berawal dari 5 Hal yang Enggan Diungkapkan oleh Para Ibu Baru Ini - Waspadai!

Baby Blues Syndrome adalah salah satu bentuk depresi di mana Mama merasa sedih dan galau nggak jelas berkepanjangan setelah melahirkan. ...

Read more..


Tidur dengan benar

Ini jelas gagal. Ibu baru di belahan dunia mana pun akan kewalahan mengelola jam tidurnya.

Jadi, jangan risaukan soal mata panda, ya Ma! Sambil belajar 'menabung' energi dengan mengikuti pola tidur sang bayi. Bila si mungil tertidur, usahakan untuk terlelap bersamanya barang 30 menit. Ini mengingat di tengah malam nanti, Mama bisa jadi ikut begadang juga bersamanya, bukan?

Solusi

Mata panda bisa dinetralisir dengan kantung-kantung teh celup bekas. Simpan semua dalam kulkas, dan kapan pun mata butuh kelembapan yang menyejukkan, tempelkan sambil berbaring. Saat bangun nanti, pasti mata terasa lebih segar dan kantung mata sedikit berkurang.


Waktu berkualitas dengan Papa

Untuk yang satu ini, Papa pasti mengerti bahwa Mama sekarang menyandang status sebagai ibu baru, selain sebagai istri tersayangnya. Mengerti bahwa posisinya sudah bukan nomor satu lagi. Hahaha.

Tapi, ia pasti rela-rela saja kok, Ma, membiarkan jagoan atau bidadari mungilnya mengambil alih dulu perhatian si Ratu Rumah Tangga. Kalaupun Papa merasa cemburu, itu bukan karena kurang diperhatikan, tapi karena ia pun ingin menggendong si mungil!

Solusi

Setiap Papa terlihat santai, ajak ia bermain-main juga dengan sang buah hati ya, Ma. Lagipula, Mama jadi punya sedikit waktu buat me time, kan?

Dan, kapan pun si mungil sedang nyenyak, sediakan waktu juga untuk Papa. Berdua-duaan dengannya seperti dulu lagi. Nonton film romantis sambil berpelukan, atau sesekali memesan makanan dari luar untuk menggantikan kencan di restoran. Sampaikan padanya bahwa cinta Mama tetap sama seperti sebelumnya. Aw!


BACA JUGA


Jadi Ibu Baru Tak Pernah Mudah - 10 Hal Ini Harus Diketahui Papa untuk Mensupport Mama!

Jadi Ibu Baru Tak Pernah Mudah - 10 Hal Ini Harus Diketahui Papa untuk Mensupport Mama!

Menjalani peran sebagai ibu baru, Mama butuh support system yang baik. Papalah support system terdekat dan yang terpenting. Ketahui 10 hal ...

Read more..


Nah, wahai para ibu baru, jangan sampai bersedih apalagi tertekan dengan kegagalan-kegagalan itu ya! Tetap semangat dan selalu mencari solusi yang terbaik untuk setiap keadaan, karena di sanalah letaknya seni kehidupan.

Selamat menikmati hidup penuh seni dan petualangan bersama keluarga sebagai seorang ibu baru!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Seorang Ibu Baru Biasanya Selalu Melakukan 5 Kegagalan Ini! Yang Mana yang Sedang Mama Alami?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar