Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!

Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!

1.9K
Si bayi nggak bisa jauh-jauh dari Mama? Bukankah memang seharusnya begitu? Namanya juga mamanya. Tapi, kalau kebangetan, wah, repot juga. Mama nggak akan bisa ngapa-ngapain. Padahal banyak urusan.

Setiap Mama pasti berharap sang bayi yang dicintainya selalu dekat dengannya.

Namun apa yang terjadi jika bayi atau buah hati tak bisa berpisah jauh dari mamanya, atau sangat tergantung kepada Mama? Saat ditinggal sebentar saja, bayi akan merasa gusar dan menangis. Sang bayi memiliki perasaan tak ingin ditinggal. Sulit berpisah dari Mama.


Mama ngalamin juga? Si bayi rewel, bahkan saat hanya ditinggal mandi?

Well, perasaan sulit berpisah, tak ingin ditinggal itu dalam bahasa psikologisnya adalah Separation Anxiety. Dan penelitian psikologis mengatakan, bahwa perasaan tak ingin ditinggal pada bayi, merupakan hal yang wajar dan perkembangan yang normal.

Umumnya, perasaan sulit berpisah dari sang mama ini terjadi pada bayi berusia sekitar 7 hingga 10 bulan. Meskipun ada juga yang mengalami hal itu pada usia 18 bulan hingga 2 tahun.


BACA JUGA


Begini Cara Aman Berkendara Bersama Bayi dan Si Kecil untuk Mama dengan Mobilitas Tinggi

Begini Cara Aman Berkendara Bersama Bayi dan Si Kecil untuk Mama dengan Mobilitas Tinggi

Apakah memang aman berkendara sendiri bersama bayi dan si kecil? Well, pastikan aman dengan beberapa tips berikut

Read more..


Lalu, kenapa ya bisa terjadi Separation Anxiety ini?

Beberapa sumber menyebutkan, hal ini terjadi karena orang tua, terutama Mama, mungkin, di awal-awal masa pertumbuhan si bayi terlalu memanjakan atau tidak membiarkannya sendirian.

Tapi tak perlu khawatir, Ma. Seiring dengan pertumbuhan si bayi, fase Separation Anxiety akan hilang dengan sendirinya kok.

Nah, supaya fase ini terlewati dengan baik, sebaiknya Mama mengenali waktu yang tepat untuk memisahkan diri dari ketergantungan sang buah hati.


Seperti misalnya:

  • Kalau Mama ingin menitipkan si kecil pada pengasuh di rumah atau di daycare, lakukan saat si bayi sudah berusia di bawah 8 bulan atau di atas 12 bulan.
  • Pastikan si bayi dalam keadaan tidak lapar atau mengantuk. Kalau si bayi masih menyusu, pastikan Mama juga meninggalkan ASIP yang cukup sampai Mama kembali ya. Juga keperluan yang lain, harus disiapkan juga.
  • Nah, Mama sendiri juga harus membiasakan diri berpisah ya, sehingga si bayi akan lebih cepat prosesnya untuk membiasakan dirinya sendiri berada di tempat baru dan berjumpa dengan orang baru.
  • Beri waktu si bayi untuk mengenal pengasuhnya atau lakukan beberapa kali kunjungan ke tempat penitipan anak sebelum Mama meninggalkannya di sana.
  • Saat Mama harus pergi, lakukan ritual perpisahan yang menyenangkan. Mama harus tenang dan percaya diri di depan sang buah hati. Yakinkan kalau Mama akan kembali setelah urusan selesai. Pastikan ada senyum lebar di bibir Mama, agar si bayi merasa bahwa everything will be just fine.
  • Berikan penjelasan kapan Mama akan kembali.
  • Berikan perhatian penuh saat melakukan perpisahan.
  • Bersikap konsisten dengan tidak kembali saat si kecil menangis, juga jangan berkali-kali menoleh padanya, karena hal ini hanya akan saat perpisahan jadi semakin sulit. Tetapkan hati ya, Ma.

Kadang memang ada kondisi yang mengharuskan kita meninggalkan si bayi sebentar saja. Misalnya, harus mengurus ini itu yang urgent di luar rumah. Apalagi kalau tujuan kita ke sarana-sarana umum yang yah, kondisinya bisa agak menyulitkan atau bahkan membahayakan kesehatan si bayi.

Bagaimanapun, si baby harus nomor satu kan?


BACA JUGA


Demi Kesehatan dan Kenyamanan, Jangan Lakukan 10 Hal Ini Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir!

Demi Kesehatan dan Kenyamanan, Jangan Lakukan 10 Hal Ini Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir!

A new baby is like the beginning of all things - wonder, hope, a dream of possibilities. ~ Eda J LeShan

Read more..


Well, cepat pulang ya, Ma! Dadah!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Si Bayi Sulit Berpisah dengan Mama, Ini Dia Beberapa Langkah yang Harus Mama Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Sibarani | @indahjulisibarani

Emak Blogger yang tinggal di Yogyarta. Wara wiri di Jakarta. Sesekali masak, lebih sering makan enak.

Silahkan login untuk memberi komentar