Seperti Ini Contoh Menu Diet yang Aman untuk 24 Jam Agar Perut Tetap Kondusif Sepanjang Hari

Seperti Ini Contoh Menu Diet yang Aman untuk 24 Jam Agar Perut Tetap Kondusif Sepanjang Hari

826
Mau diet tapi bingung, menu diet seperti apa sih yang paling pas dan sehat? Nih, ada beberapa rekomendasi menu diet untuk seharian dari Rocking Mama!

Bingung memilih jenis makanan yang layak santap untuk menu diet?

Well, nggak usah bingung. Cobalah beberapa pilihan menu diet yang Rocking Mama rekomendasikan berikut ini, Ma. Selain lezat, Mama juga akan terbebas dari rasa lapar, sekaligus menyingkirkan tumpukan lemak di beberapa tempat ‘penting’.



Menu Diet Sarapan


1. Pisang

Satu atau dua buah pisang sebagai menu diet di pagi hari sudah cukup mengenagkan dan mampu memenuhi kebutuhan kalori seharian, Ma. Kandungan potassium di dalam pisang juga membantu menormalkan detak jantung dan mengatur keseimbangan kadar air di dalam tubuh.

Ditambah kandungan serat di dalamnya, menyantap pisang amat berguna untuk melancarkan saluran pencernaan Mama.

Selain dimakan langsung, variasikan dengan mengiris pisang kecil-kecil untuk dimakan bersama sereal atau salad.


2. Telur

Sebuah penelitian yang dilakukan di Louisiana State University, Amerika menyatakan bahwa kandungan protein dan lemak di dalam telur bersifat mengenyangkan sehingga Mama tidak akan tergoda untuk mengudap camilan sebelum makan siang.

Putih telur juga kaya akan vitamin E serta asam folat yang penting bagi kesehatan.

Merebus telur adalah cara memasak yang terbaik. Jika ingin membuat dadar atau telur mata sapi sebagai menu diet Mama, maka gunakan olive oil yang tidak mengandung asam lemak trans.


3. Oat

Oat banyak mengandung serat dan zat lain yang penting untuk menjaga kesehatan jantung serta membantu pertumbuhan otot.

Kian banyak otot yang dibentuk, makin banyak pula lemak yang mampu dibakar oleh tubuh kita. Oat juga merupakan sumber karbohidrat kompleks sehingga mampu menyediakan cadangan energi dalam waktu yang cukup lama.

Namun, jika Mama bosan dengan menu diet berupa oat yang diseduh dalam air panas atau susu, Mama bisa juga membuat oat cookies di akhir pekan dan nikmati saat sarapan atau sebagai camilan.


BACA JUGA


Diet Ini Terbukti Menurunkan Risiko Terkena Pikun Dini Lho!

Diet Ini Terbukti Menurunkan Risiko Terkena Pikun Dini Lho!

The toughest part of a diet isn't watching what you eat. It's watching what other people eat

Read more..


Menu Diet Makan Siang


1. Steak

Selama menjalani program diet, Mama berpotensi mengalami penyusutan berat badan karena kekurangan massa otot. Kandungan protein di dalam daging steak mampu membantu Mama mempertahankan massa otot sehingga menstabilkan kemampuan otot dalam membakar lemak.

Siapkan menu diet berupa steak bersama sayuran yang dikukus atau direbus. Jangan lupa, pisahkan lemak dan kulit dari steak ya!


2. Nasi merah

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah lebih banyak mengandung serat dan sifat karbohidrat lebih lambat diserap. Karenanya, metabolism Mama akan lebih lancar dan Mama pun menjadi lebih lama merasa kenyang.

Kandungan vitamin B yang lebih lengkap dalam nasi merah juga baik untuk memelihara kesehatan syaraf.

Butuh asupan serat yang lebih banyak lagi? Masaklah nasi merah bersama agar-agar. Nikmati setelah agak dingin. Wuih, menu diet yang agak beda tapi sedap nih!


3. Sambal

Zat zapsaicin yang terkandung di dalam cabai mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat menggenjot metabolism tubuh Mama dalam membakar kalori.

Keuntungan lain, karena kepedesan, Mama akan lebih banyak menenggak air putih hingga lebih cepat merasa kenyang. Hahaha.

Untuk manfaat maksimal, pilihlah sambal sebagai menu diet yang asli ketimbang sambal yang sudah dikemas dalam botol.


BACA JUGA


Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Mama bingung ingin menerapkan cara diet yang mana? Sebelum memilih satu yang Mama sanggup, yuk ketahui dulu mitos seputar diet di artikel ...

Read more..


Menu Diet Makan malam

1. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang berkhasiat memperkuat sistem peredaran darah dan mampu mencerahkan suasana hati seseorang. Kalau mood sedang bagus, pastinya Mama akan mampu menangkal godaan keripik kentang dan kue cokelat kan?

So, untuk menu diet makan malam, masaklah ikan dengan minyak kanola yang juga merupakan sumber asam lemak Omega 3. Jangan lupa lengkapi dengan salad sayuran ya!


2. Keju

Selain tinggi protein dan kalsium, keju juga mengandung asam linoleat, sejenis lemak ‘baik’ yang mampu menurunkan risiko kanker, diabetes dan penyakit jantung. Juga berkhasiat menghambat penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Sebagai menu diet, cobalah keju bercita rasa kuat seperti feta, blue cheese, atau parmesan. Dengan rasa yang kuat, Mama akan lebih mudah mengontrol porsi keju yang disantap.


3. Sayuran

Satu sajian menu diet berupa sayur bayam atau brokoli kukus hanya mengandung tak lebih dari 60 kalori. Sayuran hijau juga kaya akan serat dan senyama karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Mama juga bisa tuh, mempersehat lasagna Mama dengan mencampurkan bayam ke dalamnya. Ingin makan keripik? Coba deh ganti keripik kentang dengan keripik bayam yang tak kalah yummy.


BACA JUGA


Diet Sehat Mama Selalu Gagal? Mungkin Karena Mama Mempunyai Kepribadian Penyebab Gagal Diet Ini!

Diet Sehat Mama Selalu Gagal? Mungkin Karena Mama Mempunyai Kepribadian Penyebab Gagal Diet Ini!

Penyebab gagal diet sehat Mama mungkin bukan karena makanan yang enak-enak itu, mungkin saja kepribadian Mama sendiri yang menyebabkan Mama ...

Read more..


Nah, selain beberapa menu diet di atas, ada pula 5 makanan sahabat diet yang bisa Mama konsumsi untuk menemani menu diet di meja makan Mama.


1. Teh hijau dan teh putih

Kandungan antioksidannya mampu memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh Mama akan mendapatkan asupan zat gizi secara merata meski sedang diet.

2. Apel

Sebuah apel berukuran besar mengandung 85% air sehingga mampu membuat Mama lekas merasa kenyang.

3. Buah beri

Sirkulasi darah yang lancar adalah manfaat mengonsumsi antioksidan dalam buah beri. Peredaran darah yang lancar meningkatkan efisiensi oto dalam berkontraksi dan membakar lemak.

4. Kacang kedelai

Protein di dalam kacang kedelai mampu mendatangkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga Mama akan terhindar dari makan dalam porsi banyak.

5. Yoghurt

Kandungan probiotik di dalam yoghurt ampuh menyingkirkan gas dan gangguan sembelit. Hasilnya, sistem pencernaan mama lebih sehat dan perut tampak lebih rata.


BACA JUGA


6 Alasan Kenapa Berat Badan Mama Tidak Juga Turun

6 Alasan Kenapa Berat Badan Mama Tidak Juga Turun

Sudah ikutan diet ini-itu, sampai puasa Senin-Kamis segala, tapi kok masih belum ada tanda-tanda turun berat badan, ya? Hvft

Read more..


Nah, sudah tahu gambaran menu diet seperti apa yang tepat kan, Ma? Selanjutnya, Mama bisa menyusun menu diet Mama sendiri yang kira-kira punya nutrisi yang equal dengan menu diet yang sudah Rocking Mama rekomendasikan di atas.

Say hello to jarum timbangan yang bergerak ke kiri!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Seperti Ini Contoh Menu Diet yang Aman untuk 24 Jam Agar Perut Tetap Kondusif Sepanjang Hari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar