Sering Mengalami Sakit Kepala dan Mata karena Terlalu Lama Menatap Gadget? Segera Atasi!

Sering Mengalami Sakit Kepala dan Mata karena Terlalu Lama Menatap Gadget? Segera Atasi!

541
Bisa dikatakan, 'teman baik' kita saat ini adalah gawai, yang selalu siap menemani dalam berbagai urusan. Namun berteman terlalu baik dengannya juga bisa bikin sakit kepala!

Mama suka pusing hingga sakit mata, pedih kalau menatap layar laptop atau telepon selular terlalu lama? Terus, suka sakit kepala dan pegal-pegal juga?

Duh, ini memang jadi masalah banget, ya Ma. Mengingat kita itu hidup di era digital, yang keterikatannya dengan gadget sangat tinggi. Tidak hanya para ibu bekerja, bahkan para ibu rumah tangga sambil bekerja juga tidak bisa lepas dari gawai-gawai. Hiks!

Ya, habis gimana, dong? Pekerjaan kan menuntut berteman dengan PC, laptop, atau telepon genggam kan, ya? Urusan kantor, urusan bisnis rumahan, bahkan urusan sekolahan dan arisan pun butuh mengakses internet. Nggak bisa banget deh, nggak ketemu monitor barang sekejap. Pasti kangen! Padahal ya itu, kepala suka cenut-cenut kalau kelamaan menatap layar....

Jadi, gimana dong nih?


BACA JUGA


Mengatasi Sakit Punggung? Mama Bisa Lakukan 8 Latihan Peregangan Ini di Rumah!

Mengatasi Sakit Punggung? Mama Bisa Lakukan 8 Latihan Peregangan Ini di Rumah!

Sakit punggung seringkali dianggap sepele, tetapi cukup membuat Mama menderita

Read more..


Jadi, Mama harus mengikuti tip-tip berikut ya, untuk menghindari sakit kepala saat harus bekerja secara online


1. Jaga jarak mata dengan monitor!


Untuk Mama yang menggunakan personal computer, pastikan matanya berjarak 50-100 sentimeter dari layar. Sedangkan Mama yang bekerja dengan ponsel, perhatikan jarak aman layar dengan mata, yaitu sekitar 30-40 sentimeter.

Kurang atau lebih dari situ bisa berdampak buruk pada kesehatan mata, yang ditandai dengan mata pedih dan berair. Dan kemudian akan menjalar menjadi sakit kepala.

Sayangi kedua mata kita, ya Ma!


2. Mata harus nyaman!


Kenyamanan mata tidak melulu soal jarak, Ma, tapi juga berhubungan dengan banyak hal. Hal pertama adalah pencahayaan.

Jangan memaksa mata membaca dalam cahaya yang seadanya, atau malah berlebih. Coba utak-atik tombol 'brightness' gadget Mama, dan atur dalam cahaya yang pas untuk mata.

Hal lainnya adalah soal font. Hindari membaca huruf yang terlalu kecil, hingga membuat mata memicing-micing karenanya. Otot-otot mata akan memaksakan fokus, yang akhirnya akan merusak elastisitasnya.

Otot-otot mata yang dipaksa akan menimbulkan sakit kepala, Ma.


BACA JUGA


Akibat Duduk Terlalu Lama di Depan Laptop Bisa Sangat Berbahaya Lho! Jangan Pernah Lupakan 4 Kebiasaan Baik Ini!

Akibat Duduk Terlalu Lama di Depan Laptop Bisa Sangat Berbahaya Lho! Jangan Pernah Lupakan 4 Kebiasaan Baik Ini!

Akibat duduk terlalu lama di depan laptop? Ah, palingan pegal. Jalan-jalan sebentar juga sembuh. Eits! Hati-hati! Nggak hanya itu, ada ...

Read more..


3. Take a break!


Ini juga penting, Ma. Ambil waktu setiap 20 menit untuk mengistirahatkan mata. Caranya, pejamkan mata selama 3-5 detik, lalu alihkan pandangan ke arah yang jauh, lebih dari 2 meter, supaya kelenturan otot mata kembali normal.

Sebentar, tapi sangat membantu sang indra penglihatan lo, Ma! Sakit kepala juga akan mereda.

Selain itu, setiap satu jam sekali Mama mengistirahatkan mata agar kembali rileks, yaitu dengan memutar-mutar bola mata. Bawa pandangan ke atas, ke kiri, ke bawah, dan ke kanan sejauh mungkin hingga otot mata tertarik-tarik. Setelah itu, lanjutkan dengan memijat-mijat kelopak mata dengan ibu jari dan telunjuk, hingga kedua mata nyaman kembali.


4. Senam leher!


Tak hanya mata yang bekerja keras, urat-urat di sepanjang leher dan bahu juga ikut tegang bila terlalu lama menatap layar lo, Ma!

Perhatikan saja, tanpa sadar, Mama berulang kali menjulur-julurkan leher layaknya ibu jerapah mencium anaknya, bukan? Tak heran kalau banyak yang mengeluh sakit leher dan bahu, selain sakit kepala.

Kapan saja merasa pegal-pegal pada area itu, mudah saja, Ma. Lakukan saja senam leher dengan memutar-mutar kepala, menyandarkannya pada bahu kiri dan kanan, menengok kuat-kuat ke kiri dan ke kanan, lalu mengangkat kepala juga menunduk, selama masing-masing 5 detik.

Rasakan nikmatnya perenggangan urat-urat di seputaran leher dan bahu itu sebelum kembali menatap layar, ya!


5. Aakash Mudra


Tapi, bagaimana jika Mama lupa beristirahat sejenak, saking asyiknya berjualan online atau sedang dikejar deadline? Duh, pasti sakit kepala kembali datang deh. Cenut-cenut!

Nggak apa-apa, Ma, kita lakukan self healing untuk sakit kepala ala India ini yuk!

Namanya Aakash Mudra, yang caranya hanya dengan menyentuhkan ujung ibu jari dengan ujung jari tengah. Sebentar saja, sambil memejamkan mata dan bernapas teratur, sekitar 3-5 menit.

Dinamakan Aakash, karena artinya 'Ruang', dan bagian yang memiliki ruang dalam tubuh manusia ialah kepala. Jari yang mengontrol elemen ruang adalah jari tengah, dan setiap elemen yang ditempelkan dengan ibu jari akan mengembalikan keseimbangannya. Setelah 5 menit, niscaya 'kekurangan' pada elemen ruang yang menimbulkan sakit kepala akan kembali seimbang. Kepala menjadi ringan dan segar lagi untuk diajak bekerja.

Yuk, dicoba!


BACA JUGA


Sering Sakit Kepala, Ma? 5 tips Praktis Ini Membantu Meredakannya

Sering Sakit Kepala, Ma? 5 tips Praktis Ini Membantu Meredakannya

Sakit kepala adalah hal yang sering dialami oleh hampir semua Mama. Bentuk dan jenisnya bermacam-macam. Mulai dari migraine atau sakit ...

Read more..


Nah, mulai besok sebelum sibuk menghadapi layar komputer dan ponsel, jangan lupa memperhatikan 5 hal di atas demi kesehatan mata dan terhindar dari sakit kepala, ya Ma.

Happy working, Rocking Mamas!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sering Mengalami Sakit Kepala dan Mata karena Terlalu Lama Menatap Gadget? Segera Atasi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar