Setelah Datang Bulan, Lakukan Beberapa Ritual Ini Agar Kesegaran Tubuh Segera Kembali!

Setelah Datang Bulan, Lakukan Beberapa Ritual Ini Agar Kesegaran Tubuh Segera Kembali!

1.6K
Datang bulan pada sebagian budaya di dunia dianggap sebagai hal yang sakral, harus diperlakukan dengan ritual-ritual tertentu. Bahkan juga dibumbui mitos-mitos, yang lantas membuat kita harus melakukan ini dan itu demi alasan-alasan yang kadang kurang bisa dilogika.

Setiap orang punya kebiasaan-kebiasaan tertentu dalam menyikapi suatu hal, termasuk soal datang bulan atau menstruasi.

Datang bulan pada sebagian budaya di dunia dianggap sebagai hal yang sakral, harus diperlakukan dengan ritual-ritual tertentu. Bahkan juga dibumbui mitos-mitos, yang lantas membuat kita harus melakukan ini dan itu demi alasan-alasan yang kadang kurang bisa dilogika.

Begitu pun dalam keluarga saya, Ma. Terkait soal datang bulan, ada beberapa ritual yang kami lakukan setelah datang bulan secara turun temurun, dari mama saya dan sekarang juga saya lakukan. Sebenarnya ada beberapa juga yang saya kira harus dilakukan juga karena mitos, tapi beberapa di antaranya juga karena alasan kesehatan dan kebersihan.


BACA JUGA


Sakit Saat Datang Bulan? Barangkali Mama Sendiri yang Menyebabkannya Karena 5 Kebiasaan Ini!

Sakit Saat Datang Bulan? Barangkali Mama Sendiri yang Menyebabkannya Karena 5 Kebiasaan Ini!

Sering merasa sakit saat datang bulan? Tahu nggak sih, Ma, bahwa rasa sakit saat datang bulan itu bisa jadi karena Mama sendiri yang ...

Read more..


So, mengapa saya tetap melakukan semua ritual sesudah datang bulan? Ya, ada yang karena alasan mitos itu tadi, dan ada pula yang saya rasakan manfaatnya. Dua alasan yang saya rasa tak ada salahnya saya lakukan.


Beberapa ritual setelah datang bulan yang saya lakukan turun temurun.


Mandi besar


Sesuai tuntunan agama saya, bahwa setiap wanita yang telah datang bulan diwajibkan mandi besar.

Maka, begitu selesai datang bulan dan sudah benar-benar bersih dari darah haid atau menstruasi, saya pun melakukan mandi besar. Saya juga keramas dengan menggunakan sampo.


Creambath



Setelah mandi besar dan keramas, saya langsung melakukan perawatan rambut. Yes, creambath.

Untuk ritual-ritual datang bulan setelah mandi besar, biasanya saya meminta bantuan orang lain, misalnya si Mbak ART atau kadang juga memanggil tukang pijat langganan.

Creambath ini bermanfaat agar rambut lebih lembut dan bersih. Kadang selama datang bulan, sebum memang jadi lebih berlimpah produksinya, Ma. Karena itu, setelah selesai datang bulan, ada baiknya kita melakukan perawatan rambut ekstra, supaya rambut pun jadi indah kembali.

Selain rambut, creambath juga biasanya bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah, terutama di sekitar leher dan bahu karena biasanya otot-otot leher dan bahu juga ikut dipijat. Badan pun akan terasa semakin rileks.

Setelah di-creambath biasanya saya akan langsung membungkus rambut dengan handuk, lalu segera berganti ke ritual selanjutnya.


Facial


Datang bulan juga sering mendatangkan minyak berlebih di wajah. Makanya seringkali kita juga jerawatan saat mulai datang bulan.

Facial adalah koentji untuk bebas dari minyak dan jerawat setelah datang bulan selesai. Facial ini saya lakukan biasanya dengan bantuan terapis, Ma.

Langkah facial yang dilakukan:

  • membersihkan wajah dengan facial foam,
  • bilas air bersih dengan spons atau kapas yang sudah dibasahi air,
  • bersihkan dengan menggunakan milk cleanser,
  • basuh lagi dengan spons atau kapas yang sudah dibasahi toner.

Langkah selanjutnya adalah peeling.

Peeling sendiri ada bermacam-macam jenis dan cara penggunaannya. So far, setahu saya, ada 2 jenis yang saya pakai, yaitu yang pertama adalah facial scrub. Krim scrub dioleskan ke wajah hingga terasa ada butiran-butiran kasar. Usapkan merata ke seluruh wajah, kemudian basuh dengan spons atau kapas yang sudah dibasahi air.

Jenis peeling yang kedua yang biasa saya pakai teksturnya mirip pasta gigi. Pemakaiannya, oleskan merata pada wajah hingga agak mengering. Lalu gosok dengan lembut, hingga peeling-nya menggulung seperti gulungan daki. Bersihkan dari wajah, bilas dengan spons atau kapas yang sudah dibasahi air.

Setelah melakukan peeling, biasanya wajah kita akan terasa lembut dan halus.

Lalu kita bisa melanjutkan ke pemakaian masker, Ma. Ada banyak jenis dan penggunaan masker, ada yang berbentuk bubuk, pasta, ada pula yang bentuknya seperti tisu basah yang pemakaiannya tinggal tempel saja ke wajah.

Mama bisa memilih sesuai kesukaan Mama. Oh iya, biasanya saya selalu menyimpan masker yang seperti tisu basah itu di dalam kulkas dulu sebelum digunakan, jadi ada sensasi adem-adem gimana gitu. Seger banget dipakainya nanti, Ma. Coba deh!


Pijat


Pijat ini bisa kita lakukan sembari menunggu masker kering, dan juga bisa sekalian scrubbing tubuh, Ma. Bisa pilih krim yang ada butiran scrub sekalian.

Paling suka deh kalau dipijat di bagian punggung. Duh, jadi rileeeks banget. Otot-otot tegang babai semua. Mood pun jadi baik setelah pijat ini, Ma.

Oh iya, kalau terapisnya punya keahlian untuk memijat area intim, nggak ada salahnya untuk sekalian minta perawatan, Ma. Agar si miss V selalu sehat.


Ratus


Setelah pijat area intim biasanya saya akan diratus.

Kadang saya melakukannya sendiri di rumah. Saya memang punya tempat untuk membakar ratus, yang terbuat dari gerabah. Caranya cukup mudah kok, bakar ratus lalu taruh saja di tempatnya. Jika Mama punya kursi atau bangku yang berlubang, bisa dipakai. Letakkan tempat ratus di bawah kursi atau bangku, dan kita duduk di atasnya.

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang longgar. Kalau saya sih pakai sarung, yang sekalian dipakai juga untuk menutup kursi agar asap ratus nggak ke mana-mana. Ratus ini akan membuat miss V kita jadi harum dan sehat, Ma.

Oh iya, setelah diratus, usahakan untuk nggak berhubungan intim dulu ya.


Mandi


Setelah sekitar 30 menit – 1 jam melakukan pijat dan ratus, saya pun mandi lagi.

Kali ini mandinya agak beda dengan mandi besar yang pertama, karena pakai air hangat yang diberi segenggam garam (kalau ada garam aromatherapy lebih bagus).


BACA JUGA


7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

Makanan sehat baik untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita selalu fit dan terhindar dari penyakit. Begitupun saat haid, kita perlu ...

Read more..


Selesai deh, Ma, ritual setelah datang bulan yang kita lakukan. Rasanya? Waaah ... jangan ditanya lagi deh. Segar, merasa bersih banget, wangi ... pokoknya semua keluh kesah saat datang bulan bhay semua. Jadi merasa cantik maksimal! Hahaha.

Nah, gimana dengan mama-mama lain nih? Ada ritual khusus nggak setelah datang bulan? Boleh dicoba lho, cara saya di atas. Memang agak rempong, tapi worth it banget!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setelah Datang Bulan, Lakukan Beberapa Ritual Ini Agar Kesegaran Tubuh Segera Kembali!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ratna MaulinaAnneLesmana | @annelesmana

Silahkan login untuk memberi komentar