Si Kecil Cemburu pada Kakak atau Adiknya? Coba 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Si Kecil Cemburu pada Kakak atau Adiknya? Coba 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!

1.8K
Rasa cemburu antar anak-anak kadang tidak muncul hanya karena sikap kita pada mereka. Rasa cemburu bahkan bisa muncul begitu saja saat salah satu di antara mereka tengah menjadi pusat perhatian.

Memiliki lebih dari satu orang anak memang challenging ya, Ma. Mama dengan anak lebih dari satu, apalagi yang lebih dari dua, rasanya pasti pernah mengalami ketika salah satu atau beberapa dari anak-anak kita merasa “jealous” alias cemburu dari yang lainnya.

Pasti familier juga dengan beberapa kalimat seperti, “Mama cuma sayang sama Adek!” Atau, “Mama lebih sayang Kakak!” Mungkin juga, “Mama gitu sama aku. Kalau Adek aja, pasti Mama turutin terus!”

Hvft! *kipas-kipas*

Lalu, sebagai Mama, kita pun jadi bingung harus menjawab apa ya, Ma? Pastinya sebagai orang tua, tidak ada rasa sayang yang lebih besar pada salah satunya, Kalau kata Rocking Mama, mau satu atau dua atau tiga anak, cinta Mama akan tetap bulat sempurna.

Tapi, jikalau ada saatnya kita lebih intens memperhatikan salah satunya pada suatu momen, tentu bukan tanpa alasan.

Rasa cemburu antar anak-anak kadang tidak muncul hanya karena sikap kita pada mereka. Rasa cemburu bahkan bisa muncul begitu saja saat salah satu di antara mereka tengah menjadi pusat perhatian. Adek cemburu karena pesta ulang tahun Kakak terlihat sangat meriah dan banyak hadiah yang diterimanya.

Kakak juga kadang agak cemburu saat Adek tampak mendapat banyak pujian dari saudara-saudara yang berkumpul di rumah.

“Ih, lucu ya! Bla bla bla …”
“Apa sih yang lucu dari Adek? Dari dulu juga begitu!”

Kakak menggerutu sambil tersungut-sungut. Hahaha. Gimana, Ma? Udah pengin garuk-garuk tembok belum?

Yah, sabar, Ma. Boleh kok kalau mau mengelus dada sebentar. Dada sendiri ya, jangan dada Chris Evans. Kejauhan, Ma. #eh Atau elus dada ayam KFC aja juga boleh. Enak tuh.

Tapi, ya kita tidak bisa mengabaikan kondisi ini berlangsung antar mereka, Ma.

Setidaknya ada 6 cara yang bisa kita lakukan agar “perdamaian” terjadi antar anak-anak, damai untuk Mama dan seluruh keluarga juga tentunya.


BACA JUGA


Sibling Rivalry: Anak-Anak Sering Bertengkar? Atasi dengan Cara-Cara Sederhana Tanpa Teriakan Berikut!

Sibling Rivalry: Anak-Anak Sering Bertengkar? Atasi dengan Cara-Cara Sederhana Tanpa Teriakan Berikut!

Kakak dan Adik berantem melulu, Ma, di rumah? Ah, biasa itu mah. Di mana-mana juga sama. Persaingan antar saudara, atau yang biasa dikenal ...

Read more..


6 Cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa cemburu si kecil

1. Jelaskan situasinya jauh-jauh hari


Persiapan adalah kunci.

Ketika Mama sudah bisa menangkap gelagat si kecil cemburu terlebih saat ada momen pemicu yang akan terjadi, misalnya ulang tahun adiknya atau hari wisuda kakaknya, maka segera sampaikan dengan baik pada mereka. Bahwa di hari tersebut akan menjadi hari yang bersejarah dan dan berkesan bagi saudaranya.

Jelaskan bahwa mereka juga harus bisa ikut merasa berbahagia karena akan ada masanya hari penting ini juga mereka alami sendiri nanti.


2. Ingatkan Anak-anak bahwa akan ada gilirannya perhatian itu menjadi milik mereka


Mama harus menjadikan momen ini sebagai momen mengajari mereka tentang empati.

Meskipun anak-anak mungkin kurang paham, mengapa mereka harus sedikit mengalah dan membiarkan perhatian hanya menjadi milik adik atau kakaknya di hari spesial mereka, namun mereka akan mulai berpikir betapa bahagianya berada dalam posisi tersebut.

Akan lebih lengkap lagi kebahagiaan tersebut jika ada support dari seluruh keluarga, termasuk dari kakak atau adik yang sekarang sedang menjadi pusat perhatian kan?


3. Pastikan semua anak-anak Mama terhibur dan masuk dalam “lingkaran”


Jika salah satu anak akan menjadi pusat perhatian karena hari istimewa mereka, maka siapkan rencana lain untuk saudaranya agar ia merasa tidak terlalu ditinggalkan hingga jadi cemburu.

Bisa dengan memberikan mainan baru favoritnya, dan jangan lupa libatkan ia dalam keseruan hari spesial saudaranya, Ma. Misalnya, dalam pesta ulang tahun, minta ia juga ikut meniup lilin, atau ikut membagikan goodie bag pada para tamu.


BACA JUGA


Mendampingi dan Mendidik Anak Melewati Fase Egosentris, Ini Dia 7 Langkah Efektifnya!

Mendampingi dan Mendidik Anak Melewati Fase Egosentris, Ini Dia 7 Langkah Efektifnya!

Mendidik anak memang menjadi tugas orang tua ya, Ma. Termasuk saat si kecil sedang mengalami fase egosentris ini, di mana sering memancing ...

Read more..


4. Ingatkan, betapa pentingnya dukungan mereka untuk saudaranya


Kadang-kadang kita hanya perlu mengingatkan bahwa kakak atau adik sangat menyayangi mereka, dan membutuhkan dukungan serta rasa nyaman di hari besar mereka.

Siapa pun akan mengalami peristiwa serupa. Just a matter of time. Dan Mama berharap, semua juga ikut terlibat dan mendukung kalau saatnya tiba.


5. Hidup memang tak selalu adil


Sampaikan pada anak-anak tentang pelajaran hidup. Bahwa hidup tidak selalu tampak adil suatu kali.

Yah, setiap kita pasti akan mengalami dan paham akan hal ini. Sehingga, rasanya anak-anak juga akhirnya perlu belajar bahwa dalam hidup ini akan ada hal-hal yang mungkin tampak tidak adil.

Ini pelajaran yang tidak mudah, tapi anak-anak perlu tahu hal tersebut, Ma.


6. Jangan menghukum “sikap buruk”mereka


Rasa cemburu, lalu tantrum atau sikap sejenisnya sebetulnya hanya upaya mereka mendapatkan perhatian Mama.

So, be wise. Jangan selalu dituruti ya, Ma. Santai saja. Sikapi dengan bijak dan kita harus bisa menetralisir suasana termasuk suasana hati kita biasanya mudah memanas dalam kondisi ini.


BACA JUGA


Cara Mendidik Anak Bossy Memang Menantang, Ma. Pahami Dulu Faktanya dan Lakukan Langkah-Langkah Ini Untuk Meredam Sikap Bossy-nya

Cara Mendidik Anak Bossy Memang Menantang, Ma. Pahami Dulu Faktanya dan Lakukan Langkah-Langkah Ini Untuk Meredam Sikap Bossy-nya

Cara mendidik anak bossy sangat menantang karena di samping sisi negatif yang kerap Mama temui, ada juga sisi positifnya yang baik untuk ...

Read more..


Nah, Mama punya cara lain untuk mengatasi rasa cemburu si kecil? Yuk, sharing, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Si Kecil Cemburu pada Kakak atau Adiknya? Coba 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ophi Ziadah | @OphiZiadah

Mom of Trio Alinga, Zaha, and Paksi. Legislative drafter who loves blogging. Visit her personal blog at www.ophiziadah.com www.marlekum.net

Silahkan login untuk memberi komentar