Si Kecil Masih Susah Makan Sayur, Ma? Coba 15 Cara Sederhana Ini, Yuk!

Si Kecil Masih Susah Makan Sayur, Ma? Coba 15 Cara Sederhana Ini, Yuk!

1.4K
A lot of parents ask me how to get kids to eat more vegetables. The first thing I say is that it starts from the top. ~ Emeril Lagasse

Membuat anak suka makan sayur memang gampang-gampang susah. Tidak seperti cokelat atau makanan-makanan manis lainnya yang dengan mudahnya memikat hati si kecil, membiasakan anak suka sayur-mayur memerlukan 'perjuangan ekstra' dan bahkan 1001 cara.

Bagaimana dengan si kecil hari ini, Ma? Apakah sudah makan sayur atau masih melakukan gerakan tutup mulut ketika tahu menu yang terhidang di meja adalah sayur-sayuran serba hijau? Kalau memang masih susah, jangan sedih, Ma! Keep on trying!

Tapi, rasanya seperti buntu ide karena sudah mencoba banyak cara namun belum juga berhasil?

Gimana kalau Mama coba 15 cara sederhana dari Rocking Mama ini? Simak, yuk, Ma!



1. Ajak Anak ke Dapur

1. Ajak Anak Ke Dapur - Photo via Brit.co
Photo via Brit.co


Mama sudah mencoba mengajak si kecil ke dapur untuk melihat Mama memasak? Kalau belum, yuk, coba ajak dia! Konon, dengan melihat proses memasak --apalagi jika ikut terlibat-- si kecil akan semangat makan.

Jika dia tertarik membantu Mama, biarkan saja. Eit, tapi pastikan pisau-pisau atau alat memasak lain yang membahayakan dijauhkan dari si kecil dulu, ya. Setelah dipastikan semua aman, si kecil bisa mulai bereksplorasi layaknya chef junior di dapur. Beri kesempatan dia mencuci tomat dan buncis, mengaduk-aduk adonan perkedel, atau memindahkan sayur yang sudah direbus ke piring makannya. Pasti seru!


Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Positif Memasak Bareng Si Kecil



2. Minta Anak Pilih Sendiri Makanannya

2. Minta Anak Pilih Sendiri Makanannya -


Terkadang anak menolak makan sayur lantaran ia kurang suka dengan pilihan mamanya. Hmm, kalau memang ini masalahnya, solusinya cukup simpel, Ma! 

Biarkan si kecil memiliki kontrol atas dirinya sendiri. Bebaskan ia memilih sayurannya sendiri. Misalnya hari ini Mama membuat sayur-sayuran kukus, Mama cukup berikan mangkuk kepadanya. Selanjutnya, terserah Anda. Eh bukan, maksudnya terserah si kecil, Ma!

Biarkan dia menentukan sendiri sayur apa yang diinginkan. Jangan ganggu dia saat memilih sayurnya. Diberi kepercayaan seperti ini, si kecil pasti tidak akan menyia-nyiakannya. Dia pasti senang dan semangat. Dan percaya, deh, cara ini cukup jitu untuk membuatnya mau makan sayur!



3. Buat Semenarik Mungkin

3. Buat Semenarik Mungkin -


Cara ini mungkin paling banyak dipraktikkan oleh mama-mama agar si kecil gemar makan sayur. Ya, menyajikan sayuran dengan semenarik mungkin. Namanya juga anak-anak, ya, Ma, biasanya suka yang lucu-lucu dan unik.

Mama bisa mengombinasikan sayur dengan makanan lain, seperti nasi, roti, daging, dan sebagainya. Kreasikan dalam bentuk bento. Buat tema-tema yang memikat hati si kecil, seperti hewan, karakter film kesayangan, atau apa saja. Lalu, ajak si kecil makan bersama. Pasti menyenangkan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Si Kecil Masih Susah Makan Sayur, Ma? Coba 15 Cara Sederhana Ini, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Zaki DNZ | @dinizakidnz

Seorang ibu rumah tangga yang jatuh cinta luar biasa dengan dunia tulis-menulis.

Silahkan login untuk memberi komentar