Si Remaja Kecanduan Gadget, Ma? Coba Atasi dengan 3 Trik Sederhana Namun Jitu Ini!

Si Remaja Kecanduan Gadget, Ma? Coba Atasi dengan 3 Trik Sederhana Namun Jitu Ini!

397
Kecanduan gadget diidap oleh sebagian besar remaja, anak kita, sebagai akibat dari pesatnya perkembangan teknologi. Well, teknologi memang membantu kita sehari-hari, tapi kalau sampai menjadi "penyakit" seperti ini, juga harus segera diatasi.

Selamat datang di era digital, Mama! Oh, selamat 'tenggelam' di era digital, lebih tepatnya. Generasi milenial, yang mungkin anak Mama termasuk di dalamnya, bisa dibilang sebagai generasi gadget. Generasi yang terkenal karena kecanduan gadget.

Dikutip dari Rula.co.id, ada survei dari McKinsey yang menyatakan, bahwa orang masa kini membuka layar ponselnya sebanyak 80 kali sehari, dan sebanyak 76% di antaranya mengakses media sosial.

Sedangkan, negara kita tercinta ini, Ma, merupakan pasar ketiga terbesar di dunia pada industri mobile app. Jadi, jangan menggertakkan gigi dulu ketika anak remaja Mama seringkali berkutat dengan smartphone-nya. Istilahnya sih, hape kejahit di tangan! Kecanduan gadget itu tadi.

Well, Ma, menghadapi anak remaja memang sedikit membingungkan. Perkembangan otak remaja memang berbeda dari otak orang dewasa. Unpredictable!

Hmmm ... barangkali juga termasuk Mama dulu saat remaja sih, orangtua Mama suka pusing juga dibuatnya. Hahaha. Iya apa iya, Ma? Yah, meski zamannya beda ya. Dulu mungkin Mama nggak bikin pusing karena kecanduan gadget, tapi karena perilaku yang lain.


BACA JUGA


Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik anak agar tak ketagihan gadget harus dilakukan secara simultan. Apalagi bagi anak-anak yang memang sudah terlanjur terpapar gadget ...

Read more..


Zaman berganti, kini Mamalah yang dibuat pusing. Namun, Ma, kecanduan gadget nggak cuma diidap oleh anak Mama saja, kok. Memang fasenya saja, Ma. Lagi masanya.

Kebanyakan anak remaja zaman sekarang makin update dengan teknologi terbaru atau barang yang lagi tren, seperti Nintendo DS, PlayStation, hingga kamera mirrorless. Barangkali saat si remaja meminta dibelikan salah satu di antaranya, dengan dahi mengernyit, pertanyaan semacam, "Ngapain beli kamera lagi kalau hp-nya udah ada kamera 16 megapixel?" muncul di dalam hati Mama.

Yah, memang sih. Kesannya, mereka memang para techy geek, yang menjadi apatis dengan dunia nyata dan lebih eksis di dunia maya kalau sudah asyik dengan gadget masing-masing.

Well, Rocking Mama punya beberapa cara ampuh nih yang bisa langsung Mama terapkan agar anak remaja Mama nggak lagi kecanduan gadget!


3 Tips jitu hadapi remaja kecanduan gadget


1. Zona khusus


Kalau di mal biasanya Mama bisa temukan area bebas rokok, nah, kalau di rumah Mama juga bisa bikin zona khusus nih, tech-free zone!

Maksudnya begini, Ma. Coba perhatikan saat makan malam. Iya sih, si remaja ini ikut makan bersama keluarga, tapi tangan kanannya memegang sendok dan tangan kirinya memegang gadget. Wah, multitasker kan, Ma?

Nah, untuk mengatasi kecanduan gadget seperti ini, sebaiknya buatlah zona di mana anak Mama--dan seluruh anggota keluarga tidak boleh memakai barang high-tech sama sekali! Simpelnya, di meja makan, maka seluruh keluarga harus menikmati waktu makan malam dan ciptakan obrolan ringan tentang keseharian anak Mama, Mama, dan Papa.

Beri pengertian juga padanya, Ma, kalau pagi hingga sore kan Mama sendiri sibuk bekerja ngantor ataupun di rumah, Papa juga menghabiskan waktu di kantor, sedangkan ia sendiri, si anak remaja Mama, harus sekolah, kemudian mungkin dilanjutkan kursus atau les, atau masih di sekolah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Sehingga wajar dong, kalau saat makan malam tiba menjadi momen tepat bagi keluarga untuk memiliki quality-time.


2. Jangan melarang, tapi batasi


"Sayang, taruh dulu gadgetmu, sekarang!"

Ooopss! Reflek ya, Ma?

Ketika melihat si Kakak ke kamar mandi bawa smartphone-nya, saat makan masih megang smartphone, selama perjalanan ke sekolah masih juga leher tertekuk dan pandangan terpaku pada layar smartphone, maka nggak bisa enggak, meluncurlah kalimat tersebut ya.

Ya, bikin geleng-geleng kepala sih, memang. Reaksi umum para mama pasti langsung melarang si remaja untuk memainkan gadget, dan memerintahkannya untuk menyimpan gadgetnya dengan sedikit emosi.

Lalu gimana cara ngatasi hal ini, Ma? Dengan cara umpetin gadgetnya?

Hmmm. Untuk si remaja yang kecanduan gadget ini, daripada pakai trik 'ngumpetin gadget' begitu, lebih baik Mama berikan jangka waktu tertentu pemakaian gadget padanya. Kemudian, segera alihkan perhatiannya dari gadget. Minta bantuannya untuk ikut memasak makan malam, atau ajak ia ke luar rumah untuk belanja bulanan ke supermarket, misalnya.

Ajaklah anak berdiskusi mengenai dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan, serta efek samping yang akan ia rasakan, seperti iritasi ringan pada mata. Si Kakak pasti ngerti dan nurut deh, sama Mama.


3. Ikut terlibat


Anak remaja Mama mulai memasuki jam ketiga dalam penggunaan laptopnya? Coba duduk di sampingnya dan tanyakan apa yang ia lakukan dengan laptopnya selama berjam-jam? Apa yang membuatnya tidak menggubris pertanyaan Mama karena terlalu fokus pada laptopnya?

Cari tahu dulu dan ikut terlibat. Lakukan 'screen time' bersama. Streaming film inspiratif? Nonton video kreatif? Atau anak Mama ternyata sedang cari info tentang salah satu mata pelajarannya karena bahasa buku terlalu sulit ia cerna?

Habiskan waktu bersamanya ketika ia sedang asyik dengan gadgetnya. Hal ini dapat menjadikan anak remaja Mama bertanggung jawab dan nggak kecanduan gadget selanjutnya, karena ada Mama yang ikut mendampinginya.

Cara lain yang dapat Mama coba, yakni dengan mengajaknya jalan-jalan ke tempat yang 'krisis sinyal', agar ia menikmati 'layar' nyata yang ada di depannya.


BACA JUGA


Anak Tertarik Gadget? Jangan Panik, Ma! Bantu Dia Menggunakannya Secara Bijak dengan 5 Tips Ini!

Anak Tertarik Gadget? Jangan Panik, Ma! Bantu Dia Menggunakannya Secara Bijak dengan 5 Tips Ini!

Waktu terus bergulir. Zaman sudah berubah. Teknologi semakin berkembang, bahkan begitu pesat. Dan saat ini, segala sesuatu menjadi lebih ...

Read more..


Nah, anak yang kenal dengan teknologi memang akan bisa membantu dirinya sendiri untuk mengatasi masalahnya. Tapi kalau sampai ia kecanduan gadget, itu sudah mulai jadi "penyakit". Pastikan jangan sampai terlambat untuk mengatasinya ya, Ma.

Terapkan cara-cara ampuh mengatasi si remaja yang kecanduan gadget di atas dengan bantuan Papa juga ya, Ma! Semoga berhasil!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Si Remaja Kecanduan Gadget, Ma? Coba Atasi dengan 3 Trik Sederhana Namun Jitu Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar