Suami Belasan Tahun Lebih Tua, Inilah 5 Hal yang Saya Jalani Agar Pernikahan Selalu Harmonis

Suami Belasan Tahun Lebih Tua, Inilah 5 Hal yang Saya Jalani Agar Pernikahan Selalu Harmonis

1.2K
Apalagi bila landasan cintanya sangat kuat. Perbedaan seperti apa pun bisa diatasi, karena pasangan suami istri yang berkomitmen kuat selalu mengedepankan persamaan, tanpa meributkan perbedaan.

Salah satu gosip selebriti yang pernah membuat khalayak tercengang adalah pernikahan aktor senior Adjie Pangestu dan Novita. Keduanya ternyata memiliki rentang usia yang cukup jauh untuk bisa menikah sebagai suami dan istri.

Banyak netizen yang memberikan tanggapan atas pernikahan mereka ini. Ada sebagian yang memberikan pujian, namun tak sedikit pula yang justru membully keduanya. But, menurut saya itu adalah reaksi yang wajar-wajar saja sih, dari para penggermar. Namanya saja selebritis.

Lalu bagaimana jika kemudian kasus serupa terjadi pada kehidupan di sekitar kita, Ma? Atau justru Mama mengalaminya sendiri?

Saya sendiri telah menikah dengan suami yang berbeda usia belasan tahun di atas saya.

Memang sih, wajar saja rasanya, jika seorang wanita menjalin hubungan dengan lelaki yang lebih tua. Sebagian dari kita memandang, bahwa itu ideal. Logikanya, dengan usia yang lebih matang, maka lelaki yang menjadi suami dianggap bisa menjadi pemimpin yang baik dan bersifat dewasa.

Masyarakat kita masih menganggap bahwa jarak usia 1 sampai 5 tahun di antara suami dan istri itulah yang normal. Tapi, saat rentang usia suami dan istri itu adalah belasan tahun (atau mungkin yang punya kondisi suami lebih muda ketimbang istri). lantas jadi sering muncul pertanyaan, bagaimana cara mereka menjaga hubungan suami istri itu agar tetap harmonis. Juga supaya nggak membosankan. Secara ya, mereka terlahir (mungkin) di masa yang berbeda. Karena bagaimanapun, hal ini juga akan memengaruhi cara pikir mereka.

Well, menyatukan dua manusia itu bukan hal yang mudah, tapi percayalah, Ma, bahwa semua akan berjalan dengan baik. Apalagi jika suami dan istri sama-sama bisa mengesampingkan ego, lalu saling memahami.


BACA JUGA


Suami Kurang Mantap di Tempat Tidur? Ayo, Bantu Dia dengan 7 Kursus Kilat, Cepat, dan Mudah Ini!

Suami Kurang Mantap di Tempat Tidur? Ayo, Bantu Dia dengan 7 Kursus Kilat, Cepat, dan Mudah Ini!

Well, if you kiss my neck, I'm not responsible for what happens next

Read more..


5 Hal yang harus selalu dilakukan agar hubungan suami istri bisa berjalan harmonis meski berbeda usia belasan tahun


1. Yakin atas pilihan kita


Kunci utama dalam menjalin hubungan dengan seseorang adalah keyakinan. Yakin bahwa dialah jodoh yang dikirim Tuhan untuk menemani hidup kita. Dari awal kita harus memiliki komitmen dan yakin bahwa dia adalah sosok lelaki yang kita harapkan. Bukan hanya karena dia baik, suka memberikan hadiah apalagi hanya karena hal materi.

Yakin bahwa dia akan menjadi suami dan teman hidup yang akan memberikan kebahagiaan.

Nah, jika kita sudah memiliki keyakinan seperti itu, meskipun suami terpaut usia yang jauh, maka hubungan pasti tetap langgeng, meskipun banyak perbedaan di antara kita dengan suami.


2. Nggak perlu malu dan mendengarkan cemooh


Yes, rasa malu adalah sumber masalah yang justru akan merusak keharmonisan keluarga kita, Ma.

Biasanya orang yang memiliki suami dengan rentang usia belasan tahun akan selalu malu dan minder terhadap teman-teman sebayanya.

Tapi, bukankah itu kondisi kita sebenarnya? Karena itu, saat sedang hangout dan ngobrol tentang suami, kita nggak usah enggan menyebut usia suami jika memang ditanya dan perlu disebutkan.

Nggak perlu menanggapi berbagai komentar, apalagi yang miring. Anggap saja angin lalu.

Ya, Mama, agar pernikahan kita tetap langgeng, maka kita harus mengubur semua perasaan malu itu. Nggak hanya kita kok yang memiliki suami dengan usia yang terpaut jauh. Banyak juga perempuan lain di luar sana yang sama seperti kita, bahkan terpautnya lebih jauh lagi. Dan, mereka bisa kok tetap serasi dan harmonis.

Percayalah, bahwa dengan dasar cinta, kita pasti bisa melakukannya bersama suami. Buang semua pikiran negatif yang selalu menghantui.


BACA JUGA


Jika Suami Mama Menunjukkan 11 Tanda Ini, Maka Dia Adalah yang Terbaik!

Jika Suami Mama Menunjukkan 11 Tanda Ini, Maka Dia Adalah yang Terbaik!

What I love most about my home is who I share it with

Read more..


3. Komunikasi


Komunikasi amatlah penting dalam hubungan suami istri. Apalagi kalau kita adalah perempuan introvert, seperti saya ini, Ma. Agak susah ya, mau ngomong pun.

Tapi, bisa kok, Ma. Mulailah untuk terbuka, terutama terhadap suami. Meski memang sudah karakter kita untuk cenderung memendam perasaan sendiri, tapi kita harus mencoba untuk mulai terbuka dan memperbaiki diri. Sama suami sendiri loh, ini. Belahan jiwa kita, Ma.

Jangan sampai menempatkan suami di posisi yang serba salah, karena kediaman dan ketidakterusterangan kita, Ma. Kalau suami nggak tahu kondisi yang sebenarnya, bagaimana dia bisa mengerti? Bagaimana dia bisa membantu?

Saya ingat betul. Dulu saya hanya bisa menyampakna isi hati dan pikiran melalui secarik kertas. Iya, Ma, saya dulu sering banget mengirim surat pada suami yang setiap malam tidur di samping saya! Duh, kalau ingat, saya merasa konyol sekali!

Kemudian saya berproses. Saya bukannya nggak mau terbuka, tapi ya memang kadang sulit sekali untuk bisa berterus terang menceritakan isi hati dan piiran. Hingga akhirnya, saya mulai berani berbicara, mencoba terbuka dan mengomunikasikan semuanya.

Kini, yah, saya merasakan betapa komunikasi yang baik itu adalah fondasi keharmonisan dalam hubungan suami istri. Saya pun lebih percaya diri mendiskusikan segala permasalahan yang ada.

Usia kami terpaut sebelas tahun, dan saya merasa tetap didengar. Komunikasi yang baik pula yang memberikan batasan kepada suami untuk tidak bersikap otoriter. Dia tahu, saya butuh didengar. Dia juga tahu saya juga punya solusi masalah yang patut dipertimbangkan, dan dia memperlakukan saya dengan baik.

It's all I ask for.


4. Coba berpikir dari sudut pandang pasangan


Merasa selalu benar, Ma? Yah, wajar. Namanya manusia, terkadang ego kita masih terlalu tinggi ya. Tapi hal ini bisa diatasi kok, Ma. Cobalah untuk berpikir dari sudut pandang suami. Dengan usianya yang lebih dewasa, tentunya dia mempunyai pemikiran yang lebih matang.

Misalnya, kalau kita suka pergi bareng teman-teman, sementara suami lebih suka di rumah, atau kalau pergi ya hanya keluarga saja, maka hal tersebut bisa saja menjadi masalah yang besar jika kita menanggapinya dengan salah.

Cobalah berpikir positif. Barangkali memang ada pertimbangan dari suami yang memang patut kita pikirkan.


5. Jaga penampilan


Ini berlaku untuk keduanya ya, Ma, baik untuk suami maupun istri. Jangan sampai kita mengesampingkan hal satu ini. Yes, penampilan. Sepele tapi bisa memberikan pengaruh besar terhadap mood kita lho.

Intinya sih, meski suami mungkin seleranya "agak lebih tua", tapi nggak berarti kita lalu menyesuaikan padanya. Justru cobalah untuk selalu tampil kekinian. Kalau selera penampilan kita menyesuaikan dengan usia suami, bisa-bisa kita malah jadi nampak lebih tua. Bahkan bisa kelihatan lebih tua ketimbang suami loh.

Mau berapa pun usia suami kita, mereka tetaplah makhluk visual. Mereka suka melihat yang indah-indah, dan tugas kitalah untuk "menyajikan" yang indah-indah untuknya.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Hal yang Membuat Para Suami Tetap Bersemangat Menjalani Pernikahan - Penuhi Saja, Ma!

Ini Dia 5 Hal yang Membuat Para Suami Tetap Bersemangat Menjalani Pernikahan - Penuhi Saja, Ma!

Membina mahligai penikahan suami istri yang sehat dan senantiasa terasa semanis gulali adalah hal yang tidak mudah

Read more..


Itulah sedikit trik yang saya terapkan untuk menjaga keharmonisan dengan suami yang belasan tahun lebih tua, dan mencegah kebosanan dalam sebuah hubungan pernikahan.

Perlu diingat, bahwa semua Itu hanyalah secuil usaha saja, dan masih banyak lagi usaha yang harus kita jalani bersama suami, Ma. Pernikahan dengan rentang usia belasan, pernikahan dengan suami lebih muda ataupun pernikahan yang seusia, semuanya butuh perjuangan.

Jangan pernah meninggalkan doa. Semoga Tuhan menjadikan pernikahan kita awet dan langgeng dunia akhirat. Amin!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suami Belasan Tahun Lebih Tua, Inilah 5 Hal yang Saya Jalani Agar Pernikahan Selalu Harmonis". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yeni Susanti | @yenifkip

Silahkan login untuk memberi komentar