Suami Istri Bertengkar Terus? Ikuti 4 Rahasia Resolusi Konflik Pasangan Menurut Pakarnya

konflik

Suami Istri Bertengkar Terus? Ikuti 4 Rahasia Resolusi Konflik Pasangan Menurut Pakarnya

4.2K
Konflik suami istri memang jamak terjadi di rumah tangga mana pun. Hanya tinggal kita saja yang menentukan, bagaimana memperlakukan konflik itu dan bagaimana membawanya agar kemudian menjadi konstruktif alih-alih destruktif. Ikuti resolusi konflik ala Pingkan Rumondor ini yuk!

Suami istri bertengkar terus sampai-sampai mirip perang dunia ketiga? Sampai berhari-hari? Lantas, sampai *amit-amit* memikirkan untuk berpisah? Padahal, apa benar perceraian adalah solusi?

Sejatinya semua wanita pasti menginginkan pernikahan yang harmonis dan langgeng hingga maut memisahkan ya, Ma. Pernikahan, sebuah perjanjian sakral yang bukan hanya berjanji pada manusia, namun juga pada Tuhan.

Namun terkadang, untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Ketika konflik suami istri sudah demikian meruncing, kondisi demikan genting, maka perceraian pun dianggap sebagai jalan keluar agar tidak ada lagi keributan.

Namun, pertanyaannya, apakah dengan bercerai semua konflik suami istri ini bisa terselesaikan? Nyatanya perceraian hanya akan menimbulkan masalah baru. Mulai dari hak asuh anak (jika sudah mempunyai anak), pembagian harta gana gini hingga beragam permasalahan lainnya.


BACA JUGA


Bagaimana Mengatasi Konflik Pasangan Sesuai dengan Kepribadian? - Workshop bersama Pingkan Rumondor

Bagaimana Mengatasi Konflik Pasangan Sesuai dengan Kepribadian? - Workshop bersama Pingkan Rumondor

Konflik pasangan bisa terjadi pada siapa saja. Workshop Enriching Relationship Satisfaction: Through Conflict Resolution ini membahas ...

Read more..


Menurut data Kasubdit Kepenghuluan, Kementrian Agama (2013), faktor penyebab utama kasus perceraian adalah tidak adanya lagi keharmonisan antar suami istri, yang umumnya dipicu oleh minimnya tanggung jawab dari salah satu pasangan, kondisi ekonomi, godaan pihak ketiga, kecemburuan serta krisis akhlak.

Data tersebut mengungkap fakta bahwa kepuasan pasangan suami istri menjadi variabel penentu dalam langgengnya sebuah pernikahan.



Menurut Pingkan C. Rumondor, S.Psi.,M.Psi dalam acara Enriching Relationship Satisfaction Through Conflict Resolution di Kenobi Space, Kemang, Jakarta, 13 Mei lalu, rahasia mempertahankan sebuah pernikahan adalah dengan menyelesaikan setiap konflik suami istri yang muncul hingga tuntas.

Untuk resolusi konflik tersebut, Papa dan Mama dapat melakukan L.O.V.E.

Bukan hanya berarti cinta, LOVE di sini adalah akronim dari serangkaian langkah yang Mama dan Papa bisa lakukan demi langgengnya ikatan suci tersebut.


Resolusi konflik suami istri dengan cara L.O.V.E ala Pingkan Rumondor



1. Listen and repeat

Jika sepasang suami istri sedang menghadapi sebuah konflik, maka mulailah dengan saling mendengarkan kemudian mengulang (rephrase) pendapat masing-masing agar jelas duduk permasalahannya. Sehingga, tidak lagi ada salah paham di dalam proses penyelesaian konflik tersebut.

Yang perlu diingat, pastikan suami istri sedang dalam kondisi tenang ketika akan membicarakan konflik tersebut. Usahakan juga untuk saling menjaga kondusifnya percakapan dengan tidak saling menyerang pribadi masing-masing, ataupun saling menyalahkan.


2. Observasi respon pasangan suami istri

Perhatikan baik-baik wajah Papa ketika Mama sedang menyampaikan pendapat. Tatap lekat matanya, dan tunjukkan bahwa Mama sedang berusaha menjelaskan beberapa fakta tanpa mengintimidasi pendapat Papa.

Jika saat Mama sedang berbicara lalu wajah Papa terlihat berbeda atau mulai salah paham, maka berhentilah sejenak. Katakanlah, "Sepertinya saya tidak mengatakan maksud saya dengan jelas. Maaf ya, Pa, maksud saya adalah ..." hingga Papa bisa memahami maksud Mama yang sebenarnya.

Sebaliknya, jika saat Papa sedang mengungkapkan pendapatnya dan ada yang tidak Mama pahami, maka tunggulah hingga Papa selesai berbicara. Jangan memotong atau mendebatnya. Kemudian minta ia untuk lebih memperjelas maksudnya.


3. Value Your Partner

Apa pun yang pasangan katakan mengenai konflik suami istri yang tengah terjadi, walaupun Mama atau Papa sempat emosi, usahakanlah untuk menekan luapan emosi tersebut agar bisa menghasilkan solusi.

Cobalah untuk saling menghargai pendapat masing-masing. Buang jauh-jauh "ego" untuk bilang, "Terserah kamu aja!", atau, "Kamu kan selalu begitu!" yang bisa memperuncing konflik suami istri yang terjadi, dan menjauhkan Mama dan Papa dari penyelesaian konflik.

Jika ada indikasi salah paham, maka biarkan ia menyelesaikan kalimatnya. Kemudian Mama balas dengan, "Saya mengerti kamu maunya seperti A, tapi bagaimana kalau... (ungkapkan maksud mama)."


4. Evaluasi kepentingan atau tujuan Mama dan Papa

Cobalah tentukan tujuan bersama dari penyelesaian konflik yang sedang Mama dan Papa hadapi.

Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mencari solusi dari konflik tersebut karena walaupun berbeda pendapat, nyatanya Mama dan Papa mempunyai tujuan yang sama.


BACA JUGA


Suami Istri Bertengkar? Wajar! Walaupun Mama Masih Marah Tetap Tunjukkan Rasa Cinta Pada Papa Dengan 8 Cara Ini. Dijamin Papa Bakal Melted!

Suami Istri Bertengkar? Wajar! Walaupun Mama Masih Marah Tetap Tunjukkan Rasa Cinta Pada Papa Dengan 8 Cara Ini. Dijamin Papa Bakal Melted!

Hubungan suami istri mana yang sempurna di dunia ini? Semua pasti melewati pasang surut dalam menjalaninya

Read more..


Teori L.O.V.E di atas memang terlihat sangat mudah, namun dibutuhkan usaha lebih dalam pelaksanaannya ya, Ma. Biasanya ketika konflik sudah semakin memanas, jangankan duduk berdua untuk mencari solusi, bertemu dengan Papa saja bawaannya sudah kesal, ya? *pukpuk*

Maka, cobalah untuk mengondisikan perasaan Mama dengan mengingat apa yang membuat Mama jatuh cinta kepada Papa sebelumnya. Ingat-ingat kembali kenangan manis berdua saat Mama dan Papa mulai menjalin kasih sehingga bisa terjalin kembali komunikasi yang hangat.

Well, semoga dengan melakukan pendekatan ala Pingkan Rumondor di atas, konflik suami istri yang terjadi bisa diurai ya, Ma. Sabar, dan tetap percaya bahwa semua bisa diselesaikan. Jangan lupa juga untuk meminta bantuan pada-Nya yang Mahakuasa, Sang Maha Memberikan Jalan dan Solusi.

Selamat pacaran lagi, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suami Istri Bertengkar Terus? Ikuti 4 Rahasia Resolusi Konflik Pasangan Menurut Pakarnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Inne R. A. | @innera

Content Writer * Translator * Freelance Teacher A life learner

Silahkan login untuk memberi komentar