Sudah Ada Kotak P3K Belum di Rumah, Ma? Inilah Beberapa Obat Darurat yang Selalu Harus Ada!

Sudah Ada Kotak P3K Belum di Rumah, Ma? Inilah Beberapa Obat Darurat yang Selalu Harus Ada!

1.3K
Kotak P3K yang lengkap dapat membantu kita memperingan sakit. Namun mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.

Apakah di rumah Mama sudah ada kotak P3K, Ma? Setiap rumah tangga biasanya (atau seharusnya) pasti punya kotak obat, berisi beberapa obat darurat untuk kondisi emergency sebelum bisa meminta bantuan ke rumah sakit atau dokter. Ya, meski nggak selalu berbentuk kotak P3K yang standar gitu juga sih. Kadang stoples, kadang pakai pouch, atau bahkan tas plastik. Hehehe. Nah, kalau sudah, coba dicek, apakah isinya cukup lengkap?

Sebagai mama, tentunya kita harus menjadi yang paling sigap jika di rumah ada yang sakit. Tapi, kadang kotak P3K hanya berisi obat luka luar saja, atau obat sisa-sisa resep dokter yang masih bisa dipakai. Padahal, Ma, ada baiknya kita melengkapi isinya loh.

Kenapa sih kotak P3K harus lengkap isinya?

  • Tidak semua sakit harus berobat ke faskes atau dokter
  • Tidak setiap sakit kita bisa langsung ke apotek membeli obat
  • Tidak setiap sakit obat yang kita mau tersedia di apotek terdekat.

Jadi untuk sakit-sakit ringan seperti flu atau sekadar sakit kepala, akan lebih baik jika kita punya persediaan di rumah demi penanganan tercepat. Nah, kalau sudah ditolong darurat, baru deh bisa diatur untuk periksa lebih lanjut kalau memang diperlukan.

Lalu, obat apa saja yang harus ada di kotak P3K di rumah kita untuk kondisi darurat?


9 jenis varian obat dalam kotak P3K yang harus disiapkan di rumah




1. Obat luka

Ini adalah obat terpenting yang selalu ada di kotak P3K.

Yap, perkara luka dan dan darah memang serius. Setidaknya di rumah ada 3 item untuk obat luka yakni pembersih luka, obat luka (iodine) dan plester luka. Tapi lebih baik juga kita menyimpan salep untuk luka bakar. Jadi untuk luka ringan tidak jadi luka besar atau infeksi karena segera diobati.

2. Obat diare

Diare bisa datang kapan saja ketika kita salah makan. Dan kalau sudah diare, jangankan beli obat, untuk move on dari toilet saja kita susah. Jadi sebaiknya obat diare selalu tersedia di rumah dalam kotak P3K. Selain obat diare, sebaiknya Mama juga jangan lupa untuk menyediakan oralit juga, supaya yang diare nggak sampai kekurangan cairan.

3. Obat sembelit

Hampir sama dengan diare nih, Ma. Penyakit pencernaan seperti ini biasanya bikin baper beneran deh. Termasuk sembelit. Sembelit juga menjadi perkara yang cukup menyiksa pada perut dan bikin susah move on dari toilet. Jadi kalau dirasa kurang serat dan mulai telat BAB, berarti itu pertanda sembelit akan datang. Sebisa mungkin obatnya sudah siap dalam kotak P3K.

4. Obat Maag

Maag juga sakit yang berkaitan dengan pencernaan, Ma. Umumnya orang yang sudah punya riwayat penyakit maag memang selalu sedia obat maag di kotak P3K masing-masing, karena bisa kumat kapan saja dan perihnya tuh di sini *nunjuk perut* Hehehe.



5. Obat gatal dan ruam

Untuk gigitan serangga atau ruam kulit lainnya, jangan lupa untuk disiapkan obatnya juga ya, Ma. Umumnya orang menyimpan minyak tawon, minyak kayu putih ataupun salep-salep yang khusus gatal atau ruam di dalam kotak P3K-nya.

6. Obat nyeri ringan

Nah, ini senjata andalan nih. Biasanya setiap mama selalu sedia parasetamol dalam kotak P3K di rumah. Parasetamol adalah jenis obat analgesik dan antipiretik paling populer yang hampir selalu ada dalam tiap resep. Bisa untuk demam ringan, sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan lainnya.

Biasanya jika mengalami demam dan dokter belum bisa menyimpulkan penyebabnya (demam masih baru, belum 3 hari), juga disarankan untuk diobati dulu dengan parasetamol.

Sebagai tambahan penting juga kita punya termometer di kotak P3K kita ya, Ma. Supaya kita bisa mengukur suhu tubuh, dan yakin. Sehingga kalau demamnya sudah kelewat tinggi, kita bisa langsung ke UGD untuk meminta pertolongan.

7. Obat sariawan

Sariawan, panas dalam, dan sejenisnya kadang baru kita sadari jika hari sudah malam. Menjelang tidur di mulut terasa perih, akibatnya tidur jadi gak nyenyak. Atau juga baru ketahuan pas lagi makan. Tiba-tiba ada yang perih di sana sini. Aduh.

Makanya, nggak ada salahnya kita siapkan juga di kotak P3K kita.

8. Obat masuk angin

Selepas perjalanan jauh atau begadang atau sehabis menyelesaikan pekerjaan yang tak ada habisnya, tak jarang bikin badan terasa pegal, sedikit mual dan agak meriang. Orang kerap menyebutnya masuk angin. Kita bisa nyetok OHT (obat herbal terstandard) untuk masuk angin yang banyak dijual di pasaran di kotak P3K kita.

Karena kalau sudah masuk angin biasanya kitanya juga bakal susah keluar ke apotek. Mending disediakan di rumah. Iya kan, Ma?

9. Obat alergi dan obat darurat lain

Nah, untuk yang punya alergi, pastinya jangan sampai lupa obatnya ya. Misalnya saja kalau di rumah ada yang mengidap asma. Jangan sampai nggak tersedia deh obat asmanya dalam kotak P3K. Bisa runyam! Bahkan selalu sediakan agak berlebih sedikit.

Terutama juga kalau ada yang mengidap vertigo, ambeien, juga sakit-sakit yang butuh perawatan dalam waktu lama, jangan sampai kehabisan stoknya dalam kotak P3K.


Nah, itu dia 9 varian obat yang sebaiknya tersedia di kotak P3K di rumah.

Sekarang, yuk, cek-cek obat apa lagi yang belum tersedia dalam kotak P3K kita di rumah, Ma!

Dan yang penting, jaga pola hidup dan makan yang sehat ya! Supaya nggak perlu sampai sakit!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Ada Kotak P3K Belum di Rumah, Ma? Inilah Beberapa Obat Darurat yang Selalu Harus Ada!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ruli Retno Mawarni | @ruliretno

Mom of 3 kids, housewife, family blogger, content writer, www.ruliretno.com Cp : ruliretno@gmail.com

Silahkan login untuk memberi komentar