Sudah Membiarkan Anak Mandi Sendiri? Intip Panduan Lengkap Ini Supaya Anak Belajar Mandi Sendiri!

photo credit : manila fashion

Sudah Membiarkan Anak Mandi Sendiri? Intip Panduan Lengkap Ini Supaya Anak Belajar Mandi Sendiri!

3.8K
Dengan mengajarkan anak mandi sendiri sejak dini, ia akan terlatih untuk mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri Ma

Ma, apakah umur si kecil sekarang sudah mencapai 4 tahun lebih? Nah, apakah Mama sudah mulai membiarkan anak mandi sendiri?

Ya, Mama tidak salah baca. Dari umur 4 tahun, anak sudah bisa diajarkan untuk mandi sendiri lho.

Mungkin Mama memiliki perasaan khawatir ya, untuk membiarkan anak mandi sendiri, takut kalau terjadi apa-apa dengannya. Selain itu Mama pasti berpikiran kalau mandsi kecil akan kurang bersih jika memandikan dirinya sendiri tanpa bantuan Mama di kamar mandi.

Namun, Ma, kecemasan Mama untuk membiarkan anak mandi sendiri sebenarnya dapat hilang dengan membaca penjelasan di bawah ini. Yuk, Ma, disimak!


Beberapa hal yang bisa menjadi pedoman dan panduan Mama untuk melatih anak mandi sendiri


Memangnya kapan waktu yang tepat untuk membiarkan anak mandi sendiri?


Sebenarnya tidak ada batasan mutlak kapan kita bisa mulai membiasakan anak mandi sendiri.

Tetapi ada baiknya Mama mulai memberikan kepercayaan kepada anak untuk bertanggung jawab atas kebersihan dirinya sendiri, seiring dengan bertumbuh besarnya si kecil.

Selain itu, anak-anak yang telah menginjak umur 4 tahun biasanya sudah mulai memiliki perasaan tidak nyaman atau malu, ketika ia tidak mengenakan pakaian di depan orang lain, dan ini mungkin termasuk di depan Mama sendiri.

Untuk itu, Mama dapat mulai memberikannya privasi untuknya agar anak mandi sendiri.

Jika Mama merasa masih terlalu dini untuk membiarkan anak mandi sendiri, Mama dapat memikirkan benefit lainnya, yaitu untuk melatih kemandiriannya sejak dini. Jadi, tidak ada salahnya mencoba kan, Ma?


photo credit : essentialkids

Lalu bagaimana caranya mulai membiasakan anak mandi sendiri?


Sebagai permulaan, Mama dapat memperagakan teknik mandi yang bersih kepada si kecil, yaitu dimulai dari bagian kepala hingga ke bagian bawah tubuh. Kemudian bersihkan sela-sela jari tangan dan kaki, belakang kuping, serta organ vital.

Ajarkan juga penggunaan sampo dan sabun dengan secukupnya, Ma, agar si kecil tidak asal menuangkan 1 botol sampo ke kepalanya dan langsung habis. Hihihi.

Selain itu, ajarkan juga cara membasuh badan yang bersih, agar tidak ada sisa-sisa sabun atau pun sampo yang menempel. Beritahu si kecil, Ma, untuk berhati-hati dalam membilas kepala yang penuh busa sampo agar tidak melukai matanya.

Mungkin pada awalnya si kecil akan mengalami kesulitan. Yah, sabar ya, Ma, memang akan memerlukan waktu. Mama harus tetap memberikan bantuan, hingga ia benar-benar sudah bisa menyabuni dan membasuh diri sendiri dengan benar.


Anak menolak untuk mandi sendiri, bagaimana solusinya?


Jika anak menolak untuk mandi sendiri, bawakan mainan kesukaannya ke dalam kamar mandi sehingga kegiatan mandinya dapat menyenangkan. Mama juga bisa menemaninya di awal proses belajar mandi sendiri ini, dan jika si kecil sudah merasa nyaman di dalam kamar mandi, Mama dapat meninggalkannya untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Selain itu, jika Mama memiliki bath up di kamar mandi, Mama dapat memanfaatkannya sebagai iming-iming reward kepada si kecil, Ma. Jadi setiap ia mau mandi sendiri, ia boleh berendam sekaligus bermain di bath up bersama mainannya. Asal jangan dibiarkan berlama-lama ya, Ma, berendamnya. Nanti si kecil malah masuk angin. Hehehe.


photo credit : adayinalifofely

Lantai kamar mandi licin, si kecil takut terpeleset saat Mama tidak menemaninya?


Solusinya Mama dapat menggunakan karpet anti slip atau karpet khusus kamar mandi, agar membuat si kecil lebih aman ketika mandi, dan Mama pun menjadi lebih tenang saat meninggalkan anak sendirian di kamar mandi.

Karpet jenis ini sudah banyak dijual di pasaran, dan di online shop pun sudah ada. Jadi Mama tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Harganya pun tidak terlalu mahal, Ma.


BACA JUGA



Nah, Ma, yuk mulai biasakan anak mandi sendiri supaya mereka menjadi anak yang lebih mandiri.

Semangat, Mama!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Membiarkan Anak Mandi Sendiri? Intip Panduan Lengkap Ini Supaya Anak Belajar Mandi Sendiri!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Eunike Tania Barlian | @eunikeketania

* Love kids and tech world * - Owner of @KnK.Case - Student Ambassador Of Cicil.co.id - Communication Student

Silahkan login untuk memberi komentar