Sudah Membuat Resolusi Tahun Baru demi Karier yang Lebih Cemerlang? Kalau Belum, 9 Hal Ini Bisa Jadi Resolusi Terbaik Untuk Mama

Sudah Membuat Resolusi Tahun Baru demi Karier yang Lebih Cemerlang? Kalau Belum, 9 Hal Ini Bisa Jadi Resolusi Terbaik Untuk Mama

2K
Resolusi Tahun Baru ibarat janji untuk membuat diri sendiri lebih baik. Meski terlihat mainstream, namun kalau bisa meningkatkan kualitas diri, kenapa enggak kan? Yuk, buat resolusi tahun baru agar karier tahun ini lebih cemerlang!

Selamat Tahun Baru! Pastinya ada banyak harapan yang Mama gantungkan di awal tahun ini. Salah satunya barangkali untuk karier Mama. Apakah Mama sudah membuat resolusi tahun baru demi karier yang lebih baik lagi tahun ini?

Yes, tahun baru adalah waktu yang tepat untuk membuat perubahan dalam banyak hal, termasuk karier. Tujuannya, tentu untuk mendapatkan yang terbaik di tahun mendatang.


BACA JUGA


Liburan Tahun Baru Usai? Lakukan 11 Trik Ini Agar Segera Bersemangat Kembali Bekerja

Liburan Tahun Baru Usai? Lakukan 11 Trik Ini Agar Segera Bersemangat Kembali Bekerja

Sehabis liburan tahun baru yang asyik bareng keluarga harus segera mikirin kerjaan kantor? Aduh, menyebalkan! Tapi harus, Ma, Mama harus ...

Read more..


Gunakan kesempatan emas di awal tahun ini untuk mempersiapkan strategi baru sukses dalam karier. Dan ini adalah waktu yang tepat untuk menyimak kembali perkembangan karier Mama sejak awal hingga detik ini. Lihat juga apa yang jadi tujuan dan harapan Mama. Dan kini, pelajari segera 9 langkah menuju karier gemilang yang telah Mama idam-idamkan!


9 Resolusi Tahun Baru demi karier yang lebih cemerlang tahun ini


1. Evaluasi kembali perjalanan karier Mama


Poin ini harus Mama letakkan di daftar paling atas. Sebelum mengambil langkah untuk membuat beberapa resolusi tahun baru, sebaiknya pelajari dulu bagaimana keadaan karier Mama saat ini.

Inilah saatnya Mama lebih mengenal diri Mama sendiri. Gunakan waktu yang ada untuk memberi penilaian pada diri sendiri, Ma. Misalnya, sudah cukup tinggikah keahlian Mama? Seberapa besar bakat dan kecerdasan Mama sejauh ini? Temukan juga hal-hal yang disuka dan nggak disuka pada pekerjaan Mama saat ini.


2. Jangan pernah berhenti belajar


Pendidikan nggak berakhir saat kita lulus SMA atau universitas. Betul, Ma?

Nah, ini dia resolusi tahun baru Mama yang pertama demi karier Mama yang lebih cemerlang tahun ini. Proses belajar harus terus berlangsung dalam kehidupan.

Ada baiknya Mama menyimak kembali, apakah ada keahlian lain yang ingin dikuasai? Atau, adakah keterampilan yang kira-kira perlu diasah lagi? Mungkin Mama bisa mengambil kursus akunting untuk meningkatkan kemampuan administratif di kantor? Atau mungkin mengambil kursus perpajakan?

Atau jika Mama ingin membuat hidup lebih seimbang dengan kegiatan asyik tapi bermanfaat, mengapa tak mengambil kursus yang menunjang hobi Mama? Kursus bahasa kedua, ketiga, dan seterusnya? Atau kursus merajut? Atau barangkali Mama berminat untuk mulai ngeblog?

Singkatnya, resolusi tahun baru ini harusnya adalah untuk mengambil setiap kesempatan yang baik untuk mengembangkan diri yang sesuai dengan kepribadian Mama. Mama akan tetap berjalan di tempat jika nggak punya keinginan untuk berkembang dan terlalu cepat berpuas diri.

Berhenti belajar berarti menghambat diri sendiri. Akibatnya, Mama nggak akan pernah mengalami kemajuan dalam berkarier.


3. Atur waktu lebih baik lagi


Resolusi tahun baru berikutnya yang bisa Mama ambil demi karier yang lebih cemerlang, adalah mengenai manajemen waktu. Segera ambil tindakan bijaksana untuk membenahi dan membuat waktu kerja Mama menjadi lebih efisien.

Re-schedule semua kegiatan yang sudah ada dalam agenda Mama sekarang.

Jadilah orang profesional yang cekatan dan mampu bekerja secara efisien. Bila perlu, delegasikan tugas-tugas kepada rekan kerja dan bawahan.

Sikap ini bisa jadi akan menarik perhatian atasan Mama, sekaligus bisa membantu Mama untuk menyeimbangkan kehidupan keluarga dengan kehidupan karier.


4. Optimalkan kerja


Mungkin Mama adalah tipe pekerja yang selalu rutin bekerja sesuai dengan jam kantor. Nine to six atau eight to five. Itu nggak salah sih, tapi demi karier yang lebih cemerlang, pertanyaannya adalah apakah Mama cukup puas dengan hasil yang telah dicapai dalam jangka waktu tersebut?

Kalau belum, dan atasan juga memiliki pendapat yang sama, berarti hal ini bisa menjadi resolusi tahun baru berikutnya, yaitu sudah waktunya Mama mengubah pola kerja.

Mulai sekarang, gunakan waktu yang terbatas itu dengan lebih optimal. Terapkan cara bekerja yang lebih efisien. Kalau atasan sudah mulai menunjukkan sikap positif terhadap hasil kerja Mama, jangan lantas membuat Mama lekas puas.

Bersikaplah proaktif dan positif terhadap penilaian tersebut. Sikap seperti ini pasti akan segera mendapat perhatian dari atasan. Dan bukan nggak mungkin, Mama akan segera mendapatkan promosi sesudahnya.


5. Dengarkan masukan rekan kerja


Hubungan baik dengan rekan kerja juga harus menjadi salah satu resolusi tahun baru Mama kali ini.

Kini sudah waktunya Mama berjanji pada diri sendiri untuk lebih mendengarkan masukan yang diberikan oleh rekan kerja. Mama pasti akan terkejut, banyak sekali hal yang bisa didapatkan dan pelajari dari sana.

Bila mendapat masukan positif, pertahankanlah dan terapkan prinsip always do your best. Hargai dan ucapkan terima kasih atas masukan positif mengenai diri Mama.

Namun, jika Mama mendapatkan masukan negatif, jangan juga langsung bersikap defensif, Ma. Dengarkan dulu. Bila Mama pikir masukannya kurang akurat, cobalah gali lebih dalam. Minta contoh-contoh atau bukti-bukti lainnya. Jika ternyata Mama nggak setuju dengan pendapatnya, tetaplah tenang dan percaya diri. Nggak perlu ribut berdebat atau marah-marah.

Mama tentu butuh kerja sama dengan para rekan kerja kan? Dari sana otomatis Mama akan menjalin hubungan dengan orang-orang lain yang barangkali berbeda karakter.

Maka, jadilah orang yang sopan, ramah, dan murah senyum. Cobalah untuk selalu bersikap hangat pada semua orang. Meskipun begitu, sikap tegas harus tetap ada. Menjadi orang tegas itu sehat, Ma. Mama akan memiliki reaksi yang positif terhadap segala situasi. Mama akan mudah ‘menulari’ lingkungan untuk berbuat yang sama pula.


6. Buka wawasan seputar pekerjaan Mama


Mengikuti setiap perkembangan yang terjadi dalam pekerjaan dan perusahaan amat penting bagi karier. So, resolusi tahun baru berikutnya yang harus Mama lakukan adalah harus lebih sering datang ke seminar dan workshop yang berkaitan dengan bidang karier yang Mama geluti.

Perbanyak juga baca buku, surat kabar, majalah, atau browsing di internet untuk mencari informasi mengenai bidang yang Mama geluti ini. Banyak sekali informasi yang akan Mama dapatkan untuk memperluas wawasan.

Dengan mengetahui banyak informasi dan bisa berbicara tentang tren yang sedang hangat akan membuat Mama kelihatan lebih menonjol. Hal ini akan memperkuat posisi Mama sebagai profesional di bidangnya. Tapi, ingat ya, Ma, meski tahu banyak hal, Mama harus pandai menempatkan diri. Tak perlu menunjukkan hal tersebut secara berlebihan.


7. Buat perbandingan gaji dan posisi


Yes, mencari tahu standar gaji tidak melanggar etika kok, Ma. Mama bahkan perlu memasukkan hal ini sebagai resolusi tahun baru secara kontinyu. Cobalah untuk mulai mereka-reka dari sekarang, seberapa pentingkah Mama dalam perusahaan. Dan apa yang membuat Mama cukup diperhitungkan.

Carilah informasi standar gaji yang sesuai untuk posisi Mama, baik di perusahaan Mama atau perusahaan sejenis lainnya.

Secara berkala, perhatikan juga kebiasaan di kantor. Saat sudah tahu berapa ‘harga’ yang pantas, jangan ragu untuk negosiasi kenaikan gaji dengan atasan Mama. Atau mungkin, Mama bisa meminta promosi ke posisi yang lebih sesuai untuk Mama.


8. Jalin hubungan baik dengan profesional lainnya


Salah satu cara meningkatkan karier adalah dengan networking. Maka, resolusi tahun baru berikutnya yang harus Mama lakukan adalah menjalin dan menjaga hubungan baik dengan sebanyak mungkin orang.

Sekarang, coba untuk mulai kembali membuka komunikasi dengan orang-orang yang pernah terlibat hubungan kerja dengan Mama sebelumnya.

Jadilah orang yang terbuka dan ringan tangan. Jangan suka menyebarkan gosip yang nggak perlu. Lebih baik kita dikenal sebagai orang yang tulus dan jujur kan, Ma?

Bergabunglah dengan rekan profesional yang lain, sehingga pergaulan Mama lebih luas. Ini akan membuat Mama diterima di dalam banyak kelompok yang akan menguntungkan Mama.


9. Sediakan waktu untuk diri sendiri


Nah, resolusi tahun baru yang terakhir dan juga penting, perhatikan juga kebutuhan diri Mama sendiri.

Setiap orang perlu sesekali keluar dari rutinitas sejenak. Maka, segera masukkan jadwal waktu untuk menyegarkan diri dan bersenang-senang sesekali dalam agenda Mama. Bisa dengan sekadar makan malam bersama keluarga di luar, piknik sekeluarga besar, movie date bareng-bareng nonton film keluarga, atau ke museum, misalnya?

Lakukan hal-hal yang membuat Mama merasa rileks dan bisa membangkitkan kembali stamina dan gairah kerja. Hanya dengan melakukan hal ini, Mama dapat kembali produktif bekerja.


BACA JUGA



Semua orang pastinya berharap tahun ini menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya, termasuk Mama kan? 9 Resolusi tahun baru di atas semoga bisa membantu Mama meraih karier yang lebih cemerlang tahun ini, dan yang penting lagi adalah, bagaimana agar hal-hal di atas nggak hanya tinggal resolusi namun benar-benar Mama lakukan demi kebaikan Mama sendiri.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur, Ma, atas semua yang sudah Mama raih, dan jangan berhenti meningkatkan kualitas diri.

Semangat menyambut tahun yang lebih baik, Mama!

And stay smart!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Membuat Resolusi Tahun Baru demi Karier yang Lebih Cemerlang? Kalau Belum, 9 Hal Ini Bisa Jadi Resolusi Terbaik Untuk Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar