Sudah Menikah Namun Tinggal Bersama Orang Tua? Tetap Nyaman dengan Beberapa Langkah Berikut!

Sudah Menikah Namun Tinggal Bersama Orang Tua? Tetap Nyaman dengan Beberapa Langkah Berikut!

1.8K
Kami sudah bersyukur sudah boleh tinggal sementara di rumah orang tua setelah menikah. Jadi sebisa mungkin menghindari pertengkaran dan ketidakcocokan yang tidak perlu.

Impian terbesar saya setelah menikah adalah bisa tinggal berdua saja dengan suami. Sudah kebayang saya yang siapkan sarapan, suami bantu mencuci piring, lalu kami sama-sama berangkat ke kantor.

Ah, indah dan sederhana kan Ma? Saya yakin, banyak yang juga punya impian seperti saya itu saat akan menikah dulu.


BACA JUGA


5 Nasihat Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Menikah, dari Kami yang Telah Beberapa Tahun Menjalani Pernikahan

5 Nasihat Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Menikah, dari Kami yang Telah Beberapa Tahun Menjalani Pernikahan

Hei, kalian. Iya, kalian yang sebentar lagi akan mulai terikat satu sama lain. Sebaiknya kalian membaca terlebih dahulu artikel ini sampai ...

Read more..


Namun semuanya ternyata harus tertunda, Ma, ketika orang tua kami menyarankan untuk tinggal dulu di kediaman mereka. Ya, bersama mereka.

Alasan mereka sebenarnya sih sangat masuk akal, dan semua juga karena mereka ingin membantu kami. Jarak kantor kami dengan rumah orang tua tidak jauh. Jika kami memaksakan diri untuk tinggal sendiri di tempat lain, maka akan ada 2 hal yang terjadi:

  1. Uang kami akan terpakai (dan mungkin habis) untuk biaya sewa rumah (padahal uangnya bisa ditabung untuk DP rumah).
  2. Bisa saja kami berdua kecapekan dengan jarak kantor - rumah kontrakan yang jauh (karena kami baru mampu menyewa di daerah pinggiran).

Setelah saya dan suami pikirkan matang-matang, maka kami pun menyetujui untuk tinggal sementara bersama orang tua.

Lalu bagaimana kondisi rumah tangga kami saat tinggal bersama orangtua setelah menikah ini?

Sudah lebih baik dan jauh lebih mudah beradaptasi dibandingkan saat bulan-bulan pertama tinggal. Namanya juga ada yang baru pindah, apalagi Mama juga tahu seperti apa fase-fase pertama setelah menikah itu, pasti akan butuh waktu untuk beradaptasi.

Dari soal makanan yang rasanya berbeda dengan rumah sendiri, sampai pembagian tugas pekerjaan rumah.

Namun, segala perbedaan tersebut bisa kami atasi dan segera mencari cara agak kedua belah pihak sama-sama nyaman. Kami sudah bersyukur sudah boleh tinggal sementara di rumah orang tua setelah menikah. Jadi sebisa mungkin menghindari pertengkaran dan ketidakcocokan yang tidak perlu.


Berikut adalah tips dari saya untuk para pasangan baru menikah yang untuk sementara menumpang di rumah orang tua atau mertua.


Mengerjakan pekerjaan rumah kita sendiri


Walaupun di rumah orang tua kami ada ART, sebisa mungkin kami tetap melakukan pekerjaan rumah tangga kami sendiri. Saya mencuci dan menyetrika baju kami sendiri. Untuk urusan membawa bekal ke kantor pun, kami beli bahannya sendiri dan masak sendiri.

Sebisa mungkin kami menghindari menambahkan pekerjaan kepada ART. Hitung-hitung saya belajar mengurus rumah sendiri juga nanti kan, Ma?


Tidak pelit


Karena kami tinggal bersama orang tua dan juga ada anggota keluarga lainnya setelah menikah, maka sebisa mungkin kami pun juga berbagi.

Misalnya, soal makanan. Sebaiknya jangan sampai kami menyimpan makanan sendiri. Biasanya sehabis pulang dari suatu tempat, saya selalu membawa oleh-oleh untuk bisa dinikmati bersama anggota keluarga lainnya.

Memang ini hal kecil, tapi sangat penting buat kami. Saya dan suami pun merasakan ikatan keluarga semakin erat karena hal kecil seperti ini. Sepele, tapi efeknya sungguh luar biasa, Ma.


BACA JUGA


Ibu Mertua Riwil? Pahami dan Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasi Hubungan yang Buruk dengannya!

Ibu Mertua Riwil? Pahami dan Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasi Hubungan yang Buruk dengannya!

Relasi dengan Ibu Mertua kadang begitu rumit bagi sebagian perempuan. Menggantikan perannya sebagai "sosok perempuan terpenting" dalam hidup ...

Read more..


Mengikuti aturan rumah


Sejak memutuskan untuk tinggal bersama orang tua untuk sementara setelah menikah, saya langsung menyadari bahwa kami sepenuhnya harus mengikuti peraturan yang ada di rumah.

Seperti tidak bisa pulang terlalu malam, karena nantinya akan mengkhawatirkan mereka. Atau, kalau memang terpaksa sekali, jangan sampai lupa memberi kabar kalau akan pulang terlambat. Biasanya sih oke-oke aja, apalagi kalau pulangnya karena kencan sama suami. Hihihi.

Mungkin memang satu dua hal terasa mengganggu karena berbeda latar belakang dan budaya keluarga ya, Ma. Namun, adalah penting untuk memahami, bahwa aturan rumah itu biasanya ada karena untuk kita sendiri juga. Karena keluarga mencintai kita, dan mereka pun bertindak sebagai "pagar" agar kita selalu aman dan selamat.


Urunan biaya


Walaupun orang tua kami tidak meminta, namun dengan kesadaran sendiri kami pun menyisihkan uang untuk diberikan kepada mereka. Jumlahnya bisa disesuaikan dan pastinya dibicarakan dulu dengan suami.

Bukan masalah apa-apa, tapi dengan kami diizinkan tinggal berarti kami juga sudah menambah beban pada mereka kan? Maka sudah selayaknya kita juga membantu kebutuhan mereka.

So, ini bukan soal kami "menumpang" saja, tetapi saling membantu.


Tak ragu membantu


Jangan sekali-sekali menganggap bahwa dengan kita sudah memberikan uang, maka kita tidak perlu membantu pekerjaan rumah. Memangnya kita tinggal di kos-kosan yang hanya membayar uang kos lalu bebas? Hihihi. Enggak pastinya ya, Ma.

Itu tadi yang saya sebutkan dalam poin di atas. Ini soal hidup bersama, dan saling membantu.

Ini adalah orang tua kita, maka tetap harus diperlakukan dengan hormat. Jika memang ada hal yang dibutuhkan, maka kami pun tidak ragu untuk memberikan bantuan.


BACA JUGA


Pernikahan yang Sehat dan Awet Itu Nggak Mustahil. Ada 9 Kunci untuk Mendapatkannya!

Pernikahan yang Sehat dan Awet Itu Nggak Mustahil. Ada 9 Kunci untuk Mendapatkannya!

Marriage is getting to have a sleep over with your best friend, every single night of the week. ~ Christie Cook

Read more..


Tidak sulit untuk diterapkan kan? Hubungan dengan orang tua pun dapat berjalan dengan baik, kehidupan kami setelah menikah pun berjalan lancar. Tak perlu ada drama menantu vs mertua kan?

Doakan ya, Ma, semoga kami bisa segera memiliki tempat tinggal sendiri nanti. Amin!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Menikah Namun Tinggal Bersama Orang Tua? Tetap Nyaman dengan Beberapa Langkah Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lia Harahap | @liaharahap

Beauty & lifestyle journal at www.liaharahap.com. Read www.baleomah.wordpress.com to see my wedding preparation and newlyweds life.

Silahkan login untuk memberi komentar