Sudahkah Mama Membatasi Asupan Gula Hari Ini? Fakta-Fakta Tentang Gula Berikut Akan Mengejutkan Mama!

webmd

Sudahkah Mama Membatasi Asupan Gula Hari Ini? Fakta-Fakta Tentang Gula Berikut Akan Mengejutkan Mama!

633
Di balik manisnya gula, ada bahaya yang perlahan menghampiri. Yuk, batasi asupan gula keluarga.

Panganan ataupun minuman manis biasanya sangat digemari oleh si kecil ya, Ma. Ini juga jadi salah satu andalan Mama jika si kecil rewel. Bujuk saja dengan snack, kue, ataupun minuman yang mengandung gula kesukaannya.

Selain si kecil, Mama pun pasti tidak dapat terlepas dari kudapan manis, seperti brownies, puding, atau minuman soda segar.

Well. sebaiknya sih jangan terlena dalam rasa manis yang memanjakan lidah ya, Ma, Meskipun lezat di lidah dan kenyang di perut, panganan manis bisa membahayakan tubuh loh.

Pertama, Mama harus menyadari akan bahaya yang timbul disebabkan oleh jenis gula. Produsen makanan biasanya memiliki dua pilihan gula untuk digunakan, yaitu sukrosa (gula dapur) atau fruktosa (gula buah).

Kedua gula tersebut dapat ditemukan dalam tanaman seperti tebu, serta sayur-sayuran. Akan tetapi, demi menekan biaya produksi, para produsen biasanya menggunakan fruktosa buatan yang lebih terjangkau, dan lebih manis. Pemanis buatan ini tentu saja tidak ramah bagi tubuh.


BACA JUGA


 Awas! 7 Minuman Ini Memang Begitu Segar dan Nikmat, Tapi Mengandung Bom Kalori Jahat!

Awas! 7 Minuman Ini Memang Begitu Segar dan Nikmat, Tapi Mengandung Bom Kalori Jahat!

Mau cuaca apa pun, ada satu hal yang selalu kita cari untuk membuat diri sendiri nyaman. Ya, minuman. Mau dingin apa panas, tinggal ...

Read more..


Salah satu dampak yang paling umum adalah sakit kepala serius, nyeri sendi, obesitas, merusak kesehatan mata, gangguan emosi hingga depresi.

Kedua, meskipun Mama mengonsumsi gula asli, seperti gula pasir, bahaya tetap mengintai loh Ma. Jika dikonsumsi berlebihan, gula memiliki efek buruk antara lain, merusak jantung, membentuk lemak di perut, membuat kecanduan, memperbesar sel kanker, hingga menurunkan kemampuan otak.


Lalu, berapakah jumlah gula yang harus kita konsumsi?

Sebetulnya konsumsi gula harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, tetapi secara umum, menurut American Heart Association (AHA), jumlah maksimal konsumsi gula tambahan perhari adalah 150 kalori (sekitar 37,5 gram atau 9 sendok teh) untuk laki-laki, dan 100 kalori (sekitar 25 gram atau 6 sendok teh) untuk perempuan.

Sementara menurut WHO, kebutuhan gula pada anak tidak lebih dari 10% total kebutuhan energi yang ia butuhkan.

Jadi, pada anak usia 1-3 tahun dengan kebutuhan energi rata-rata hanya 1000 kilo kalori (Angka Kecukupan Gizi Indonesia) maka kebutuhan gula anak usia 1 tahun maksimal hanya 25 gram dalam satu hari, atau setara dengan 5 sendok teh gula.

Sementara untuk anak usia 3-6 tahun dengan kebutuhan energi rata-rata 1550 kilo kalori, kebutuhan gula tidak lebih dari 38 gram perhari atau 8 sendok teh gula per hari.

Kebutuhan tersebut sudah termasuk gula yang ditambahkan pada makanan dan minuman, baik sebagai pemanis maupun bumbu penyedap, Ma. Oleh sebab itulah, Mama harus mencermati label pada makanan kemasan agar asupan gula harian tetap dapat terawasi.

Namun, aturan konsumsi gula di atas tidak kaku ya Ma.

Jika Mama memiliki tubuh yang sehat, proporsional, dan banyak beraktivitas, Mama bisa menambah konsumsi gula sebab gula akan segera dibakar oleh tubuh. Namun sebaiknya, hindari gula tambahan, dan konsumsi gula alami saja ya, Ma.

Jika Mama memiliki berat badan berlebih, maka sebaiknya hindarilah konsumsi gula sebisa mungkin. Batasi konsumsi gula hanya sekali perminggu, atau dua minggu. Gula yang dikonsumsi pun sebaiknya gula alami yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan, bukan gula tambahan seperti gula dapur, apalagi gula buatan.


BACA JUGA


Camilan dan Minuman Pemicu Lapar, Memangnya Ada? Iyes! 7 Camilan Ini Membuktikannya!

Camilan dan Minuman Pemicu Lapar, Memangnya Ada? Iyes! 7 Camilan Ini Membuktikannya!

Camilan merupakan makanan ringan yang sering banget kita konsumsi sebagai pengganjal perut. Di manapun kita bisa menemukan camilan dalam ...

Read more..


Agar Mama lebih memahai berapa banyak sih jumlah gula di dalam minuman yang biasa Mama konsumsi, simak dua gambar sugar barometer di bawah ini ya, Ma.


alpro

Pertimbangkan lagi baik-baik jika Papa atau si kecil meminta minuman kemasan atau soda ya, Ma.


BACA JUGA


Inilah 5 Makanan yang Sehat Tapi Ternyata Bisa Menjadi 'Silent Killer' - Mama Harus Tahu dan Hindari!

Inilah 5 Makanan yang Sehat Tapi Ternyata Bisa Menjadi 'Silent Killer' - Mama Harus Tahu dan Hindari!

Makanan yang sehat itu ternyata nggak sekedar menghindari junk food, perbanyak makan buah dan sayuran tapi ada juga makanan yang harus Mama ...

Read more..


Agar niat Mama untuk mengurangi konsumsi gula mudah terealisasikan, ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Mama.

1. Mengenali nama gula

Gula memiliki banyak nama sehingga terkadang membuat Mama terkecoh.

Yuk, kenali nama-nama gula, Ma: sugar (gula), sucrose (sukrosa), high fructose corn syrup (HFCS), dehydrated cane juice, fructose (fruktosa), glucose (glukosa), dextrose, syrup, cane sugar, raw sugar, corn syrup (sirup jagung)

2. Menghindari soft drink, hidangan panggangan, dan makanan olahan.

Soft drink, kue-kuean dan makanan olahan biasanya memiliki kandungan gula buatan yang cukup tinggi.

3. Air putih adalah kunci

Jika Mama mengonsumsi air putih sebanyak mungkin, Mama tidak akan tergoda untuk mengonsumsi minuman manis.

4. Konsumsi minuman rendah gula

Bosan dengan air putih? Mama tetap bisa meminum minuman lezat yang rendah gula loh. Berikut ini contohnya,

5. Buat sendiri

Mama ingin makan kue, meminum kopi atau hot chocolate? Si kecil ingin panganan manis seperti kue kering atau kue bolu?

Buat sendiri saja, Ma! Jika Mama membuat sendiri, Mama bisa memilih bahan-bahan yang lebih sehat dan tentu saja lebih baik.

Namun hati-hati, jangan mengonsumsi terlalu sering ya. Jadikan hidangan lezat ini sebagai hadiah, atau hidangan weekend saja.


BACA JUGA


Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Di tengah cuaca panas terik maupun sedang hujan, tidak jarang minuman kemasan menjadi pilihan bagi Mama dan keluarga, bukan? Segar sih ya, ...

Read more..


Nah, semoga beberapa pengetahuan di atas bisa berguna bagi Mama untuk dapat mengurangi konsumsi gula dalam keseharian Mama dan keluarga ya.

Tetap sehat terus ya, Ma! Karena kesehatan itu begitu mahal harganya!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudahkah Mama Membatasi Asupan Gula Hari Ini? Fakta-Fakta Tentang Gula Berikut Akan Mengejutkan Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar