Suka Aromaterapi? Bikin Sendiri, Yuk, di Rumah dengan DIY Lilin Aromaterapi Sederhana Ini

pureintegrity

Suka Aromaterapi? Bikin Sendiri, Yuk, di Rumah dengan DIY Lilin Aromaterapi Sederhana Ini

1.2K
Membuat lilin aromaterapi ternyata cukup mudah loh, Ma, dan tentu saja lebih murah.

Bagi Mama yang tidak sempat berlibur, lilin aromaterapi mungkin bisa dijadikan alternatif pelepas stres loh. Lilin aromaterapi memang lebih praktis karena Mama tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk merasa rileks.

Saat ini, di pasaran, harga lilin aromaterapi berkisar di antara puluhan ribuan hingga ratusan ribu. Yah, relatif memang ya, kalau mau dibilang mahal.

Namun, jika Mama sangat menyukai lilin aromaterapi dan ingin sedikit berhemat, Mama bisa kok membuatnya sendiri. Pembuatan lilin ini cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus.


BACA JUGA


Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi, dengan formula tepat, bisa membantu meredakan stres hingga meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, telusuri manfaat wangi-wangian ...

Read more..


Satu hal yang menjadi pertimbangan adalah pemilihan jenis lilin.

Saat ini, ada beberapa jenis lilin, yaitu lilin parafin biasa, kemudian lilin alami seperti beeswax, lilin kedelai atau lilin kelapa sawiti. Masing-masing jenis lilin memiliki kelebihan dan kekurangan.



Parafin atau lilin biasa lebih mudah didapatkan, harganya lebih murah, mudah dicampur dengan pewarna dan mudah diberi aroma, tetapi juga lebih cepat habis dan menghasilkan asap.

Sementara lilin berbahan alami seperti beeswax, lilin kedelai atau lilin kelapa sawit lebih awet, tidak menghasilkan asap, tetapi sulit diwarnai dan diberi aroma.

Jika Mama sudah memutuskan untuk memilih jenis lilin yang sesuai dengan selera, yuk segera masuk ke langkah-langkahnya pembuatan lilin aromaterapi di bawah ini.



Cara membuat lilin aromaterapi sendiri

Alat dan bahan

1. Lilin secukupnya (bisa lilin paraffin biasa , atau lilin alami seperti beeswax, lilin kedelai, atau lilin kelapa sawit), iris tipis-tipis agar mudah dilelehkan.

2. Minyak aromaterapi secukupnya (jenis varian dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan).

3. Wadah lilin (bisa berupa stoples, kaleng, gelas, atau mangkuk kecil).

4. Sumbu kecil.

5. Panci.

6. Pewarna makanan sesuai selera (optional).


Langkah pembuatan

1. Siapkan wadah untuk lilin aromaterapi, lalu simpan sumbu di tengah wadah. Agar sumbu tertata rapi, tahan sumbu dengan menggulungkan atau memplesternya pada pensil, pulpen, atau sumpit yang dilintangkan di atas wadah.



2. Masukkan irisan lilin ke dalam panci kecil, atau mangkuk penghantar panas.

3. Panaskan air dalam panci, lalu tunggu hingga mendidih. Kecilkan api, lalu simpan panci/mangkuk berisi lilin di atas air. Aduk-aduk hingga mencair.

4. Segera teteskan pewarna makanan hingga muncul warna yang diinginkan. Jika Mama tidak ingin lilinnya berwarna, Mama bisa melewati langkah ini.

5. Matikan kompor, lalu turunkan suhu lilin dengan cara mengaduknya.

6. Segera teteskan minyak aromaterapi, lalu aduk hingga larut. Jumlah tetesan minyak aromaterapi dapat diatur sesuai keinginan Mama. Biasanya dibutuhkan 10 tetes minyak aromaterapi per 450 gram lilin untuk menghasilkan lilin yang cukup wangi tetapi tidak terlalu tajam.

7. Setelah minyak aromaterapi larut, tuangkan lilin pada wadah, lalu tunggu hingga membeku. Saat menuangkan, pastikan lilin tidak menenggelamkan ujung sumbu.

8. Lilin aromaterapi buatan sendiri sudah dapat digunakan!


BACA JUGA


Tutorial DIY Toilet Bomb Fizzies - Ucapkan Selamat Tinggal pada Bau WC!

Tutorial DIY Toilet Bomb Fizzies - Ucapkan Selamat Tinggal pada Bau WC!

Mama sering terganggu dengan bau WC? Coba hilangkan dengan toilet fizzies. Berikut tutorial DIY membuat toilet fizzies yang bisa Mama buat ...

Read more..


Mama juga bisa mengatur intensitas aroma, atau bahkan mencampurkan beberapa jenis aroma sesuai selera Mama, loh. Selain itu, jika mama ingin sedikit variasi, Mama bisa mengkreasikan warna lilin sehingga menjadi lebih unik dan cantik seperti di bawah ini.



Nah, selamat mengreasikan lilin aromaterapi Mama sendiri ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suka Aromaterapi? Bikin Sendiri, Yuk, di Rumah dengan DIY Lilin Aromaterapi Sederhana Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar