Surat Lamaran Kerja Jangan Dibuat Asal-Asalan - Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengirimkannya!

Surat Lamaran Kerja Jangan Dibuat Asal-Asalan - Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengirimkannya!

298
Ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja tersebut. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa membuat surat lamaran kerja yang baik.

Selepas liburan panjang ini, barangkali Mama berpikir untuk kembali bekerja di kantor, Ma? Dan, setelah semua persiapan Mama lakukan, sekarang saatnya mengirimkan surat lamaran kerja?

Well, melamar pekerjaan bukan hanya sekadar menulis surat lamaran kerja lalu mengirimkannya ke perusahaan yang bersangkutan, Ma. Ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja tersebut ke perusahaan incaran Mama.

Mengapa hal ini penting? Ya, supaya Mama bisa membuat surat lamaran kerja yang baik yang mampu menunjukkan pada perusahaan tersebut bahwa Mama adalah kandidat yang pantas mengisi tempat yang ditawarkan. Mama harus memberikan nilai plus pada surat lamaran Mama.

Singkat kata, kesan pertama Mama sebagai kandidat kuat adalah dari surat lamaran kerja yang Mama kirimkan. Baru setelahnya ada pada CV atau resume pengalaman kerja Mama yang dilampirkan.


BACA JUGA


Kembali Menjadi Ibu Bekerja? Lakukan 8 Tips Ini Untuk Mempersiapkan Diri Mama!

Kembali Menjadi Ibu Bekerja? Lakukan 8 Tips Ini Untuk Mempersiapkan Diri Mama!

Mama pengin nggak menjadi ibu bekerja lagi? Well, nggak ada yang salah kok dengan hal itu. Jika iya, tips ini cocok untuk Mama lakukan ...

Read more..


So, surat lamaran kerja jangan dibuat asal-asalan, Apalagi hanya kopas-kopas tanpa rasa personal. Lebih parah lagi, karena hanya kopas, Mama lupa mengganti nama perusahaan dengan nama perusahaan yang lainnya, karena saking banyaknya mengirim surat lamaran kerja.

Oh NO! Bencana itu, Ma!

Jadi, Mama, agar Staf HRD atau rekruiter yang membaca surat lamaran kerja yang Mama layangkan, apa yang harus Mama perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja ini? Coba yuk, kita lihat.


4 Hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja agar bisa mengesankan HRD yang membacanya


1. Perhatikan penggunaan bahasa


Surat lamaran kerja ini pastinya bersifat formal ya, Ma, sehingga dalam pembuatannya harus pula menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia).

jadi, gunakanlah bahasa yang sederhana dan baku, agar perekrut bisa langsung paham apa maksud Mama. Gunakan pula bahasa yang sopan dan tidak berlebihan. Maksudnya tampilkan keahlian Mama dengan apa adanya dalam surat lamaran kerja tersebut, karena jika tidak, maka perekrut akan menilai Anda sombong.


2. Utamakan kerapian


Bagaimana pun bentuknya, entah itu diketik atau ditulis tangan, surat lamaran kerja harus tetap rapi.

Meski zaman sekarang lebih banyak menggunakan teknologi digital, tapi masih ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar menggunakan tulisan tangan untuk menulis surat lamaran kerja.

Selain karena kepribadian seseorang bisa dilihat dari tulisan tangan, menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan juga menunjukkan seberapa besar keinginan para kandidat untuk melamar posisi di perusahaan tersebut.


BACA JUGA


Ibu Bekerja yang Workaholic pun Bisa Bahagia Dengan 3 Langkah Mudah Ini

Ibu Bekerja yang Workaholic pun Bisa Bahagia Dengan 3 Langkah Mudah Ini

Ibu bekerja pun berhak bahagia diantara 'kegilaan' antara tumpukan kertas, dering telepon dan deadline

Read more..


3. Penuhi syarat-syarat yang diajukan


Jika Mama ingin melamar di sebuah perusahaan, maka pastikan Mama telah memenuhi semua persyaratan yang diajukan, baik itu persyaratan administratif atau kualifikasi karyawan yang dicari.

Perhatikan pula kelengkapan dokumen yang harus dilampirkan dalam surat lamaran kerja yang Mama kirimkan. Pastikan bahwa semua dokumen sudah lengkap dan semua bisa terbaca dengan jelas.


4. Lampirkan semua dokumen pendukung


Dokumen dan sertifikat juga penting dilampirkan ya, Ma, karena ini bisa menjadi bukti dari prestasi atau kegiatan yang pernah Mama lakukan.

Tapi, perhatikan, lampirkanlah dokumen hanya yang sesuai atau berhubungan dengan posisi yang Mama incar. Hal ini tentu akan jadi keunggulan tersendiri bagi Mama.


BACA JUGA


Saya Tetap Mantap Menjadi Ibu Bekerja, Meski Akhirnya Hanya Bisa Menikmati Sedikit Waktu Bersama Keluarga

Saya Tetap Mantap Menjadi Ibu Bekerja, Meski Akhirnya Hanya Bisa Menikmati Sedikit Waktu Bersama Keluarga

Mengapa seorang perempuan bertahan menjadi ibu bekerja, padahal sudah menikah, sudah punya anak pula? Seakan belum cukup sibuk, tapi saya ...

Read more..


Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu Mama perhatikan dalam mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang Mama incar dengan sejumlah nilai plusnya.

Selalu ingat, bahwa surat lamaran kerja merupakan satu-satunya kesempatan Mama untuk bisa menarik rekruiter. Jadi, jangan sia-siakan.

Good luck, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Surat Lamaran Kerja Jangan Dibuat Asal-Asalan - Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengirimkannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arif Gunawan | @arifmanunited

Silahkan login untuk memberi komentar