Takut Investasi Saham? Beberapa Tips Berikut Akan Menepis Keraguan Mama Berinvestasi Saham

Takut Investasi Saham? Beberapa Tips Berikut Akan Menepis Keraguan Mama Berinvestasi Saham

8.1K
Investasi saham? Apa pula itu? Yuk, cari tahu demi masa depan keluarga!

Zaman sekarang, menjadi perempuan nggak bisa kalau cuma di rumah, menunggu dikasih uang belanja sama suami.

Setujukah Mama dengan saya?

Menjadi perempuan di zaman sekarang, apalagi seperti kita yang sudah berstatus seorang mama, yang harus mengurus keluarga from A – Z, mau nggak mau kita juga harus memberikan nilai tambah pada keluarga kita.

Buat sebagian mama, ini mungkin berarti Mama harus bekerja kantoran. 9 – 5 atau 8 – 4. Dengan mendapatkan gaji per bulan, berarti akan ada tambahan napas pula di setiap bulannya.

Sebagian mama yang lain, mungkin berbisnis sendiri di rumah atau menjadi pekerja lepas (agar bisa bekerja dari rumah) akan dirasa lebih cocok dengan berbagai kondisi keluarga yang ada.

Lalu, hmmm … saya penasaran nih. Adakah di antara Mama yang mencoba tambahan penghasilan dengan melakukan investasi saham?

*kemudian hening*

Well, memang ya, menurut fakta dan penelitian yang ada, kita perempuan ini masih suka malu-malu dan takut-takut jika dihadapkan pada ‘makhluk asing’ bernama investasi.

Mungkin juga karena kita sering mendengar berbagai berita kriminal mengenai investasi bodong di luar sana. Eh ya, itu saya aja kali ya. Jadi semacam trauma gitu kalau disuruh invest ini invest itu. Hahaha.


BACA JUGA


6 Kesalahan Keuangan Keluarga Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama

6 Kesalahan Keuangan Keluarga Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama

Terkadang saking merasa nyaman dengan kehidupan keluarga yang bahagia, Mama suka lupa ada beberapa hal yang harus dipikirkan secara jeli ...

Read more..


For your information, Ma, ada lho data penelitian dari Fidelity Investments yang menyebutkan, bahwa meski kita punya pemasukan yang cenderung lebih kecil, namun terbukti, ternyata, kita ini mampu menghemat penghasilan lebih banyak ketimbang para pria lho!

Penelitian tersebut mengungkapkan, bahwa kita selalu bisa menyisihkan rata-rata 8.3% dari gaji atau penghasilan kita per bulannya, sedangkan para pria hanya bisa menyimpan sebesar 7.9% saja.

Jadi, coba bayangkan, jika penghematan biaya hidup sehari-hari itu kemudian bisa kita alihkan untuk berinvestasi, terutama investasi saham.

Wah, coba hitung deh, berapa banyak pengembangan dari uang kita nanti, Ma! *ambil kalkulator*

Tapi, kemudian apakah muncul pertanyaan di benak Mama.

“Gimana caranya melakukan investasi saham? Apa yang harus saya lakukan sekarang?”


Well, no worries. Seperti yang sudah-sudah, Rocking Mama selalu punya yang Mama butuhkan. Eheum.


Berikut beberapa tips untuk Mama yang ingin memulai investasi saham.


1. Get informed


Langkah pertama yang harus Mama lakukan sekarang adalah mencari tahu, dan belajar mengenai seluk beluk investasi saham.

Fakta bahwa 51% pengelolaan keuangan keluarga ada pada peran perempuan sebagai seorang ibu, sekiranya cukup bisa menjadi alasan dan motivasi Mama untuk mulai mencoba kenalan dengan investasi saham ini.

Yes, saya tahu sekali, bahwa kurangnya pemahaman kita terhadap produk keuangan, terutama investasi saham, inilah yang membuat kita tak berani mulai melangkah.

Nah, kalau memang kurang paham, mengapa kita tak mencari tahu dan belajar, Ma? Ayo, kita ke toko buku, Ma, mencari buku-buku seputar investasi. Atau Mama juga bisa googling mencari artikel seputar investasi saham. Jika Mama punya teman yang bekerja di bidang ini, boleh juga tuh ditanya-tanya. Siapa tahu sekalian diprospek. #eh


2. Mencari informasi perusahaan publik

Menurut Nancy Osmond Popovich, managing director of investments di The Wise Investor Group at Robert W. Baird & Co Virginia, statistic menunjukkan bahwa perusahaan publik dengan board yang jumlah perempuannya lebih banyak ternyata cenderung mempunyai sejarah performa perusahaan yang yang lebih baik.

Well, data ini apakah berlaku untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia? Bisa ya, bisa tidak.

Nah, mengapa Mama tak mencari informasi lebih jauh?


Besok, pada tanggal 21 – 23 April 2017, bertempat di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia, akan diselenggarakan kegiatan Kartini Expo 2017 dalam bentuk pameran selama 3 (tiga) hari. Pameran ini akan terdiri atas sekitar 30 (lima puluh) booth yang terdiri dari Anggota Bursa (Sekuritas), Manajer Investasi, Emiten, SRO, OJK, dan pendukung pameran lainnya. Selama pameran berlangsung juga terdapat sesi fashion show, financial talkshow dan beauty talkshow.

Sebagai rangkaian kegiatan menuju Kartini Expo 2017, akan diselenggarakan pre-event yaitu kegiatan Sekolah Pasar Modal bersama Female Bikers yang akan dilaksanakan di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia.

Kegiatan Kartini Expo 2017 akan memberikan beragam customer experience, di antaranya adalah hiburan, dan disediakannya doorprize untuk peserta pameran dan juga pengunjung.

Nah, ini bisa jadi kesempatan bagus nih, Ma, bagi Mama yang ingin mencoba mulai melakukan investasi saham.


3. Memilih konsultan investasi yang cocok untuk Mama


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Michael Liersch, head of behavioral finance di Merril Lynch Wealth Management, ada fakta yang menyebutkan, bahwa perempuan memang akan lebih bawel bertanya-tanya mengenai investasi saham ini sebelum memutuskan.

Ya, maklumlah ya, Ma. Kita tak seperti para pria yang lebih risk-taker. Kita harus bertindak hati-hati dong. Soalnya ini uang keluarga nih yang akan “dipertaruhkan”. Kalau salah langkah, bukan tak mungkin akan bablas semua, dan pastinya akan berakibat fatal.

Namun, masih menurut Michael Liersch, begitu para perempuan ini sudah paham akan strategi investasi yang cocok bagi mereka, then they will stick to it.

So, kalau memang perlu nih, Ma, carilah konsultan investasi yang dapat Mama percaya. Karena kepercayaan kita terhadap konsultan investasi adalah kunci keberhasilan kita dalam berinvestasi.


BACA JUGA


Kesalahan Pengelolaan Keuangan Keluarga Bisa Terjadi Karena 7 Hal Sepele Berikut. Hati-hati, Ma!

Kesalahan Pengelolaan Keuangan Keluarga Bisa Terjadi Karena 7 Hal Sepele Berikut. Hati-hati, Ma!

Kesalahan keuangan keluarga bisa terjadi karena kita melakukan beberapa hal sepele. Kenali apa yang salah, dan segera lakukan tindakan ...

Read more..


4. Ajak Papa berdiskusi


Nah, karena Mama sudah punya Papa sekarang, maka pastinya semua harus didiskusikan bersama, termasuk jika Mama bermaksud untuk mencoba investasi saham.

Coba ceritakan pada Papa apa saja hasil Mama mencari informasi sana sini, dan kemudian ajak Papa mengunjungi Kartini Expo di Gedung Bursa Efek Jakarta. Ajak Papa untuk ikut menemui konsultan investasi yang sudah Mama pilih.

Lalu, lakukan analisis berdua dengan Papa. Sembari menyeruput teh di sore hari, ditemani dua potong strawberry mille feuille yang Mama buat sendiri, atau beberapa bongkah funfetti choco ball, pastinya diskusi Mama dan Papa akan seru.


BACA JUGA


Dicintai Papa Seumur Hidupnya itu Ternyata Kurang Romantis, Kalau Nggak Dilengkapi dengan 1 Hal Ini!

Dicintai Papa Seumur Hidupnya itu Ternyata Kurang Romantis, Kalau Nggak Dilengkapi dengan 1 Hal Ini!

Papa mencintai mama seumur hidupnya? Coba, Ma, dipikirin lagi. Jangan sampai menyesal

Read more..


Nah, Mama, seharusnya sih kita nggak perlu malu-malu dan takut-takut lagi untuk mulai melakukan investasi saham ya. Apalagi kalau Mama sudah berkesempatan untuk menghadiri Kartini Expo bersama Bursa Efek Indonesia, tanggal 21 – 23 April mendatang. Pastinya Mama pasti akan sudah punya banyak sekali bekal untuk kemudian bisa memutuskan, saham perusahaan mana yang ingin Mama beli kan?

Well, good luck, Mama! Yuk, jadi perempuan mandiri dan cerdas dengan investasi saham!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Takut Investasi Saham? Beberapa Tips Berikut Akan Menepis Keraguan Mama Berinvestasi Saham". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar

Indriyas Wahyuni | @indriyaswahyuni

saya sudah terjun ke dunia saham, tidak menakutkan kalau kita tahu dalamnya hehe. and buang jauh-jauh mindset bahwa invest saham itu gambling..