Telur yang Dibeli Ada Titik Darah? Jangan Panik, Ma! Ketahui Fakta-faktanya Berikut Ini!

Telur yang Dibeli Ada Titik Darah? Jangan Panik, Ma! Ketahui Fakta-faktanya Berikut Ini!

3.2K
Telur yang memiliki titik merah seperti darah mungkin membuat Mama berpikir, "apakah itu calon anak ayam yang, sayangnya, tidak jadi?". Apakah telurnya harus dibuang dan diganti yang lain?

Saat menyiapkan sarapan, telur mungkin menjadi pilihan utama. Selain praktis, telur pun sangat mudah diolah. Iyes semudah mengolah telur menjadi resep roti bakar telur ceplok favorit anak-anak.

Nah, saat sedang berkreasi dengan telur, setelah memecahkan telur, Mama pasti akan memerhatikan kondisinya. Jika sedang kurang beruntung, Mama akan bertemu dengan kuning telur yang kurang mulus, salah satunya adalah kuning telur dengan titik merah di dalamnya.

Mama mungkin akan berpikir, "Ewwww, jijik," lalu pelan-pelan berganti menjadi berpikir, "Apa ya itu? Harus dibuang nggak, ya? Aman nggak, ya?"

BACA JUGA


Camilan dan Minuman Pemicu Lapar, Memangnya Ada? Iyes! 7 Camilan Ini Membuktikannya!

Camilan dan Minuman Pemicu Lapar, Memangnya Ada? Iyes! 7 Camilan Ini Membuktikannya!

Camilan merupakan makanan ringan yang sering banget kita konsumsi sebagai pengganjal perut. Di manapun kita bisa menemukan camilan dalam ...

Read more..

Apa sih titik merah di dalam telur tersebut?

Facebook/Alison McKee

Jika Mama berpikir titik merah tersebut adalah darah, selamat! Dugaan Mama 100% benar!
Titik darah dalam telur tersebut disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di permukaan kuning telur, atau oleh kecelakaan lain selama pembentukan telur.

Jadi, telur tersebut merupakan telur yang dibuahi?

Mitosnya memang demikian, tetapi kenyataannya bukan, ya Ma. Titik-titik darah di telur benar-benar peristiwa alami yang bisa saja terjadi dalam telur.

James Blakely dan David, dalam bukunya yang berjudul Ilmu Peternakan, menerangkan proses terbentuknya titip darah tersebut.

Ovarium ayam petelur setidaknya memiliki 1000 sampai 3000 folikel. Ukuran folikel tersebut sangat bervariasi, dari mulai ukuran mikroskopik sampai sebesar satu kuning telur. Kuning telur diliputi oleh suatu membran folikuler, yang menempelkannya pada ovari. Membran ini memiliki suatu bagian, bernama stigma, yang terlihat hanya sedikit mengandung pembuluh darah. Stigma adalah tempat dimana kuning telur robek dan melepaskan ovum pada saat ovulasi. Karena zat-zat makanan disalurkan melalui membran folikuler dari aliran darah menuju ke ovum, sejumlah darah kadang-kadang dilepaskan bersama-sama kuning telur itu karena tempat pecahnya tidak selalu tepat pada stigma. Inilah yang kadang menyebabkan munculnya titik darah di dalam telur.

BACA JUGA


Yuk, Kurangi Makanan Cepat Saji! Inilah 7 Alasan Kenapa Mama Harus Melakukannya!

Yuk, Kurangi Makanan Cepat Saji! Inilah 7 Alasan Kenapa Mama Harus Melakukannya!

Makanan cepat saji memang menawarkan kecepatan dan kepraktisan untuk diolah. Namun, seharusnya Mama sadar (dan nggak pura-pura nggak tahu) ...

Read more..

Apakah telur dengan titik darah tersebut aman untuk dimakan?

The American Egg Board menyatakan bahwa telur-telur dengan titik darah tersebut sangat aman untuk dimakan.

Beberapa bahkan berpendapat telur tersebut lebih baik dari telur biasa karena tidak ada nutrisi yang hilang.

Namun, Mama harus tetap waspada apabila titik merah ini telah mengambil alih seluruh permukaan telur, apalagi jika warnanya merah muda. Warna merah muda tersebut menunjukkan pembusukan akibat bakteri, dan tentu saja tidak baik untuk dikonsumsi.

Bisakah titik merah tersebut dihilangkan?

Tentu saja bisa. Jika Mama terganggu dengan kehadiran titik darah tersebut, Mama bisa menghilangkannya dengan sendok atau ujung pisau.

Namun, tidak dihilangkan pun tidak apa-apa kok, Ma. Telur dengan titik merah tetap sama dengan telur pada umumnya jadi perlakukan mereka sama seperti telur lainnya.

BACA JUGA


Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Makanan organik memang lebih sehat dibandingkan dengan bahan makanan non-organik. Namun hal ini tentu saja membawa konsekuensi pada jumlah ...

Read more..

Okay, setelah mengetahui fakta-faktanya tentang titik darah di telur, Mama nggak lagi parno kan? Jangan dibuang, ya, telurnya Ma!

Stop percaya omongan orang tanpa fakta ilmiah Ma. Jika Mama sudah membaca artikel ini, nggak ada salahnya dibagikan ke teman-teman Mama agar tidak salah kaprah.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Telur yang Dibeli Ada Titik Darah? Jangan Panik, Ma! Ketahui Fakta-faktanya Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar