Awas! Waspadai Bahaya yang Mengintip Akibat Terlalu Sering Mengenakan High Heels!

Awas! Waspadai Bahaya yang Mengintip Akibat Terlalu Sering Mengenakan High Heels!

1.3K
High heels are pleasure with pain.

Suka sakit pada kaki kalau lagi mengenakan high heels, Ma? Di bagian bawah betis?

Nah, di situlah letak tendon Achilles.

Mama yang suka tampil cantik dengan memakai sepatu hak tinggi atau high heels, ada baiknya untuk mengenal tendon yang satu ini.



Tendon Achilles adalah perlekatan otot yang letaknya di bagian belakang pergelangan kaki, tepat di sambungan antara betis dengan telapak kaki. Dinamakan tendon Achilles karena konon di tempat yang sama adalah titik kelemahan Achilles, pahlawan Troy. Tendon Achilles terdiri dari tiga otot, dengan masing-masing fungsi menekuk lutut, meluruskan betis dan menggerakkan jari-jari kaki serta berjinjit. Tendon Achilles ini memegang peranan cukup penting bagi anggota gerak tubuh bagian bawah, ya. Karena ketika kita memakai high heels, seluruh berat tubuh kita akan disangga oleh tendon ini.

Sayangnya, tendon Achilles ini justru tendon yang rapuh dan mudah cedera. Karena dibanding dengan tendon di bagian tubuh lain, tendon Achilles ini hanya dikelilingi jaringan tipis yang menyediakan suplai darah ke tendon. Jadi kita harus berhati-hati dalam beraktivitas ya, Mama.



Gangguan yang bisa terjadi pada tendon Achilles adalah luka atau lecet di bagian dalam, lalu terjadi infeksi. Dan jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan robekan jaringan sebagian atau seluruhnya.

Salah satu penyebab gangguan tendon Achilles selain penggunaan high heels secara terus menerus tanpa istirahat. Selain itu bisa juga karena aktivitas yang berlebihan, seperti yang dilakukan atlet lari atau penari. Terakhir adalah gerakan cepat dan mendadak yang dilakukan kaki, tanpa pemanasan terlebih dahulu.

Ketika tendon Achilles terluka, gejala awal yang terlihat adalah kaki akan mengalami bengkak dan nyeri, khususnya di lokasi tempat tendon Achilles berada. Lalu diiringi dengan kesulitan menekuk jari atau berjinjit, dan betis terasa kaku. Aduduh  Nggak bisa jalan dong ya.

Tapi jangan khawatir, Mama. Kita masih bisa tampil cantik memakai high heels tanpa khawatir terjadi cedera. Istirahat adalah tindakan paling penting yang perlu dilakukan untuk mencegah. Pemanasan yang tepat sebelum menggunakan high heels juga membantu agar tendon tidak terlalu kaku ketika dipakai berjalan.

Ketika Mama mengalami gejala awal seperti yang disebutkan di atas, berikut adalah tindakan awal yang bisa dilakukan.

  • Rendam kaki yang bengkak ke dalam air es untuk membantu mengurangi rasa sakit dan merelaksasi kaki.
  • Segera konsultasikan dengan tenaga ahli untuk tindakan lebih lanjut.
  • Hindari aktivitas berlebih atau memakai high heels dulu, sampai keluhannya berkurang atau hingga dinyatakan sembuh.


Nah, keep beautiful and healthy, ya Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Awas! Waspadai Bahaya yang Mengintip Akibat Terlalu Sering Mengenakan High Heels!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Pratiwi | @nadiapratiwi

Mengaku INTJ-A dan feminis. Penggemar sastra klasik dan buku-buku nonfiksi di luar profesinya, serta sedikit eksentrik.

Silahkan login untuk memberi komentar