Terganggu dengan Kehadiran Semut? Intip 6 Cara Mudah Menyingkirkan Semut dari Rumah Ini!

Terganggu dengan Kehadiran Semut? Intip 6 Cara Mudah Menyingkirkan Semut dari Rumah Ini!

3.3K
Apabila semut sudah mengganggu kenyamanan dan keamanan rumah, Mama dapat mencoba enam cara ini untuk mengatasinya.

Coba Mama perhatikan sekeliling rumah, adakah barisan-barisan semut, baik itu di dinding, di lantai, ataupun di meja?

Memang sih semut tidak selalu mengganggu, tetapi tetap saja membuat rumah menjadi kotor dan tidak enak dipandang. Bila Mama tidak ingin rumah Mama dikuasai oleh semut, coba saja 6 cara mengusir semut dari rumah ini.


BACA JUGA


Membersihkan Rumah Jadi Tugas Paling Malesin? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Mama Ringan Mengerjakannya

Membersihkan Rumah Jadi Tugas Paling Malesin? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Mama Ringan Mengerjakannya

Namanya rumah dengan anak-anak, pasti kondisinya berantakan. Belum selesai capeknya saat membersihkan rumah, sudah mesti dibereskan lagi

Read more..


6 Cara jitu usir semut dari rumah

1. Parit portable pada kaki meja


Mungkin Mama sudah tahu bahwa sebagian besar serangga tidak memiliki kemampuan renang yang mumpuni. Bisa dibilang, air adalah musuh alami mereka, kecuali untuk beberapa kasus seperti nyamuk ya, Ma.

Nah, untuk menjauhkan semut dari meja makan, Mama bisa meminta bantuan air. Caranya mudah saja kok, Ma. Siapkan wadah yang kira-kira dapat dimasuki kaki meja, simpan wadah tersebut di kaki meja, kemudian tuangkan air ke dalamnya.

Kaki meja adalah satu-satunya penghubung semut dengan lantai. Apabila kaki meja tidak dapat diakses, tentu saja semut pun tidak akan sampai ke tempat incarannya. Pastikan Mama mengganti airnya setiap 3 hari hingga satu minggu sekali ya, agar tidak ada nyamuk nakal yang menjadikannya tempat bertelur.


2. Bersihkan tempat dan sampah makanan yang terpapar gula

jgpestcontrol

Ingat pepatah ada gula ada semut? Pepatah tersebut pun bermakna secara harfiah lo.

Mama pasti sudah mengetahui bahwa semut sangat menggemari gula. Sampah-sampah yang mengandung gula akan memancing semut ke dalam rumah.

Coba Mama perhatikan, apakah ada semut yang mengerubungi tempat sampah? Jika iya, tengok deh Ma, ada sampai apa saja sih di tempat sampah rumah? Mungkin Mama akan menemukan plastik cokelat atau kaleng susu kental manis.

Agar semut tidak menginvasi tempat sampah, pastikan Mama membersihkan unsur gula dalam sampah tersebut. Namun, jika Mama merasa malas, Mama bisa membuang sampah tersebut di luar rumah.


3. Larutan gula dengan boraks


Jika Mama sudah sangat kesal dengan hama semut yang sudah mengganggu kenyamanan dan keamanan keluarga, Mama boleh bertindak cukup keras.

Salah satunya adalah dengan membuat larutan jebakan semut. Mama hanya memerlukan 3 bahan, yaitu 3 sdm gula, 1 sdm borax, dan beberapa tetes air.

Campurkan gula dan borax ke dalam wadah bertutup, aduk hingga latur, tutup rapat-rapat, kemudian buatlah lubang dengan ukuran sedikit lebih besar daripada semut.

Simpan jebakan tersebut di tempat yang tidak akan dijangkau anak-anak, dan juga binatang peliharaan ya, Ma. Tunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya.

Ingat ya Mama, jebakan ini hanya boleh digunakan apabila semut sudah mengganggu kenyamana dan keselamatan keluarga.


BACA JUGA


Bikin Sendiri Cairan Pembersih Rumah Yuk, Ma, Agar Lebih Ramah Lingkungan - Hanya Butuh 2 Bahan Saja!

Bikin Sendiri Cairan Pembersih Rumah Yuk, Ma, Agar Lebih Ramah Lingkungan - Hanya Butuh 2 Bahan Saja!

DIY cairan pembersih rumah ramah lingkungan ini dapat menjadi alternatif Mama untuk membersihkan dan mensterilkan perabotan rumah

Read more..


4. Trik semprotan cuka


Apabila Mama melihat barisan semut baik di tembok maupun lantai, segeralah semprot dengan larutan air dan cuka. Saat disemprot cuka, semut akan panik dan segera mencari jalan pulang.

Mama bisa mengikuti ke mana larinya semut hingga menemukan jalan menuju sarang, atau bahkan sarangnya, kemudian semprotkan larutan cuka ke tempat semut datang atau bersarang.

Untuk menghilangkan aroma cuka, Mama bisa mengelap bekas peperangan tersebut dengan cairan pembersih lantai.


5. Banjiri sarang semut


Image via pestcontrolliverpool

Apabila Mama menemukan sarang semut di halaman rumah, Mama bisa membiarkannya. Bagaimanapun, mereka berhak untuk hidup.

Namun, apabila semut sudah berani bersarang di dalam rumah, misalnya di lemari, di dapur, di tembok dan lantai rumah sehingga membuat rumah menjadi keropos, Mama sangat diperbolehkan untuk bertindak.

Salah satu cara yang bisa Mama lakukan adalah dengan membanjiri sarang mereka. Bukan dengan air biasa, melainkan dengan air rebusan cabai rawit, atau larutan air dengan cuka.

Dijamin deh, semut-semut akan bubar dan tidak berani bersarang di tempat yang sama.


6. Bersihkan jejak semut

Image via northlondonpestcontrolco

Tahukah Mama, semut yang berbaris di dinding adalah awal mula dari bersarangnya semut di rumah.

Semut akan meninggalkan feromon di setiap tempat yang dijejakinya, dan membuat semut lain akan mengikutinya. Cara mudah menghilangkan jejak feromon tersebut adalah dengan semprotan larutan cuka dan sabun.

Sediakan botol semprot, isi setengahnya dengan air, dan setengahnya dengan cuka, kemudian tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Aduk atau kocok perlahan hingga larut kemudian semprotkan di mana pun semut-semut menjalar di rumah.


BACA JUGA


Suka Aromaterapi? Bikin Sendiri, Yuk, di Rumah dengan DIY Lilin Aromaterapi Sederhana Ini

Suka Aromaterapi? Bikin Sendiri, Yuk, di Rumah dengan DIY Lilin Aromaterapi Sederhana Ini

Membuat lilin aromaterapi ternyata cukup mudah loh, Ma, dan tentu saja lebih murah

Read more..


Dari keenam cara di atas, adakah yang sudah pernah Mama coba? Apakah berhasil?

Meskipun semut cukup mengganggu apabila masuk ke dalam rumah, bukan berarti kita bisa bersikap seenaknya pada semut ya, Ma. Kalau semutnya berada di luar rumah sih sebaiknya biarkan saja ya, Ma, sebab bagaiamanapun mereka berhak hidup.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terganggu dengan Kehadiran Semut? Intip 6 Cara Mudah Menyingkirkan Semut dari Rumah Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar