Terinspirasi dari Meditasi, Begini Cara Mendidik Anak tentang Ketenangan Jiwa

Terinspirasi dari Meditasi, Begini Cara Mendidik Anak tentang Ketenangan Jiwa

289
Mendidik anak juga bisa melalui jalan meditasi. Penuhilah jiwa mereka dengan ketenangan dan cinta, Ma. Agar mereka selalu bisa hidup di masa kini, bukan di jalan gawai dan games online saja.

Anak-anak zaman now itu penuh lika-liku. Setuju tidak, Ma? Well, sebenarnya anak-anak zaman mana pun punya liku-likunya sendiri, sesuai situasi dan kondisi. Namun rasanya, yang sekarang ini kok lebih menantang, ya?

Apa karena kecanggihan teknologi yang membuat segalanya terlalu ramai? Berbagai tontonan, informasi, games berseliweran, membuat hiruk-pikuk keadaan? Begitu hiruk-pikuknya, sampai anak-anak kebingungan berada dalam arus? Lalu, lihatlah apa yang terjadi, mereka menjadi generasi yang kurang mampu beradaptasi di dunia nyata, yang kikuk menghadapi situasi jika tanpa teknologi.

Anak-anak jadi mudah marah, sulit mengutarakan pendapat, mengalami gangguan bersosialisasi ....

Yuk, Ma, tugas kita nih untuk mendidik mereka supaya bisa menenangkan diri! Belajar untuk menyadari eksistensi mereka di dunia nyata ini, dalam ketenangan. Rasa tenang yang mengalir dalam setiap tarikan napas mereka, yang mampu mendampingi mereka untuk berada dalam berbagai situasi.

Untuk itu, terinspirasi dari orang-orang yang lebih dulu menjalani meditasi, Rocking Mama sudah merangkumkan 3 cara mendidik anak tentang kesadaran dan ketenangan diri.

Oya, omong-omong, memangnya apa sih meditasi itu? Menurut freemeditation.com,

"Meditation is effortless and leads to a state of 'thoughtless awareness' in which the excessive stress producing activity of the mind is neutralized without reducing alertness and effectiveness."

Jadi sebenarnya, meditasi itu tanpa usaha apa-apa, Ma. Tanpa usaha yang akan menunjukkan jalan pada keadaan 'kesadaran tanpa berpikir', di mana produksi pikiran yang berlebihan dan membuat stres itu dinetralisasikan, tanpa mengurangi kesiagaan dan keefektifan.


BACA JUGA


Mendidik Anak Generasi Alfa, Jangan Sampai Kalah Cerdas dari Mereka! Begini Caranya!

Mendidik Anak Generasi Alfa, Jangan Sampai Kalah Cerdas dari Mereka! Begini Caranya!

Mendidik anak generasi alfa memang butuh strategi khusus, agar mereka bisa memanfaatkan kecerdasan mereka seoptimal mungkin, tanpa melupakan ...

Read more..


Daripada bingung, lebih baik langsung mencoba 3 cara untuk mendidik anak tentang kesadaran dan ketenangan ala meditasi ini, ya!

1. Mengamati Sekitar

Ajak anak-anak pergi ke taman, Ma, lalu minta mereka mengamati keadaan. Mengamatinya secara mindful ya, Ma, alias sepenuh hati. Tanyakan beberapa hal kepada mereka, dengan mengandalkan indra-indra.

“Kakak lihat daun-daun itu? Kalau ditiup angin, daun-daun jadi bergoyang. Senang ya, bisa bergoyang-goyang. “

Lihatkah, Ma, kalau si kakak akan menajamkan indra penglihatan dan perasanya? Ia akan berfokus mencermati dedaunan, sekaligus merasakan angin yang meniup lembut kulitnya.

Satu contoh lain:

“Adik dengar suara burung-burung itu nggak? Ngobrol apa ya, mereka? Ngobrolin buah mangga di sebelahnya itu, bukan? Mangganya wangi, katanya.”

Coba perhatikan, Ma, bagaimana si adik akan menajamkan indra pendengaran dan penciumannya. Si kecil itu akan berusaha memperhatikan paruh burung-burung, juga mengingat-ingat bagaimana wangi mangga.

Dengan demikian, kita sudah mendidik anak untuk berpikir, merasakan, lalu mengerti bahwa alam adalah demikian adanya. Mereka akan belajar sadar, bahwa hidupnya ada pada saat ini dan di sini. Bukan di sana, dalam belantara games online dan lautan informasi tak berkesudahan.

Perasaan itu akan membawa pada ketenangan jiwa, Ma. Yang niscaya akan membuat mereka lebih menikmati hidup yang nyata, dan kemudian bersyukur.


2. Yoga

*image: namastekid

Yoga adalah sebuah seni olah tubuh yang menenangkan, karena asananya (gerakan) yang bertempo lambat. Dalam asana-asana tersebut, Mama diajak untuk meluruhkan pikiran, dan berkonsentrasi hanya pada napas dan sakit yang ditimbulkan. Namun sakitnya gerakan-gerakan Yoga itu nikmat lo, Ma, karena berbalut ketenangan. Bayangkan, Mama harus berusaha menyeimbangkan tubuh dalam waktu sekian hitungan, apalagi yang diwajibkan kecuali tenang?

Nah, carilah waktu untuk bisa melakukan asana-asana bersama anak-anak, Ma. Dengan yoga, kita pun bisa mendidik anak mengenai ketenangan jiwa.

Untuk anak-anak, Mama bisa mengajak mereka melakukan Dekasana, atau Airplane Pose, yaitu pose dengan satu kaki menjadi tumpuan, sedangkan kaki lainnya mengapung di belakang seperti ekor pesawat. Kedua tangan juga melayang layaknya sayap. Menurut situs namastekid, pose ini baik untuk meningkatkan keseimbangaan, membangun konsentrasi, menguatkan kaki, dada,dan tangan.


BACA JUGA


Mendidik Anak dengan Kekerasan Hanya Akan Menghasilkan Anak yang Penuh dengan Kekerasan. Lakukan Hal-Hal Berikut untuk Menghindarinya!

Mendidik Anak dengan Kekerasan Hanya Akan Menghasilkan Anak yang Penuh dengan Kekerasan. Lakukan Hal-Hal Berikut untuk Menghindarinya!

Mendidik anak dengan kekerasan juga akan menghasilkan anak yang penuh dengan kekerasan. Dan ini bukanlah hal yang baik bagi perkembangannya ...

Read more..


Di sini, anak-anak akan diajak untuk menenangkan diri agar bisa berpose dengan sempurna. Harus penuh dengan kesabaran juga, mengingat terburu-buru tidak akan membawa hasil apa-apa kecuali ketidakseimbangan.

Pelajaran-pelajaran ini mendidik anak untuk sadar bahwa yang punya kuasa untuk mengendalikan tubuh dan pikiran adalah mereka sendiri. Mereka yang nantinya akan selalu menjaga keseimbangan, baik fisik maupun mental, dalam setiap langkah perjalanan hidupnya.


3. Mudra

*image: yogajournal

Mudra adalah salah satu metode self healing yang sudah berumur sekitar 5.000 tahun, dan berasal dari India. Mudra menggunakan teknik formasi jari-jemari dalam prosesnya.

Selain self healing untuk penyakit-penyakit fisik, Mudra juga menyembuhkan penyakit-penyakit psikis lo, Ma! Mama juga bisa mendidik anak mengenai ketenangan jiwa dengan Mudra ini. Salah satu yang patut dicoba bersama anak-anak adalah Anahata Chakra Mudra, yang formasinya bisa Mama lihat pada gambar di atas.

Menurut Christine Chen, Pelatih yoga dan praktisi Mudra, Anahata Chakara Mudra baik sekali untuk “....to invite more love into your life, to send love and compassion, to heal a broken heart, or to give yourself courage to love and embrace the future.

Mengapa cinta?

Karena cinta adalah energi terbesar sekaligus terindah yang dianugerahkan Tuhan pada hambaNya. Anak-anak zaman sekarang butuh banyak cinta, untuk menyeimbangkan ‘kontaminasi’ perasaan kosong atau palsu yang didapatkan dari interaksi di dunia maya. Melakukan Anahata Chakra Mudra--setidaknya 5 menit saja--akan membuat energi banyak mengalir di seputaran jantung, dan entah kenapa, akan timbul ketenangan yang menyamankan karenanya.

Jika mereka bisa memproduksi sendiri rasa cintanya, menyadari bahwa rasa itu indah dan hanya dapat ditemukan di alam nyata, semoga perlahan bisa melepaskan diri dari buaian gawai semata. Dari pelajaran itu, niscaya keseluruhan hidupnya kelak akan berjalan atas nama cinta.


BACA JUGA


Awas, 5 Senjata Mendidik Anak Ini Bisa Melukai Perasaan dan Perkembangan Jiwa Mereka! Jangan Teruskan!

Awas, 5 Senjata Mendidik Anak Ini Bisa Melukai Perasaan dan Perkembangan Jiwa Mereka! Jangan Teruskan!

Dalam hal mendidik anak, karakter anak akan terbentuk berdasarkan pola kebiasaan orangtua. Apakah Mama sering mempergunakan 5 senjata ...

Read more..


Ah, indahnya mendidik anak, belajar kesadaran dan ketenangan ala meditasi ini ya, Ma.

Selamat membimbing anak-anak yang hidup di dunia nyata, yang menyadari keberadaan dirinya dan menikmatinya, Ma! Namaste!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terinspirasi dari Meditasi, Begini Cara Mendidik Anak tentang Ketenangan Jiwa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar

Djangkaru Bumi | @djangkarubumi

Kalau saya lebih suka mengamati sekitar, agar anak lebiih mempunyai daya imajinasi dan kreatifitas tinggi.