Terkena Ruam Popok? Coba Atasi dan Cegah dengan 5 Cara Sederhana Ini!

Terkena Ruam Popok? Coba Atasi dan Cegah dengan 5 Cara Sederhana Ini!

622
Ruam popok ini mengganggu sekali ya, Ma. Kasihan si kecil jadi kurang bebas bergerak lagi.

Ruam popok, atau yang sering disebut sebagai nappy rash adalah luka pada pantat bayi akibat pemakaian diaper.

Si kecil pernah mengalaminya nggak, Ma? Kalau saya pernah, meskipun Alhamdulilah, tidak sering.

Dulu sebelum melahirkan anak pertama, saya sempat ‘berguru’ kepada kakak perempuan saya yang sudah terlebih dahulu berpengalaman dalam urusan perbayian. Ia menyarankan, bahwa kelak kalau anak saya lahir mending langsung diajari untuk mengenakan popok plastik.


BACA JUGA


Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami

Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami

Salah memilih produk perawatan bayi akan bisa membahayakannya loh, Ma. So, be careful ya

Read more..


Popok plastik ini bisa Mama beli di toko-toko perlengkapan bayi, Ma. Banyak yang menyediakannya. Tentunya popok ini adalah popok yang berbahan plastik lembut, dijahit sedemikian rupa sehingga menyerupai celana pendek.

Keuntungan si popok plastik ini adalah mudah sekali dicuci, dan juga cepat kering. Inilah plus-nya popok plastik dari clodi, atau cloth diaper atau popok kain.


Karena intensitas pipis si kecil yang nggak bisa diprediksi inilah, maka popok plastik pun dirasa menjadi solusi yang lebih tepat ketimbang clodi ataupun pospak. Bahkan saat anak saya sudah lahir, popok kain yang sudah saya persiapkan jauh-jauh hari tergeletak manja saja di sudut lemari. Tak tersentuh sama sekali.

Sampai usia berapakah kira-kira anak kita bisa memakai popok plastik ini? Ya, kurang lebih 4-5 bulan. Setelah usia segitu, biasanya anak sudah mulai aktif guling-guling, kaki akan lebih sering diayun-ayunkan. Sehingga secara otomatis tuh popok akan rawan lepas dengan sendirinya.

Lalu, apakah selama itu tidak pernah mengalami ruam popok? Ya, pernah sih. Tapi, nggak parah. Cuma dikasih salep, sorenya udah tak berbekas.

Setelah masuk usia 7-8 bulan, si bayi sudah saya biasakan untuk mengenakan clodi atau popok kain. Fungsinya sama kayak popok kebanyakan. Tapi kalau malam, saya tetap mengandalkan diaper sih, Ma. Alasannya klise, agar tidak repot gonta-ganti popok setiap jam!

Nah, untuk mencegah ruam popok yang akan cenderung lebih sering terjadi saat menggunakan diaper, ini dia beberapa hal yang saya lakukan.


BACA JUGA


Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Hai, Mama! Bagaimana kabar kandungan Mama? Sudah semakin mendekati HPL? Sudah siap menyambut kedatangan si baby mungil kesayangan Mama itu? ...

Read more..


5 Cara mencegah ruam popok


  1. Jangan malas mengganti diaper si bayi segera saat dia kotor ataupun basah.
  2. Bersihkan pantat bayi dengan tisu basah yang bebas alkohol atau pewangi, atau bisa juga dengan kapas yang dibasahi dengan air matang hangat.
  3. Setelah pantat bayi dibersihkan, lalu tepuk-tepuk dan keringkan dengan handuk bersih. Diamkan terbuka, tanpa memakai diaper, celana ataupun popok, agar mendapat udara segar untuk beberapa saat.
  4. Gunakan krim jika ada tanda-tanda kulitnya memerah karena iritasi.
  5. Jangan memakaiakan diaper terlalu kencang, harus ada sisa ruangan di lingkaran pinggang sebagai sirkulasi udara.


BACA JUGA


5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

Perawatan bayi baru lahir kadang begitu membingungkan, apalagi untuk Mama yang belum berpengalaman. Don't panic, Rocking Mama telah ...

Read more..


Nah, dengan 5 cara mencegah ruam popok di atas, semoga si kecil sekarang sudah bebas dari rasa gatal dan memerah yang mengganggu itu ya, Ma.

Selamat mencoba, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terkena Ruam Popok? Coba Atasi dan Cegah dengan 5 Cara Sederhana Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Atiqo Atiqo | @atiqo498

Silahkan login untuk memberi komentar