Tetap Sehat Serumah dengan Hewan Peliharaan, Lakukan 3 Hal Paling Penting Ini!

Tetap Sehat Serumah dengan Hewan Peliharaan, Lakukan 3 Hal Paling Penting Ini!

1.7K
Penyakit datang silih berganti setelah Mama punya hewan peliharaan di rumah? Yuk, cari tahu cara merawat hewan peliharaan dengan benar, supaya kesehatan keluarga Mama tetap baik.

Hewan peliharaan tidak hanya dapat menjadi teman terbaik. Mereka juga dapat berefek positif untuk kesehatan, seperti mengurangi stres dan menyehatkan jantung. Hewan peliharaan juga terbukti banyak membantu kita dalam mendidik anak-anak. Kita bisa mengajarkan tentang tanggung jawab dan rasa welas asih pada anak-anak melalui hadirnya hewan peliharaan di rumah kita.

Dalam sebuah penelitian terhadap 97 pemilik hewan peliharaan, terbukti bahwa para "orang tua asuh" hewan peliharaan tersebut akan tetap berpikir positif meskipun baru saja mengalami hal buruk dalam kehidupan sosialnya.

Nggak cuma itu, Ma, memelihara hewan peliharaan di rumah juga dapat meningkatkan hormon dopamine dan serotonin yang akan membuat suasana hati lebih bahagia.

Contohnya nih, ada penelitian yang dipublikasikan oleh Health Journal of Physical Activity and Health tahun 2011, bahwa ada sebanyak 34 % pemelihara anjing lebih dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka.

Namun, memelihara hewan di rumah nyatanya membutuhkan keahlian khusus, agar keluarga kita terhindar dari beberapa penyakit.

Salah satu contoh penyakit yang ditimbulkan oleh hewan peliharaan di antaranya adalah bersin-bersin dan mata berair yang disebabkan karena keberadaan kucing di rumah kita. Bulu kucing ini juga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Karenanya, sebagai pemilik rumah, sebaiknya kita mengetahui cara membersihkan bulu-bulu yang bertebaran itu.

Nggak cuma kucing, Ma, hewan-hewan peliharaan lainnya pun, punya potensi memicu penyakit bagi pemiliknya.

Cara merawat, mengelola segala hal yang terkait dengan keberadaan mereka tentu sangatlah penting diketahui.

Selain dari bulu, kotoran hewan pun perlu dikelola dengan baik agar tak menjadi sumber penyakit. Menjaga kebersihan hewan peliharaan, juga menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit yang diakibatkan dari hewan peliharaan.


BACA JUGA


Ingin Memelihara Hewan di Rumah? Simak Dahulu Serba-Serbi Memilikinya Berikut Ini!

Ingin Memelihara Hewan di Rumah? Simak Dahulu Serba-Serbi Memilikinya Berikut Ini!

The more I know about people, the more I love my dog. - Mark Twain

Read more..


Berikut tips merawat hewan peliharaan

1. Membersihkan bulu


Salah satu cara untuk mencegah bulu hewan peliharaan rontok ke seluruh rumah adalah dengan teratur menyikat bulunya.

Dengan begini, sebagian besar bulu yang rontok bisa dikumpulkan dan berakhir di tempat sampah.

Gunakan sarung tangan karet yang basah atau spons untuk mengambil bulu-bulu ini, sebab benda ini bisa bekerja seperti magnet. Mama juga bisa menggunakan lap kering elektrostatik atau microfiber untuk membersihkannya.

Jangan gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bulu, karena bisa menyumbat motor.


2. Menghilangkan bau


Bau adalah hal yang paling sering ditemui bila memiliki hewan peliharaan. Nah, bau yang tak sedap ini dapat dihilangkan dengan bubuk kopi yang pasti Mama punya.

Ambil proporsi yang sama untuk bubuk kopi dan air. Tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut pada permukaan yang berbau dan gosok dengan kain bersih.


BACA JUGA



3. Mensterilkan noda karena kotoran hewan


Noda karena kotoran hewan juga menjadi hal yang susah diabaikan oleh pemilik hewan peliharaan.

Tutupi noda dengan kain dan taburi beberapa baking soda di atasnya. Lalu, campur setengah cangkir hydrogen peroksida atau HCL dan satu sendok makan cairan pencuci piring dan tuangkan di atas kain.

Tinggalkan selama 15-20 menit. Kemudian gosok noda perlahan dan vakum permukaan secara menyeluruh.


BACA JUGA


Memperkenalkan Rasa Tanggung Jawab pada Anak? Pastikan Mereka Paham akan Konsekuensi dengan Cara Berikut!

Memperkenalkan Rasa Tanggung Jawab pada Anak? Pastikan Mereka Paham akan Konsekuensi dengan Cara Berikut!

Saat tanggung jawab pada anak tidak segera dibiasakan, ya, akhirnya siapa pun nggak akan mengerti arti dari sebab, akibat, dan konsekuensi ...

Read more..


Memiliki hewan peliharaan di rumah memang sama saja dengan memiliki anggota keluarga tambahan ya, Ma. Dan, seperti juga punya anggota keluarga, mereka pun wajib diperhatikan, dirawat dan dilimpahi kasih sayang. Dengan demikian, mereka pun merasa bahagia, dan bisa jadi teman anak-anak bermain yang baik, tanpa membahayakan kesehatan mereka juga pastinya.

Selamat bersenang-senang, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tetap Sehat Serumah dengan Hewan Peliharaan, Lakukan 3 Hal Paling Penting Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar