Kuliah Lagi, Ma? Repot ya? Nggak Perlu! Atasi dengan 3 Tips Praktis Anti Rempong Ini!

Kuliah Lagi, Ma? Repot ya? Nggak Perlu! Atasi dengan 3 Tips Praktis Anti Rempong Ini!

1.5K
There is a time and a place for everything, and it's called college. ~ Bill Cosby

Diberi kesempatan untuk kuliah lagi di usia yang tidak lagi muda haruslah dinikmati. Walau keraguan meraja di hati, bisa nggak ya? Mampu nggak, ya? Kuat nggak, ya? Yah, gitu deh. Karena kita sehari-hari aja udah repot banget urus keluarga. Tapi yang penting, tetap semangat itu nomor satu.

Sebagai seorang Rocking Mama yang tentunya sudah sibuk sehari-hari dengan suami dan anak-anak yang harus diurus, duduk manis di kelas dan mengerjakan tugas kuliah perlu kekuatan lebih. Untuk bisa bertahan di dunia kampus yang begitu keras, kita butuh tips dan trik tersendiri nih. Mau tahu, Ma?

Berikut adalah tipsnya!


1. Penampilan


Mama yang biasanya berpakaian resmi ala kantoran sebaiknya menyimpan baju resminya dulu untuk sementara. Blazer, rok pensil, kemeja resmi, gamis bernuansa resmi, stiletto 12 cm, dan segala macam pakaian berbau "bisnis" atau "pejabat" ditaruh saja di lemari bagian belakang.

Ini saatnya menggunakan kemeja ala mahasiswa, sepatu nyaman tanpa hak, rok bunga-bunga, dan celana bahan yang nyaman dipakai. Intinya, mari membaur di kampus. Jangan sampai teman kuliah enggan menyapa karena pakaian yang kita pakai membuat mereka segan.

Sebaiknya hindari menggunakan celana jeans ketat atau baju ketat yang memperlihatkan bentuk tubuh Mama. Bagaimanapun badan Mama dan badan para gadis di kampus itu berbeda jauh. Kasihanilah para mahasiswa yang dipaksa melihat lemak tubuh Mama di balik baju ketat itu. Ouch!

Gunakan sepatu yang nyaman karena beberapa kampus tidak menyediakan elevator, yang ada hanya tangga. Kebayang kan kalau harus kuliah di lantai 4 menggunakan stiletto setinggi 12 cm? Bisa gempor kaki Mama sepulang kuliah. Apalagi bila dalam sehari harus kuliah di ruangan dan lantai yang berbeda-beda pula. Atau harus konsultasi dengan beberapa dosen di lantai yang berbeda-beda. Tetapi bila sudah terbiasa menggunakan sepatu tinggi dan nyaman untuk melangkah ke sana kemari dan naik turun tangga, kenapa tidak? Gunakan saja. Kan katanya sepatu yang oke itu meningkatkan kepercayaan diri. Betul nggak, para shoe fetish?

Terbiasa berbulu mata palsu dengan make up mata lengkap? Atau bedak tebal 5 cm? Ganti gaya dandan Mama selama masa kuliah. Tidak semua ruangan kelas dilengkapi dengan pendingin udara yang baik, belum lagi saat berjalan mengejar dosen untuk konsultasi. Jangan sampai make up Mama malah luntur dan eye liner lumer membasahi pipi. Bukan berarti tidak dandan sama sekali juga sih, Ma. Bedak tipis plus lipstik dan pensil alis wajiblah digunakan. Dosen pun senang melihat mahasiswanya segar dan cantik.


2. Sikap


Mama yang tadinya pejabat, alias bos besar, bos sedang atau bos kecil di kantornya, sebaiknya menanggalkan sifat bossy-nya itu. Ingatlah bahwa status mahasiswa adalah 'kasta' terendah di kampus. segitunya ya. Jangan mentang-mentang dosen berusia lebih muda dari Mama, maka Mama bisa seenaknya bersikap. Atau dosen yang biasanya menjadi rekan kerja saat ngantor dulu diperlakukan sama. Aih, jangan. Ingat aturan nomor satu, dosen itu selalu benar. Ups!

Jangan sok bossy juga ke staf administrasi di kampus. Tanpa mereka kampus tidak bisa berjalan lho. Terkadang menjalin hubungan baik dengan mereka akan melancarkan jalan Mama ke gerbang wisuda.

Saat ini, banyak mahasiswa yang langsung melanjutkan kuliah S2 segera setelah lulus. Tanpa jeda untuk bekerja. Bahkan ada banyak program yang memberikan beasiswa untuk langsung meraih gelar Doktor. Mereka-mereka ini ilmunya masih segar, daya ingat masih baik. Ibarat versi Android, versi mereka Lollipop 5.1 sedangkan mommy mungkin hanya versi Kitkat 4.4 atau malah Jelly Bean 4.0. Atau mungkin malah versi yang sebelumnya lagi? Ingat Mama bisa lulus ujian TPA, artinya Mama dipandang mampu untuk kuliah S2 atau S3.

Menjalin hubungan baik dengan para lollipop ini wajib hukumnya. Mereka masih ingat siklus kreb, masih ingat cara kerja sistem imun dengan detail sementara Mama masih berusaha mengingat-ingat nama lapisan terluar dari kulit itu apa. Bukan berarti Mama itu loading-nya lebih lama. Tetapi ilmu-ilmu dasar itu sudah terlupakan karena dipelajari lebih dari sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu.

So, jadikan mereka mentor saat Mama belajar. Terkadang cara termudah untuk belajar bukan duduk manis dan menghafal seperti masa S1. Tetapi mendengarkan mereka presentasi atau menerangkan akan lebih mudah masuk ke otak daripada belajar sendirian.


3. Lain-lain


Mahasiswa identik dengan laptop dan diktat kuliah. Biasanya semua barang itu dimasukkan ke dalam tas ransel yang cukup besar. Atau malah membawa dua tas. Tas tangan dan tas laptop. Terkadang Mama harus ke kampus sendirian tanpa adanya teman sekelas karena harus konsultasi atau penelitian. Diperlukan ketrampilan khusus untuk menggunakan toilet sambil membawa tas ransel besar.

Toilet kampus itu tidak seperti toilet mal yang dilengkapi dengan gantungan tas di pintu, tisu dan air yang melimpah, Ma. Bila ada teman, Mama bisa saja menitipkan tas di teman tadi. Tapi kalau sendirian? Mau tidak mau tas dibawa masuk ke toilet. Di sinilah sepatu yang nyaman itu diperlukan. Tas ransel yang berat di punggung membuat kerepotan tersendiri saat mommy harus memosisikan diri untuk 'panggilan alam'. Hati-hati, Ma, jangan sampai tas malah tersiram air, atau Mama jatuh di toilet. Siapkan selalu tisu basah dan kering untuk keperluan di kamar mandi. Kebersihan kamar mandi mahasiswa biasanya agak kurang di kampus.

Bila Mama menjaga asupan makan, hati-hati kalau di kantin kampus. Harga yang murah dan tampilan makanan yang menggoda bisa membuat Mama gagal diet. Batasi asupan gorengan dan minuman manis. Ingat, Ma, umur tidak lagi muda, makanan yang masuk perut harus dijaga. Bila ingin juice, mintalah yang tanpa gula. Bila ingin gorengan, cukup satu saja. Bila sempat bekali diri dengan buah potong dari rumah. Duduk bersama para lollipop di kantin mahasiswa sambil jajan sana sini dijamin membuat diet ambyar berantakan lho!


Sekian beberapa tips penting untuk para Rocking Mama yang kuliah lagi.

Semoga bermanfaat, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kuliah Lagi, Ma? Repot ya? Nggak Perlu! Atasi dengan 3 Tips Praktis Anti Rempong Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Julia Rosmaya Riasari | @Juliarosmaya

Mommy dua orang calon gadis yang sedang kuliah lagi. Dokter hewan karantina yang bertugas di Bekasi serta bertanggung jawab menangani pelatihan dan informasi mengenai karantina pertanian.

Silahkan login untuk memberi komentar