Tips Gaya Berpakaian Street Style ala Rocking Mama - Temukan Kebebasan Berekspresi sekaligus Kenyamanan Diri

Tips Gaya Berpakaian Street Style ala Rocking Mama - Temukan Kebebasan Berekspresi sekaligus Kenyamanan Diri

943
Gaya berpakaian zaman sekarang asyik-asyik banget. Setiap orang sekarang bisa dan sah-sah saja punya gaya berpakaian sendiri-sendiri yang unik. Termasuk kita, para mama.

Gaya berpakaian zaman sekarang asyik-asyik ya, Ma. Setiap orang sekarang bisa dan sah-sah saja punya gaya berpakaian sendiri-sendiri yang unik. Diprotes, cuek saja. Atas nama kebebasan berekspresi, katanya sih begitu.

Perkembangan fashion belakangan ini memang sangat pesat, seiring semakin banyaknya desainer-desainer muda (terutama di Indonesia) yang bermunculan. Mereka berlomba-lomba menciptakan gaya dan signature yang berbeda sekaligus bisa diterima oleh masyarakat luas.

Yes, Mama, zaman sekarang, yang namanya fashion itu nggak harus adalah jenis-jenis busana yang hanya ditampilkan di atas panggung catwalk. Yang memakai juga nggak harus para fotomodel berkaki jenjang.

Sekarang ada yang disebut sebagai street style, atau street fashion. Apaan tuh?

Well, street style atau street fashion adalah suatu gaya atau cara berpakaian yang dapat dengan mudah kita temukan di jalanan, terutama di kota-kota besar, sebagai bentuk ekspresi diri. Dan, kalau sebelumnya street style ini didominasi oleh anak-anak muda dedek-dedek emesh, sekarang siapa pun boleh saja bergaya dengan street style ini. Yes, termasuk kita, mama-mama.

Tapi memang agak susah ya, jika kita belum menemukan gaya berpakaian yang pas pada diri kita sendiri. Meski gaya berpakaian street style ini bebas-bebas saja, tapi nggak mungkin juga sebebas-bebasnya. Iya, semakin unik semakin asyik. Tapi kalau nggak pantes di badan, gimana dong?

Well, jika Mama tertarik untuk nyobain street style dan menemukan gaya berpakaian ala Mama sendiri, berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu.


Tips bagi Mama untuk mencari gaya berpakaian street style yang pas untuk diri Mama sendiri


  • Cari gaya yang sesuai dengan selera dan kepribadian Mama. Jika Mama bisa menerapkan gaya berpakaian yang sesuai dengan karakter Mama, maka aura Mama akan lebih keluar sehingga penampilan terlihat lebih menarik.
  • Jangan takut untuk memadupadankan pakaian Mama yang ada di lemari. Mulai dari blouse, blazer, kaus, celana, rok, sepatu, bahkan tas dan aksesoris untuk menciptakan style Mama sendiri.
  • Punya role model. Untuk mendapatkan style khas Mama tersebut, banyak-banyaklah memperhatikan gaya berpakaian pada seleb, Ma. Tentukan satu orang seleb yang menjadi role model, dan kemudian pelajari gayanya lebih cermat. Barangkali gaya berpakaian Taylor Swift ini bisa menjadi pilihan, Ma. Atau mungkin gaya berpakaian Avril Lavigne yang paling oke menurut Mama?
  • Tumbuhkan rasa percaya diri dan jangan takut untuk berbeda. Walau Mama berbeda gaya berpakaiannya dari orang kebanyakan, itu nggak berarti selalu buruk lho. Bahkan bukan nggak mungkin kan, gaya berpakaian Mama (jika memang asyik dan sesuai dengan karakter Mama) akan menjadi ciri khas tersendiri, sehingga orang lain akan tertarik untuk mengikuti. Kan Mama bisa jadi trendsetter, akhirnya.


Nah, kalau Mama pengin mencoba gaya berpakaian yang berbeda dan unik, Mama bisa mencoba gaya tomboy atau boyish sebagai street style signature Mama.

Beberapa must have item untuk bisa mewujudkan gaya berpakaian street style tomboy yang cocok untuk para mama.



  • Boyfriend jeans. Celana jeans tipe ini sebenarnya merupakan celana jeans yang diperuntukkan bagi pria, Ma. Tapi bisa juga kita pakai, sehingga akan terlihat loose. Mama bisa memodifikasinya agar terlihat agak rebel, misalnya dengan mengenakan ripped jeans.
  • Oversize tee. T-Shirt besar, yang ukurannya nggak ketat di badan, dapat Mama padukan dengan wedges, sneakers, dan legging. Atau bisa juga dipadukan dengan skinny jeans dan snapback.
  • Jaket. Mama bisa mengenakan jaket kulit untuk tampilan yang lebih bold dan berkarakter. Atau bisa juga mengenakan jaket denim, yang lebih luwes karena dapat dipadukan dengan berbagai macam item fashion, bahkan yang girly sekalipun. Misalnya, jika Mama ingin untuk menampilkan kesan yang lebih feminin sekaligus boyish dalam satu tampilan, Mama dapat memadukan summer dress floral yang kemudian ditutup dengan jaket denim ini.
  • Boots dan sneakers.
  • Aksesoris, misalnya jika Mama berani, pakailah dasi kupu-kupu untuk kalian yang menambah kesan tomboy. Agar lebih 'lembut', geraikan rambut Mama menutupi bahu. So bold yet chic, huh?


Nah, untuk Mama yang berhijab, jangan ketinggalan untuk ikut meramaikan gaya berpakaian street style ini, Ma.

Untuk hijabers street style, nggak terlalu berbeda kok dengan street style yang biasanya, hanya saja Mama harus mempertimbangkan apakah model jilbab Mama apakah sudah sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Salah satu model jilbab street style yang banyak dipilih adalah model jilbab yang dililitkan pada leher, lalu dimasukkan ke baju untuk gaya berpakaian yang lebih berkarakter.

Beberapa prinsip gaya berpakaian street style ala hijabers


Image via style watch
  • Jika Mama mengenakan skinny jeans, pastikan atasan Mama lebih panjang ya. Misalnya, dengan mengenakan mantel panjang, kemudian tambahkan sneakers, boots ataupun heels.
  • Jika Mama mengenakan celana model aladin yang longgar, maka padukan dengan cape ataupun blouse biasa.
  • Untuk sepatu, boots dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan karakter yang kuat.


Nah, gimana, Ma? Sudah mendapatkan ide gaya berpakaian street style ala Mama sendiri sekarang? Berniat untuk mulai coba mengenakannya untuk jalan-jalan hari ini? Why not?

Selamat bergaya, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Gaya Berpakaian Street Style ala Rocking Mama - Temukan Kebebasan Berekspresi sekaligus Kenyamanan Diri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ika Puspita | @ikapuspita

Saya seorang Mom Blogger dan memiliki tiga anak. Menulis dan memasak adalah hobi saya.