Beberapa Tips Sederhana Namun Jitu Ini Bisa Membantu Mama untuk Menghemat Listrik Setiap Bulannya

Beberapa Tips Sederhana Namun Jitu Ini Bisa Membantu Mama untuk Menghemat Listrik Setiap Bulannya

26.2K
Personal finance is only 20% head knowledge. It's 80% behavior! ~ Dave Ramsey

Hari gini ya, listrik cepet banget habis pulsanya. Atau kalau yang prabayar ya, tagihannya membengkak setiap bulannya. Duh, jadi mengikis uang anggaran belanja yang lain. Padahal kebutuhan pokok juga makin tambah mahal, sudah nggak peduli hari besar atau masa liburan. Tiap hari harga ada saja yang naik. Bener nggak Ma?

Mau nggak mau kita harus mengeluarkan jurus sakti penghemat listrik, semacam jurus sakti meringankan tubuh ala para pesilat Tiongkok Kuno sana. Supaya dompet terselamatkan, tapi kenyamanan di rumah pun juga sebisa mungkin nggak berkurang.

Apakah berarti harus mengurangi jumlah lampu? Memensiunkan AC? Nggak juga sih. Ada beberapa kecil yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik. Ya, kadang kita memang melakukan hal-hal yang terlihat sepele ini namun ternyata cukup merupakan pemborosan terhadap listrik lho. Jadi, ayo coba kita lihat, apa saja yang bisa kita lakukan yuk!


Lampu



  1. Sebaiknya ganti semua lampu pijar dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) atau lampu hemat energi. Lampu ini memerlukan energi 80% lebih sedikit dan 10 kali lipat lebih tahan lama dibandingkan lampu biasa. Harganya memang lebih mahal, tetapi Mama berhemat biaya listrik.
  2. Matikan lampu yang tidak diperlukan atau saat Mama bepergian. Pada siang hari, manfaatkan matahari menjadi sumber cahaya yang masuk melalui jendela atau ventilasi.
  3. Bersihkan lampu dari debu secara berkala. Sebab lapisan lampu yang tertutup debu dapat mengurangi efisiensi lampu sebesar 50 – 70%.


Komputer



  1. Pertimbangkan untuk membeli laptop, bukan PC. Selain lebih praktis, laptop juga mengonsumsi listrik lima kali lebih hemat ketimbang desktop.
  2. Manfaatkan fitur power management.
  3. Matikan bila tidak digunakan. Membiarkan komputer menyala sepanjang tahun akan menyerap lebih dari 1.000 kWh/tahun, atau setara dengan total konsumsi listrik dalam satu rumah.
  4. Gunakan sambungan kabel dengan satu steker untuk segala perlengkapan komputer Mama. Jadi, Mama tinggal menekan satu tombol untuk mematikan semua alat elektronik yang praktis untuk memotong penggunaan listrik lebih dari 200 kWh/tahun.


Baca juga: 6 Kesalahan Keuangan Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama Demi Keluarga. Apa Saja?


Air Conditioner (AC)



  1. Atur suhu AC pada 24 – 45 derajat Celcius. Penurunan 1 derajat, konsumsi listrik meningkat 6%
  2. Hindari kebocoran udara dari luar
  3. Bersihkan kondensor, filter, dan coil AC, minimal sebulan sekali agar AC bekerja optimal.
  4. Gunakan timer. Pada pukul 00.00 – 04.00 pagi, suhu lingkungan menjadi lebi dingin sehingga Mama tidak butuh AC lagi.
  5. Mama bisa memanfaatkan bukaan jendela yang lebar pada siang hari sehingga tak perlu menggunakan AC.


Lemari Es



  1. Sebaiknya gantilah lemari es yang sudah berumur belasan tahun. Dalam kurun waktu 10 tahun, lemari es mengalami penurunan efisiensi sebesar 75%.
  2. Gunakan lemari es dengan teknologi mutakhir yang ramah lingkungan. Meskipun 5 – 15% lebih mahal, lemari es macam ini akan lebih hemat energi.
  3. Atur suhu ideal lemari es pada 2 – 4 derajat Celcius pada suhu ideal freezer pada suhu -17 sampai -15 dercel.
  4. Kurangi intensitas membuka pintu lemari es karena udara dari luar akan membuat lemari es bekerja ekstra. Asal tahu saja, hampir 7% energi terbuang jika pintu sering dibuka.
  5. Memasukkan makanan panas ke dalam lemari es akan menambah kerja lemari es.
  6. Bersihkan bunga es secara berkala. Bunga es yang menumpuk akan menghambar kinerja lemari es. Atau, Mama juga bisa memanfaatkan lemari es yang memiliki teknologi freezer tanpa bunga es.
  7. Isi lemari es secukupnya dan jauhkan dari sumber panas.

Nah, gimana, Ma? Mama masih sering lupa melakukan yang mana nih? Ayo, mulai sekarang ubah kebiasaan. Dan, Mama akan kaget betapa Mama bisa menghemat cukup banyak nanti di akhir bulan.

Mama punya tips lain? Ayo, sharing di kolom komen ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Beberapa Tips Sederhana Namun Jitu Ini Bisa Membantu Mama untuk Menghemat Listrik Setiap Bulannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar