Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

1.7K
Liburan sekolah masih tersisa. THR sudah habis. Jadi, gimana dong? Ya, liburan sekolah nggak mesti mahal kok, Ma!

Liburan sekolah masih panjang! Yang sudah mudik tapi masih ada sisa cuti, bisa lanjut menikmati. Yang sudah habis masa liburnya, ya selamat bekerja kembali. Tapi, anak-anak sekolah memang baru masuk lagi kurang lebih 2 minggu lagi.

Jadi, mau ke mana lagi nih?

Saat liburan sekolah nan panjang begini, anak-anak jelas harus dihibur. Bisa berabe juga kalau mereka bosan cuma di rumah nganggur. Ide usilnya keluar, bisa jadi malah nambah kerjaan Mama beres-beres lagi. Namanya anak-anak, energinya berlebihan jadi butuh tempat buat 'pelampiasan'. Hahaha.


BACA JUGA


Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan sekolah nan seru yang menyenangkan itu penting sebagai penyeimbang hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu ...

Read more..


Yah, liburan sekolah memang selalu identik dengan jalan-jalan, entah dengan tujuan dalam domestik, bahkan ke luar negeri. Ke mana pun destinasinya, liburan sekolah ya biasanya berarti harus ada dana khusus. Itu baru bicara biaya.

Belum lagi soal waktu alias timing, pun bisa jadi kendala. Kalau lagi pada libur semua begini ya gampang. Tapi, kadang anak-anak libur, namun kesibukan orang tua nggak bisa ikut libur. Bahkan nggak jarang load pekerjaan di kantor malah sedang tinggi-tingginya di masa liburan sekolah anak-anak. Atau seperti sekarang. Orangtua udah habis jatah cutinya, sementara anak-anak masih libur.

Jika kedua hal tersebut tidak bersahabat apakah artinya tidak liburan?

Dont' worry, ada banyak alternatif aktivitas yang masih bisa kita lakukan untuk mengisi sisa waktu liburan sekolah ini.

Berikut ini hal-hal yang bisa Mama lakukan dengan seluruh anggota keluarga jika keinginan untuk menikmati sisa liburan sekolah tahun ini sudah tidak berbanding lurus lagi dengan kondisi dompet dan waktu. Yah, THR kan udah habis ya, Ma. Hihihi.


4 Cara menikmati liburan sekolah tanpa biaya mahal

1. Berjalan Kaki Menikmati Suasana Kota


Liburan sekolah dengan jalan-jalan di kota.

Seringnya dengan kesibukan harian, kita jadi abai dengan sekeliling. Akibatnya kudet alias kurang update dengan perkembangan kota di mana kita tinggal. Kebiasaan menggunakan kendaraan bermotor dan mobil tanpa disadari juga melimitasi pandangan kita. Karena ketika duduk di atas kendaraan bermotor, kita cenderung mengarahkan pandangan ke depan saja. Kurang tengok ke kanan-kiri. Padahal ternyata banyak hal baru.

Pilih satu sudut kota favorit. Kemudian cobalah menyusuri ruas kota tersebut dengan berjalan kaki. Dari rumah, Mama bisa saja tetap memakai kendaraan untuk kemudian memarkir kendaraan di suatu tempat tak jauh dari titik yang dituju. Dari spot itulah Mama sekeluarga lantas berjalan kaki. Mama bisa saja melakukannya saat ada program Car Free Day.

Jangan lupa menghirup oksigen banyak-banyak saat jalan-jalan. Manjakan juga paru-paru Mama, selain mata Mama tentunya ya.

Dengan berjalan kaki, rasanya kita menjadi lebih interaktif dan tanggap dengan lingkungan. Ada waktu untuk memperhatikan hal-hal yang seringnya terlewati dalam keseharian. Dan sensasinya memang beda jika kita hanya melihat dari dalam mobil saja.

Dari jalan-jalan keliling kota ini, kita akan lebih tahu perkembangan kota. Hal apa yang hilang, apa yang bertambah, adakah yang berubah. Selain menambah wawasan, melihat hal baru ternyata menstimulasi anak dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terpikir sebelumnya.


2. Bersepeda


Liburan sekolah dengan bersepeda bersama seluruh keluarga

Selain jalan kaki, saya juga kadang bersepeda. Mama juga bisa melakukannya.

Yah, sayangnya sih kalau saya belum bisa melakukan kegiatan ini bareng seluruh anggota keluarga, Ma, mengingat si bungsu masih kecil. Dia belum paham mengendalikan sepedanya di jalan raya. Tepatnya sih, saya yang belum 'rela' melepasnya. Well, what can say, Mom is worrying too much.

Namun, kalau kondisi keluarga Mama memungkinkan, kegiatan bersepeda ini seru banget!

Sama seperti berjalan-jalan menikmati suasana kota, liburan sekolah bisa kita lewati dengan gowes santai begini.

Sambil gowes santai kita juga punya kesempatan untuk melihat-lihat pemandangan di sekitar lebih dekat. Untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda tersebut, biasanya saya sih memilih blusukan menjauhi jalan raya. Bisa menemukan landscape sawah dan gunung itu rasanya tak terkira deh.

Karena bersepeda jelas-jelas membutuhkan stamina yang lebih kuat dibandingkan berjalan, maka biasanya saya tentukan dahulu rute yang akan dilalui. Persiapan pun lebih saksama ya. Misalnya kita harus cek kondisi sepeda agar prima, membawa bekal kecil seperti air mineral, berikut safety gear seperti helm, pastikan juga kita mengenakan sepatu dan baju yang tepat sekaligus nyaman.


BACA JUGA


Di Antara 4 Tipe Liburan Keluarga Ini, Manakah yang Paling Cocok untuk Keluarga Mama? Pertimbangkan, Agar Benar-benar Enjoyable!

Di Antara 4 Tipe Liburan Keluarga Ini, Manakah yang Paling Cocok untuk Keluarga Mama? Pertimbangkan, Agar Benar-benar Enjoyable!

53% liburan keluarga membuat hubungan antar anggota keluarga semakin erat. (Sumber : takingthekids.com) Sebelum menentukan destinasi, cek ...

Read more..


3. Movie Date


Liburan sekolah dengan marathon film

Rasanya sih nggak ada yang nggak suka nonton ya, Ma. Apalagi dengan beragam genre film yang tersedia seperti sekarang ini. Banyak pilihannya.

Untuk kesempatan family movie date, pilihlah tontonan yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Biasanya movie date ini saya kombinasikan dengan makan malam atau makan siang bersama. Sambil menonton film, perut pun kenyang.

Kalau memang anak-anak sudah bisa diajak nge-date ke bioskop, maka bisa saja Mama ajak mereka menonton film di bioskop. Pastikan bahwa film yang ditonton cocok untuk ditonton oleh si kecil ya, Ma. Jangan sampai salah pilih film. Anak-anak diajak masuk ke theater yang muterin film dengan rate 18+. Waduh!

Kalau semisal si kecil belum bisa nonton di ruang gelap seperti di bioskop, atau nggak ada film yang cocok, ya jangan dipaksakan. Mama nonton saja di rumah. Nggak kalah serunya kok.


4. Stay at Home


Liburan sekolah dengan di rumah saja

The truth, this is my favorite ones. Nggak perlu bermacet ria, minus antre cari tempat parkir yang bisa membuat emosi jiwa.

Walau liburan sekolah hanya di rumah saja, namun banyak hal yang bisa dilakukan. Melahap koleksi buku yang belum sempat dibaca sambil mendengarkan musik kesukaan. Memberi sentuhan baru pada dekorasi rumah. Mencoba resep baru atau membuat penganan kesukaan anak-anak dan meminta bantuan mereka ketika memasaknya, suka juga saya lakukan. Atau bisa saja hanya sekadar leyeh-leyeh saja di sudut favorit.

Intinya mencoba menikmati rumah yang seringnya hanya jadi tempat transit di malam hari ketika digenggam kesibukan kerja.

Nggak perlu stres kalau rumah berantakan, Ma. Mama bisa ajak mereka untuk ikutan membereskan, bukan? Atur jadwal supaya mereka juga bergiliran beres-beres dan membersihkan rumah bersama Mama.


BACA JUGA


Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

Kebun binatang? Wow, itu wisata yang paling mengasyikkan buat si kecil lho, Ma! Agar ia tetap aman dan nyaman bermain sambil belajar di ...

Read more..


Nah, apakah masih berpikir liburan sekolah identik dengan menghabiskan banyak uang? Mama punya cara lain untuk menghabiskan sisa waktu liburan dengan murah meriah seperti di atas? Share di kolom komen ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ratna Amalia | @ratnaamalia

an independence project manager | content writer | owner www.mydairynote.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar