Ini Dia Beberapa Tips Memasak dan Mengolah Ikan yang Harus Mama Tahu

Ini Dia Beberapa Tips Memasak dan Mengolah Ikan yang Harus Mama Tahu

5.4K
I'm on seafood diet. Whenever I see food, I eat it.

Mama pasti sudah tahu, bahwa sebagai bahan makanan, ikan merupakan sumber protein hewani di samping daging dan ayam. Kandungan gizinya yang hampir sempurna menjadikan ikan pantas disajikan dalam urutan menu untuk keluarga. Nggak cuma itu saja, ikan pun mudah diperoleh di pasaran dalam berbagai jenis dengan harga yang relatif murah.

Untuk urusan masakan, ikan yang bisa diperoleh segar ataupun yang sudah diawetkan seperti misalnya ikan yang diasinkan, dipindang, dikaleng bahkan juga diasap, dapat diolah dalam bermacam-macam hidangan yang bervariasi dengan teknik pengolahan yang berbeda.

Nah, sebelum mulai memasak, Mama harus tahu dulu nih beberapa hal berikut mengenai ikan.


Cara Memilih Ikan


  • Ikan yang kita beli haruslah yang masih segar. Hal ini dapat dilihat dari ciri fisiknya. Perhatikan insangnya, warnanya haruslah merah segar dengan lendir yang normal. Aroma ikan masih segar, sisiknya kuat dan utuh serta tidak mudah terlepas.
  • Daging ikan yang masih kenyal menandakan ikan tersebut masih segar. Selain itu, ikan yang masih baik, jika dimasukkan ke dalam air akan tenggelam dengan cepat.
  • Agar tak salah membeli ikan bandeng, Mama perhatikan deh warna kulit di bagian punggung. Jika hitam sekali, pertanda bandeng sudah nggak segar lagi. Ikan bandeng yang segar tidak berbau tanah, dan insang bandeng mesti terbebas dari lumpur.


Cara Pengolahan


Hampir semua teknik pengolahan dapat dilakukan pada ikan. Hanya saja dengan teknik pengolahan yang tepat, rasa ikan akan lebih stand out.

  • Ikan yang berlemak dan utuh seperti ikan kakap lebih enak jika direbus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi bermacam hidangan. Untuk ikan yang kecil ataupun potongan ikan (fillet), paling enak jika dibakar ataupun digoreng.
  • Ada beberapa cara memotong ikan menurut dapur Eropa. Misalnya seperti 'la darne' yaitu potongan ikan berbentuk bulat sekaligus dengan tulangnya. 'La trocon', yaitu potongan ikan pipih dengan tulangnya. Ada juga 'fillet', yang sudah umum dikenal, yaitu potongan ikan tanpa tulang.
  • Fillet ini bentuknya juga banyak. Yang besar disebut 'la supreme', yang digulung rapi setelah difillet namanya 'la delice'. Juga ada 'la goujon', stup fillet ikan dengan ukuran 6 cm x 0.5 cm, dan 'la paupiette', semacam fillet ikan yang kemudian digulung lalu diikat dengan benang.


Hal-hal Lain Tentang Ikan yang Harus Mama Ketahui


  • Supaya ikan yang dimasak tidak anyir dan mempunyai rasa yang gurih, rendamlah ikan beberapa saat dalam larutan asam. Bisa memakai cuka atau air jeruk nipis atau beri irisan jahe.
  • Supaya tidak lengket di wajan, saat menggoreng ikan Mama bisa mengalasi wajan dengan daun pisang.
  • Agar ikan yang digoreng hasilnya bagus, pakailah minyak goreng yang banyak sampai ikan terendam. Baliklah ikan jika salah satu sisinya sudah kering betul.
  • Ikan segar yang akan disimpan, sebaiknya dibuang dulu isi perutnya. Begitu juga insangnya. Sehingga ikan akan tahan selama 3 - 4 hari dalam freezer.


Nah, selamat memasak ikan, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia Beberapa Tips Memasak dan Mengolah Ikan yang Harus Mama Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar