Mama Mau Membuka Usaha Online? 5 Langkah Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkannya!

Mama Mau Membuka Usaha Online? 5 Langkah Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkannya!

943
Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang di bayar. - Ridwan Kamil

Bagi seorang perempuan, memilih untuk berkerja atau mengabdikan diri kepada keluarga seutuhnya adalah suatu keputusan yang mungkin bisa dibilang nggak mudah. Ya, kan, Ma?

Bagaimana tidak, jika seorang perempuan memiliki ambisi untuk terus melanjutkan kariernya hingga pada suatu posisi yang diinginkan akan tetapi di sisi lain juga masih memiliki tanggungan yang harus dijaga selama sisa hidupnya. Mungkin sebagian perempuan ataupun ibu rumah tangga di muka bumi ini akan memikirkan bagaimana nasib keluarganya jika harus memasrahkan anak-anak mereka kepada orang lain. Dilema? Pasti. Ada yang alami hal ini nggak, Ma? Rasanya berat banget, ya.

Untuk hal ini keputusan utama tetap ada di tangan Mama, walaupun sudah berdiskusi dengan Papa sebelumnya. Setiap perempuan berhak memilih untuk bekerja di luar rumah, dengan konsekuensi sebagian waktu untuk keluarga akan berkurang. Atapun memilin 100% tinggal di rumah menghabiskan waktu 24 jam dengan keluarga tercinta. Akan tetapi, bagaimana jika Mama secara bersamaan bisa bekerja sekaligus mampu memantau dan menjadi bagian dari tumbuh kembang anak-anak? Pasti bisa dong, Ma! Karena nggak ada yang nggak mungkin untuk dilakukan selama Mama mampu, apalagi sekarang semuanya serba dimudahkan di era digital ini.

Berada di era digital ini memiliki segudang dampak positif bagi setiap penggunanya. Mama yang bekerja sebagai ibu rumah tangga pun bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil mengurus anak dan rumah. Segalanya telah dimudahkan dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini. Berbelanja cukup menggeser jari saja di layar ponsel, mau bayar pun nggak perlu rempong cari mesin ATM. M-banking, sms banking, internet banking bagaikan 'mantra abrakadabra' yang membuat segalanya mudah!

Bisnis yang menjanjikan saat ini bagi para ibu rumah tangga adalah bisnis online. Di mana, bisa Mama lakukan sambil beres-beres rumah, di sela main sama anak, ataupun selagi nonton serial tv favorit Mama. Semua berbekal 'geser jari' di layar ponsel saja lho, Ma! Mama hanya perlu bermodalkan ponsel, modem, laptop, memiliki internet banking atau m-Banking. Ciyus hanya itu saja? Yup! Lalu modal usaha? Inilah hebatnya usaha online, bisa dijalankan tanpa memiliki modal awal! Caranya? Simak terus, ya, Ma, artikel ini sampai habis.


Baca juga : 13 kekuatan berikut hanya dipunyai perempuan. Yang mana kekuatanmu?


Bagi Mama yang pengin memiliki usaha sampingan seperti online shop, berikut ini ada 5 langkah mudah yang bisa Mama lakukan untuk mewujudkannya.


1. Find your hobby, Ma!


Ini adalah hal utama yang wajib Mama lakukan! Dengan menemukan hobby akan memudahkan Mama untuk mengelola bisnis ini.

Coba list hal-hal yang suka banget Mama lakukan. Memasak? Menjahit? Crafting? Menggambar?

Jika Mama senang banget memasak, Mama bisa membuka usaha catering online. FYI, usaha ini lagi menjamur lho, Ma! Prospeknya cerah. Apalagi jika Mama menawarkan konsep : healthy food . Ataupun bisa juga Mama bikin catering bento untuk anak-anak, dijamin laris ini! Sekarang lagi hits tuh catering untuk diet mayo, wuiihhh harganya nggak murah tapi banyak juga yang cari.

Ataupun Mama yang hobi crafting, bisa tuh menjual pernak-pernik bayi seperti sepatu rajut, bandana, topi, sarung tangan dan lain-lain.

Mama pecinta fashion? Bisa tuh Mama menjual bermacam outwear, blouse, celana, cardigan. Atau menjual jilbab dengan bermacam model dan bahan.

Intinya, Mama menjual barang itu based on your hobby. Karena akan membuat Mama nyaman dan memudahkan Mama dalam menjalankannya.


Baca juga: Mama Punya Hobi Traveling dan Belanja? Yuk, Jadikan Bisnis yang Menjanjikan!


2. Dropship, reseller dan produk sendiri


Dalam dunia online shop dikenal adanya istilah reseller, dropship.

Dropship adalah salah satu sistem jual beli online di mana untuk menjalankan bisnis online ini, Mama nggak memerlukan modal sepeser pun karena menjalankan sistem ini, Mama nggak perlu menyetok barang. Jadi, yang Mama perlu lakukan hanyalah menawarkan informasi berupa foto plus keterangan produk dicaption. Apabila ada yang mau beli, Mama nggak perlu repot mengirimkannya karena hal itu akan dilakukan oleh pihak suplier.

Reseller adalah menjual kembali produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya. Intinya, Mama menyediakan barang yang sebelumnya sudah dibeli di suplier. Untuk ini Mama membutuhkan modal secukupnya. Biasanya sistem reseller ini Mama membeli dalam jumlah banyak atau grosir agar mendapatkan harga yang murah. Kelebihan sistem ini, Mama bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dibanding dropship. Sistem ini juga, Mama bisa merekrut droshipper untuk meningkatkan penjualan produk Mama.

Mama memiliki modal yang cukup? Bikin produk sendiri!

Ini sangat menyenangkan untuk dijalani karena banyak tantangan di dalamnya. Mama harus jeli melihat pasar, membandingkan harga terlebih dahulu, mencari jenis bahan yang kualitasnya bagus, menentukan desain dan sebagainya. Untuk langkah awal, Mama bisa produksi terbatas sambil melihat respon pasar. Untuk sistem ini, Mama harus pintar berinovasi dan mengelola keuangan.

Asiknya sistem bikin produk sendiri ini, Mama memiliki brand. Di mana, nantinya jika produk ini disukai Mama akan lebih dikenal dengan brand tersebut. Untuk ini, Mama harus punya tenaga ekstra dan jangan gampang menyerah!


Baca juga : Ini dia 7 profesi yang cocok banget untuk stay at home moms karena bisa dikerjakan dari rumah


3. Promosi, promosi dan promosi!

Promosi penting untuk dilakukan agar produk yang Mama jual dilirik oleh para calon konsumen.

Menjamurnya media sosial bisa Mama manfaatkan untuk promosi usaha. Dan sudah terbukti, promosi di media sosial itu sangat ampuh! Karena sekarang ini sebagian besar masyarakat memiliki segala akun media sosial dan menyukai untuk berbelanja online dengan alasan hemat waktu.

Media sosial mana yang banyak menjaring pembeli? Instagram dan Facebook!

Fenomena instagram ini luar biasa. Para penjual online memasarkan produknya di instagram ada yang dengan cara smooth dan 'rude'.

Untuk yang cara smooth ini bisa dilihat di feed, ya, Ma. Sekarang instagram memiliki fitur : promotion. Tentunya fitur ini berbayar. Nantinya online shop Mama akan muncul di layar feed. Cara smooth yang lain adalah memanfaatkan para selebgram sebagai 'brand ambassador' produk Mama. Marketing melalui selebgram ini terbukti meningkatkan penjualan. Hanya saja ada harga yang harus dibayarkan, itupun nggak sedikit.

Cara 'rude' yang sebaiknya Mama hindari adalah komen info produk di akun-akun pribadi ataupun di akun selebriti. Yakin deh, Ma, cara ini hanya akan mendapatkan cibiran dan nggak akan dilirik! Cara ini sama kayak nyepam kolom komentar. Dan ini tentunya nggak nyaman bukan?

Facebook juga terbukti ampuh dalam hal penjualan. Bisa Mama menggunakan akun pribadi untuk jualan ataupun memanfaatkan Fanpage Facebook. Khusus untuk fanpage, Facebook telah menyediakan marketing khusus untuk meningkatkan penjualan. Mama perlu membayar agar dapat memanfaatkan layanan ini. Jika Mama menggunakan layanan ini, biasanya fanpage Mama akan muncul di beranda pengguna facebook. Efektif juga karena, banyak yang akan klik untuk melihat produk yang ditawarkan.


Baca juga: Mau Bisnis Lebih Sukses Tahun Ini? Ini Dia 5 Hal yang Harus Diinvestasikan oleh Seorang Mompreneur!


4. Kelola Keuangan


Ini penting banget untuk Mama lakukan.

Walaupun online shop Mama itu sistem dropship, Mama harus memiliki pengaturan keuangan yang jelas. Catatan kecil-kecil saja untuk memantau seberapa banyak penjualan dan keuntungan yang telah Mama peroleh. Barangkali dari keuntungan tersebut bisa Mama mengembangkan usaha dengan bikin produk sendiri ataupun menjadi reseller.

Bagi Mama yang menjalankan bisnis sebagai reseller dan bikin produk sendiri, laporan keuangan itu harus ada walaupun dalam bentuk sederhana.

Dan perlu Mama ingat, dalam bisnis ini pisahkan anggaran rumah tangga dengan anggaran online shop agar pengeluarannya nggak tercampur dan nantinya bikin pucing pala barbie! Bisa saja keuntungan Mama gunakan untuk belanja rumah tangga, tapi harus Mama catat, ya! Perihal keuntungan sepenuhnya kembali ke Mama, mau digunakan untuk apa.


Baca juga: Modal Hanya Pas-Pasan? Tetap Bisa Membangun Bisnis Start-Up dengan 7 Tip Praktis Ini!


5. Be Unique, Be Different!

Berbeda dengan yang lain atau memiliki ciri khas tersendiri dalam suatu produk yang Mama jual adalah salah satu keunggulan pada online shop Mama. Karena dengan memiliki ciri khas yang nggak dimiliki oleh yang lain, online shop Mama akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

Khusus untuk Mama yang memilih jalur : bikin produk sendiri, salah satu yang bisa Mama lakukan untuk menjadi beda dan unik dari yang lain adalah desain, packaging dan servis.


Baca juga : Pertahankan bisnis online shop Mama dengan 4 trik mudah dan sederhana berikut ini!


Gimana, Ma, nggak ribet kan untuk memulai usaha online shop? Bisnis ini memang sangat menjanjikan agar Mama bisa mandiri secara finansial. Banyak lho, Ma, yang sukses dengan usaha ini.

Tertarik untuk bisnis online? Yuk, Ma, dimulai dari sekarang!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mama Mau Membuka Usaha Online? 5 Langkah Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rusydina Tamimi | @rusydinat

Silahkan login untuk memberi komentar