Sering Merasa Nggak Percaya Diri dengan Penampilan? Coba Temukan Personal Style Kita Yuk!

Sering Merasa Nggak Percaya Diri dengan Penampilan? Coba Temukan Personal Style Kita Yuk!

5.9K
Gaya adalah sebuah kepercayaan diri yang muncul tanpa paksaan dari dalam diri kita. ~ Diane Von Furstenberg

Sering lihat Kate Moss selalu muncul di setiap halaman majalah? Bahkan sering pula sering dipilih sebagai public figure dengan outfit terbaik. Yes, selera berpenampilan Kate Moss memang terkenal sangat stylish dan up to date, dan ini membuatnya kerap menjadi sumber inspirasi bagi hampir seluruh perempuan di dunia. Kalau diperhatikan lebih dekat, Kate Moss selalu punya gaya personal yang selalu muncul dalam setiap penampilannya.

Tak hanya Kate Moss sih, tapi ada beberapa selebriti dunia lain yang punya personal style yang sangat bold hingga dengan mudah dikenali, dan menjadi inspirasi pergerakan fashion dunia. Sebut saja Nicole Richie, si Kembar Olsen, dan masih banyak lagi yang lain. Bahkan kita sering juga terkagum-kagum dengan personal style Lady Gaga yang sangat out of the box, yang kadang tampak aneh tapi entah kenapa jadi asyik saat dia kenakan.

Diane Von Furstenberg mengatakan, “Gaya adalah sebuah kepercayaan diri yang muncul tanpa paksaan dari dalam diri kita. Cara ini akan menempatkan diri kita sesuai dengan suasana hati dan pesan apa yang ingin kita sampaikan.” Dengan kata lain, gaya fashion personal merupakan ungkapan ekspresi diri. Betul, Ma?

Well, memang tak semudah itu untuk dapat mengikuti aksi para selebriti tersebut ya, Ma.Tapi, kalau memang Mama pengin punya personal style fashion seperti mereka ala Mama sendiri, itu juga bukannya nggak mungkin, meski barangkali menjadi tantangan tersendiri ya, Ma. Keuntungannya apa sih, kalau Mama sudah bisa memutuskan dan punya personal style sendiri? Mama tidak akan terlalu terpengaruh dengan trend-trend sesaat, dan Mama nggak akan menjadi korban mode karena sudah percaya diri dengan personal style Mama sendiri.

Lalu, bagaimana cara mencari personal style yang cocok untuk diri kita sendiri gini ya? Rocking Mama punya tipsnya nih, Ma. Coba kita lihat yuk.


1. Ciptakan mood board Mama sendiri


Photo via Piz New Zealand

Perbanyak referensi, Ma. Mama bisa melihat-lihat dari buku, majalah ataupun artikel-artikel yang banyak terdapat di internet. Lalu coba membuat sebuah buku style atau mood board. Kumpulkan style-style yang kira-kira cocok dengan selera Mama. Tempelkan setiap gambar pilihan yang Mama anggap mampu mewakili karakter Mama tersebut. Gambar-gambar itu bisa berupa lukisan, motif kain, foto dari era mode tertentu, foto aktris dan sebagainya.

Setelah semua terkumpul, Mama perhatikan lagi deh. Kali ini dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya satu dua minggu atau satu dua bulan terus menerus. Mama pasti akan merasa bosan dengan gambar atau style tertentu, dan merasa tetap suka dengan gambar atau style yang lain. Nah, itu dia, Ma, style itulah yang cocok buat Mama.


2. Eksplor dan coba


Jangan takut untuk bereksperimen. Ada banyak hal yang bisa Mama mix and match bahkan dari busana-busana lama Mama. Tak selalu harus membeli baju yang baru ya.

Dari referensi-referensi yang sudah Mama kumpulkan, bisa jadi Mama tahu bahwa motif yang bertabrakan itu fine-fine saja asalkan punya tone warna yang sama. Atau penampilan yang ‘ramai’ itu oke-oke aja dilihat, kalau memang cocok dengan kondisi tempat yang sedang didatangi. Catat pula, bahwa baju model A akan membuat tubuh Mama tampak lebih tinggi, sedangkan baju model B akan membuat Mama tampak lebih gendut. Dan lain-lain.


3. Buat checklist


Tanyakan pada diri Mama sendiri beberapa pertanyaan berikut: Busana apa yng membuat Mama terlihat glowing? Kapan Mama mendapat pujian dari teman-teman mengenai penampilan Mama? Warna dan bahan apa yang Mama sukai? Item mana saja yang sering Mama pakai, yang membuat Mama nyaman? Kesan apa yang ingin ditonjolkan saat berbusana?

Seluruh jawaban dari checklist Mama tersebut, akan dapat membantu Mama untuk membentuk dan menggambarkan suatu gaya yang Mama sukai.


4. Temukan style icon dan inspirasi Mama


Photo via Vogue

Dengan mempunyai idola dalam urusan fashion style, kita pun akan lebih mudah mengetahui apakah suatu produk bakalan cocok dengan karakter kita atau nggak. Misalnya nih, Ma, idola Mama adalah Alexa Chung. Saat Mama bingung memilih high heels, coba bayangkan seandainya Alexa Chung yang memakainya. How will she look like? Hmmm. Pilih yang tampaknya paling cocok dikenakan oleh Alexa Chung.

Rasanya Mama seperti mempunyai sahabat yang super stylish lho, Ma, kalau caranya begitu. Sahabat yang bakalan bisa kasih saran yang paling baik buat kita. Meski hanya dalam imajinasi. Huhuhu.


5. Make an effort!


Photo via Elle

Ketika Mama harus datang ke suatu acara, pasti akan ada usaha untuk tampil total. Iya nggak, Ma?

Jadi, jangan pernah merasa malas untuk siap-siap, Ma. Sisakan sedikit energi untuk menyiapkan semuanya, terutama untuk urusan penampilan. Kalau penampilan Mama dipersiapkan dengan lebih baik, kepercayaan diri Mama juga akan meningkat lho, sehingga Mama pun akan punya mood yang baik sepanjang hari.


Baca juga: Sering Mengenakan Salah Satu dari 6 Produk Trend Fashion Berikut Ini? Hati-hati, Karena Bisa Membahayakan Kesehatan!


Nah, sebelum Mama menemukan identitas Mama dalam berpenampilan, tunggu dulu, Ma. Ada beberapa hal juga nih yang harus menjadi pertimbangan.

  • Sesuaikan hal ini dengan bujet Mama. Tak perlu menghabiskan uang terlalu banyak dan jadinya jor-joran demi mengejar mode. Justru pergunakan kesempatan ini untuk tidak menjadi korban mode sesaat yang mungkin bakalan Mama sesali nantinya. So, akan lebih baik jika Mama memilih style yang long lasting dan bisa di-mix and match, daripada membeli sesuatu yang hanya bersifat seasonal.
  • Cocokkan dengan bentuk tubuh Mama. Jika Mama bertubuh mungil, pilih icon style yang juga berpostur kurang lebih sama, begitu juga jika tubuh Mama mempunyai ukuran extra large. Sesuaikan juga ya, Ma. Karena, yakin deh, Mama nggak akan pernah terlihat cantik jika sampai salah memilih role model. Jadi, mengerti dan menyadari proporsi tubuh sendiri itu penting ya, Ma.
  • Pertimbangkan umur. It’s ok untuk tampak selalu muda meski umur Mama sudah matang. Tapi nggak berarti juga Mama bisa bergaya bak teens kan, hanya karena Mama melihat barang-barang teens yang tampak cute di majalah. Lagipula, gaya masing-masing pribadi akan berkembang seiring waktu. Jadi, berkembanglah sesuai usia Mama.
  • Buatlah batasan Mama sendiri dalam berpenampilan, berdasarkan selera, tipe tubuh dan mood. Misalnya nih, Ma, saya hanya akan memakai celana low waisted. Atau saya selalu memakai high heels. Hal ini akan membuat Mama mudah mengambil keputusan saat sedang memilih penampilan seperti apa yang Mama inginkan.
  • Mempunyai signature style memang penting, karena dengan demikian Mama akan mempunyai identitas diri dalam bergaya, dan akan terlihat lebih stand out dibandingkan dengan yang lain.

So, gimana, Mama? Sudah siap mencari personal style Mama sendiri agar Mama bisa tampil lebih maksimal setiap waktu? Karena penampilan prima akan mampu mengatrol kepercayaan diri Mama, yang akan berakhir Mama semakin mencintai diri sendiri.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sering Merasa Nggak Percaya Diri dengan Penampilan? Coba Temukan Personal Style Kita Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar