Mau Awet Muda? Nggak Perlu Operasi Plastik, Cukup dengan 9 Tips Sederhana Ini!

9 Tips Sederhana Rahasia Awet Muda

Mau Awet Muda? Nggak Perlu Operasi Plastik, Cukup dengan 9 Tips Sederhana Ini!

2.7K
Live your life and forget your age!

Semua perempuan pasti ingin selalu awet muda, termasuk kita ya, Ma. Berapa pun usia kita, penginnya sih kita selalu tampak lebih muda dari usia kita sebenarnya. Siapa hayo yang suka ngaku masih 17 tahun? Asal bukan 17 tahun kabisat saja sih.

Yes, walau ada yang jujur tentang usia, namun ada juga yang menyembunyikannya. Saya sendiri sih selalu merasa muda dan *ehem* memang banyak yang bilang saya awet muda. Mungkin karena postur saya yang mungil.

Padahal saya nggak pernah ikut program apa-apa lho. Nggak ikut program kecantikan yang berjuta-juta itu, apalagi operasi plastik. Duh, jangan pernah ya, Ma. Seaman apa pun pasti deh ada efek sampingnya. Menurut saya nih, Ma, setiap perempuan bisa kok terlihat muda dan bisa tetap awet muda dengan cara yang sederhana. Cara yang alamiah yang sebetulnya bisa dilakukan oleh semua perempuan.

Nah, Mama, di bawah ini ada beberapa tips ala saya nih, Memang sih, saya sendiri juga merasa belum 100% menerapkannya. Tapi di tahun ini, khususnya, saya berjanji untuk lebih disiplin dan lebih berusaha mengatur pola hidup sehat.

Well, apa saja sih tips-nya ya? Ini dia.


1. Menerima diri sendiri


Sudah rahasia umum ya, Ma, kalau perempuan itu gemar membandingkan diri sendiri dengan perempuan lain. Apakah kulitnya, bentuk wajahnya, tingginya, pintarnya, jodohnya, anaknya dan lain sebagainya.

Padahal membandingkan diri sendiri seperti ini justru membuat kita tak pernah bisa percaya diri lho, Ma. Kunci utama harus yakin jika setiap orang itu punya kelebihan dan kekurangan, termasuk kita. Jadi terima apa yang sudah kita miliki maka kita bisa membangun rasa percaya diri, bahwa kita punya kelebihan dan kekurangan. Saat kita punya kelebihan, hal itu nggak akan membuat kita sombong. Saat kita menyadari kekurangan, maka kita juga nggak lantas minder.

Dua penyakit hati itu tuh, Ma, sombong dan minder, akan memengaruhi pola pikir dan aura di wajah kita. Bahkan ternyata juga mempengaruhi struktur kulit, Ma, dan bisa membuat kulit kita menua. Jadi jika kita menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri, maka secara tidak langsung akan membuat kita merasa nyaman. Dan itu akan memperlambat proses penuaan.


2. Buang semua hal negatif


Dalam hidup ini, siapa sih yang nggak punya masalah? Semua orang punya pastinya ya. Kalau besar kecilnya masalah, itu tergantung bagaimana kita memandangnya. So, jika ada masalah jangan terlalu lama memikirkannya. Cari solusi segera, lalu jangan jadi beban pikiran. Ini juga termasuk jika solusi itu membutuhkan waktu untuk penyelesaiannya. Jalani saja, Ma, sebagai bagian dari perjalanan hidup. Kita nikmati manis dan pahitnya hidup bagai menikmati siang dan malam. Jangan simpan segala hal yang berbau negatif dalam pikiran kita. Kalau kita bisa melakukannya, niscaya deh, aliran darah kita selalu mengalir lancar dan akan membuat kulit, wajah dan tubuh kita tetap segar.


3. Ringankan hati dan gembirakan diri


Ada pepatah, sumber penyakit itu ada dalam hati.

So, selalu berusahalah untuk melapangkan hati, Ma. Jangan simpan terlalu lama segala hal yang tidak menyenangkan dalam hati. Jika sedih, marah, sakit hati ataupun terluka segera hapus. Hapus semua hal yang nggak menyenangkan.

Bagaimana caranya? Menangislah sejenak, Ma.

It's always ok to cry, karena bisa menumpahkan segala emosi yang ada dalam hati. Setelah puas menangis, kita harus segera menata hati dan diri. Kita berhak bahagia, Ma. Maka gembirakan diri dengan berbagai hal baik yang bisa kita syukuri. Dengan cara itu, kita lantas akan merasa malu kalau sedih berlarut-larut, karena sesungguhnya masih banyak hal yang membahagiakan kita.

Fokuslah di situ maka hati akan terasa ringan. Hati yang ringan akan membuat wajah kita selalu terlihat cerah.


4. Aktif


Ya, Mama, carilah kegiatan baik jika Mama adalah ibu bekerja ataupun ibu rumah tangga. Kegiatan di luar tugas sebagai istri dan ibu, dan juga pekerja. Berbagai penelitian membuktikan jika wanita membutuhkan kesibukan di luar tugasnya sebagai istri dan ibu. Otak kita yang aktif bekerja akan membuat diri kita jauh merasa lebih bahagia. Jadi, Ma, beraktivitaslah, kerjakan sesuatu yang bermanfaat.


5. Bergaul


Kita butuh berbincang, berbagi, ngobrol, dan tertawa lepas. Semua itu akan menjadi katarsis bagi alam bawah sadar kita. Melepaskan segala sampah hati dan otak. Carilah sahabat, teman atau ikutlah berbagai kegiatan. Apakah kegiatan keagamaan, komunitas atau sekadar arisan. Lakukan dengan rutin, minimal 1 x dalam sebulan. Hal ini akan menyehatkan diri kita dan berpengaruh terhadap proses penuaan kulit dan tulang.


6. Me time


Sesekali lakukan sesuatu sendiri saja, apakah sekadar belanja kebutuhan pribadi (ini tidak termasuk belanja bulanan ya, Ma! ) ke salon atau window shopping. Waktu me time ini akan menjadi relaksasi bagi diri kita. Lakukan kegiatan apa saja yang membuat kita merasa nyaman.


7. Pola hidup sehat


Secara umum saja, mempunyai pola hidup sehat berarti menjaga asupan nutrisi, istirahat yang cukup, banyak olahaga dan menjaga kesehatan secara umum. Cari, dan terapkan apa yang cocok bagi diri Mama. Tidak perlu diet ketat yang bikin tersiksa, tapi akan lebih baik kalau Mama mengatur semua dengan baik dan secukupnya. Makan enak juga perlu, sesekali kan kita perlu ya, memanjakan diri. Mau minum kopi, susu atau teh. Apa yang kita sukai asal semua tidak berlebihan.


8. Pencapaian diri


Tengok kembali impian Mama. Mempunyai impian itu menumbuhkan semangat, Ma. Percaya nggak?

Jangan pernah merasa terlambat untuk mencapai impian. Kejarlah dan nikmati prosesnya. Impian ini membuat kita tetap bergairah dan itu berpengaruh terhadap kesehatan fisik kita.


9. Perawatan diri


Rawatlah diri dengan baik. Jaga kebersihan diri, pakai parfum, maskeran, sesekali luluran, atau spa ala putri keraton dari ujung kaki hingga kepala. Sebulan sekali dipijat untuk melancarkan peredaran darah. Saat ini banyak salon spa yang terjangkau atau bisa dilakukan sendiri di rumah.


Begitulah tips-nya ya,Ma. Mudah atau sulit tergantung kemauan. Jika kita mau, pasti mudah dan bisa. Menjadi awet muda itu menyenangkan.

Semoga bermanfaat ya! Selamat bersenang-senang, Mama!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Awet Muda? Nggak Perlu Operasi Plastik, Cukup dengan 9 Tips Sederhana Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


DekaAmalia Ridwan | @dekaamalia

Writer, Writing Trainer & Book Publishing Consultant

Silahkan login untuk memberi komentar