Pendidikan di Sekolah Bukan Hanya Tanggung Jawab Guru - Yuk, Bantu Proses Belajar Si Kecil dengan 5 Hal Berikut Ini!

Pendidikan di Sekolah Bukan Hanya Tanggung Jawab Guru - Yuk, Bantu Proses Belajar Si Kecil dengan 5 Hal Berikut Ini!

2.2K
Pendidikannya di sekolah nggak cuma menjadi tanggung jawab guru. Justru kitalah yang harus tetap bertanggung jawab penuh pada proses pembelajaran si kecil.

Sebagai orang tua si kecil, Mama adalah orang pertama kali yang mendidik anak-anak Mama, bahkan sejak masih menjadi janin dalam kandungan bukan? Masih ingat kan, gimana Mama berusaha memperdengarkan musik-musik klasik itu pada anak-anak Mama dengan headphone yang ditempelkan di perut? Ya, itulah stimulasi otak pertama yang sudah Mama lakukan pada mereka.

Lalu, apakah Mama sering mendengar ungkapan "It takes a village to raise a child" , Ma?

Ungkapan itu rasanya benar adanya. Orang tua tak bisa sendirian untuk bisa mendidik dan membesarkan seorang anak. Mereka membutuhkan bantuan banyak orang untuk melakukannya. Kakek, nenek, seluruh keluarga besar, lingkungan sekitar tempat tinggal, dan tentu saja, guru-guru di sekolah.

Memang untuk bisa sukses mendidik anak, diperlukan kerja sama antara banyak pihak. Bagaimanapun pendidikan karakter memang dimulai dari rumah, sedangkan pendidikan sosialisasi dimulai dari lingkungan rumah tinggal, dan kemudian pendidikan akademis dimulai dari sekolah.


BACA JUGA


Inilah 12 Potret Perjuangan Anak-anak Sekolah dari Seluruh Penjuru Dunia sebagai Gambaran Mahalnya Pendidikan Kita!

Inilah 12 Potret Perjuangan Anak-anak Sekolah dari Seluruh Penjuru Dunia sebagai Gambaran Mahalnya Pendidikan Kita!

Sekolah dan sistem pendidikan kita masih mahal! Nggak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia

Read more..


Nah, khususnya untuk pendidikan akademis di sekolah nih, Ma, apakah orang tua juga lantas bisa menyerahkan sepenuhnya pada guru-guru di sekolah? Nggak pastinya, ya. Guru di sekolah juga pasti dan akan tentu merasa terbantu banget saat ada keterlibatan orangtua dalam proses pendidikan akademis ini.

Lalu, dalam bentuk apa saja sih, keterlibatan yang dibutuhkan oleh pihak sekolah dari para orang tua, seperti kita ini?

Coba kita lihat yuk, Ma.


5 Hal yang bisa Mama lakukan untuk membantu si kecil dalam proses pembelajaran akademisnya di sekolah


1. Membaca untuk anak


Langkah awal untuk mengenalkan berbagai hal pada anak adalah dengan membacakan banyak buku untuk mereka dengan suara yang keras setidaknya tiga kali dalam seminggu, Ma. Mulailah sedini mungkin.

Ya, sejak mereka bayi, Mama sudah harus membiasakan mereka membaca. Hal ini akan memancing anak untuk ingin tahu lebih banyak, dan bisa membangkitkan kecintaan mereka pada buku.

Pastinya hal ini akan bisa membantu mereka saat harus belajar di sekolah, karena bagaimanapun, materi pelajaran masih disampaikan melalui buku-buku meski sudah dikombinasikan pula dengan media lain.


2. Berkenalan dengan guru di sekolah


Ya, para guru di sekolah pasti akan senang sekali kalau bisa berkenalan dengan Mama. Mintalah kontak pribadi mereka, Ma, seperti nomor ponselnya atau emailnya. Sempatkan untuk mengobrol kapan pun Mama ada waktu, sekadar menanyakan kemajuan pendidikan si kecil, misalnya, atau menanyakan apakah ada yang bisa Mama lakukan untuk membantu proses pembelajaran si keci, atau mungkin ada kesulitan yang harus mereka hadapi.

Meski Mama pasti sudah sangat tahu karakter si kecil, tapi guru di sekolah si kecil adalah yang paling tahu bagaimana progress yang telah dia jalani selama di sekolah. Meski memang pendidikan formal dijalankan oleh bapak atau ibu guru, namun tentunya tanggung jawab pendidikan utamanya tetap berada di tangan Mama kan?

Jadi, pasti akan lebih baik, jika kondisi pendidikan si kecil di sekolah sinkron dengan apa yang diajarkan Mama di rumah. Untuk itu, kerja sama dengan bapak ibu guru itu sangat penting.


BACA JUGA


Pengin Membantu Anak Belajar? Kita Harus Tahu Inti dari Pelajarannya di Sekolah Dulu!

Pengin Membantu Anak Belajar? Kita Harus Tahu Inti dari Pelajarannya di Sekolah Dulu!

Membantu anak belajar menjadi PR tersendiri bagi orangtua. Anak-anak ujian, orangtua tak ketinggalan ikut belajar. Namun, jika kita bisa ...

Read more..


3. Mendorong terjalinnya persahabatan di luar jam sekolah


Seringkali anak-anak nggak mempunyai waktu yang cukup untuk bermain bersama teman-teman sekelas pada saat jam sekolah berlangsung.

Nah, di sinilah peran orangtua diperlukan untuk mendorong anak agar mereka bisa menjalin persahabatan juga di luar jam sekolah dengan teman-teman sekolahnya.

Lakukan hal ini misalnya dengan mengadakan playdates, ekstrakurikuler bersama, atau kegiatan lain setelah jam sekolah. Mama bisa mengoordinasikannya dengan sesama orangtua yang lain ya, Ma.


4. Terlibat Langsung dalam kegiatan-kegiatan di sekolah


Ini juga penting banget nih, Ma. Mama bisa mengajukan diri untuk menjadi pengurus Komite Orangtua/Wali Murid, sehingga bisa ikut terjun langsung dalam proses pendidikan di sekolah, ikut menjadi panitia saat ada kegiatan sekolah, atau menghadiri setiap pertemuan yang diadakan oleh sekolah dengan para orangtua.

Jika Mama bekerja 9 - 5 di kantor, dan ternyata kebetulan pertemuannya diadakan di siang hari, usulkan saja agar pertemuan dipindah waktunya ke malam hari, atau mungkin di akhir pekan, agar Mama tetap dapat menghadirinya.

Jika si kecil harus tampil di sebuah malam pementasan, misalnya, usahakan untuk datang dan menyaksikannya. Jika dia ikut bermain di klub sepakbola sekolah dan akan bertanding, datanglah juga ke arena untuk memberinya dukungan.


5. Mengulang pelajaran bersama di rumah


Selalu sempatkan waktu untuk mengulang pelajaran sekolah di malam hari bersama si kecil ya, Ma. Jangan biarkan dia belajar sendirian. Setidaknya Mama harus ada di sampingnya, membantunya mempelajari hal-hal baru yang tadi siang disampaikan oleh guru kelasnya.

Tak hanya itu, Mama juga bisa mengajarkan hal-hal lain yang nggak mungkin dilakukan oleh guru sekolahnya. Misalnya, ajak dia membuat kue bersama. Dalam proses membuat kue itu, Mama bisa mengajarkan padanya mengenai cara menakar bahan-bahan kue, menghitung, dan juga berlatih kesabaran.

Atau hal lain yang dapat Mama lakukan bersama-sama. Selain mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak, hal ini tentu akan mempermudah si kecil dalam belajar.


BACA JUGA


Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!

Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!

Tidak lama lagi liburan anak sekolah akan berakhir. Anak-anak kita akan kembali belajar di sekolah. Yuk, siapkan sejak sekarang

Read more..


Ketika Mama terlibat dengan pendidikan di sekolah secara langsung, maka Mama telah menjadi bagian dari kesuksesan si kecil nantinya. Selain itu, guru juga akan berterima kasih pada Mama karena pekerjaannya menjadi lebih ringan, dan suatu hari, anak-anak pasti akan juga berterima kasih pada Mama.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pendidikan di Sekolah Bukan Hanya Tanggung Jawab Guru - Yuk, Bantu Proses Belajar Si Kecil dengan 5 Hal Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar