Tips Yoga di Rumah - Pose-Pose Yoga untuk Memperbaiki Keseimbangan Tubuh yang Bisa Mama Lakukan Sendiri Kapan Pun

Tips Yoga di Rumah - Pose-Pose Yoga untuk Memperbaiki Keseimbangan Tubuh yang Bisa Mama Lakukan Sendiri Kapan Pun

3.4K
Tips yoga di rumah untuk pemula ini bisa Mama lakukan sendiri, tanpa perlu ke gym atau ke tempat latihan khusus lain. Yuk, sehat mulai sekarang!

Mama baru saja mulai ikutan yoga? Kalau iya, tips yoga di rumah ini mungkin akan bermanfaat buat Mama.

Yoga pada dasarnya adalah soal keseimbangan tubuh, Ma. Menguasai pose yoga yang fokus pada keseimbangan adalah salah satu cara untuk memperbaiki distribusi berat badan Mama, sekaligus juga membangun kekuatan, stabilitas dan keselarasan tubuh.

Coba deh, amati sepatu Mama. Apakah salah satu sepatu tampak lebih aus ketimbang yang lain? Kalau iya, berarti distribusi berat badan Mama kurang seimbang. Begitu pula dengan postur tubuh. Apakah Mama lebih sering duduk membungkuk? Dengan yoga, maka Mama bisa memperbaiki kebiasaan Mama tersebut sehingga tulang-tulang Mama pun lebih kuat.

Dan, yoga bisa banget dilakukan di mana pun, Ma. Nggak harus datang ke gym, atau ke tempat khusus lainnya. Mama bisa melakukannya sendiri di rumah.


BACA JUGA


Inilah 5 Gerakan Yoga yang Populer Saat Ini dan Bisa Mama Lakukan di Rumah!

Inilah 5 Gerakan Yoga yang Populer Saat Ini dan Bisa Mama Lakukan di Rumah!

Gerakan yoga akhir-akhir ini sering banget menghiasi time line media sosial kita. Nggak ada salahnya sih kita melakukan gerakan yoga ...

Read more..


Rebecca Weible, pemilik dan direktur Yo Yoga! Studio di New York City ini, dengan senang hati berbagi tips yoga di rumah dengan Mama, dan semua gerakan yoga yang direkomendasikannya ini berfokus pada perbaikan keseimbangan tubuh yang paling dasar.

So, karena merupakan gerakan paling dasar, seharusnya sih tips yoga di rumah dari Rebecca ini pun dapat Mama ikuti dengan baik. Rebecca menyarankan, jika memang kita masih kesulitan menyeimbangkan tubuh melalui tips yoga di rumah darinya ini, kita bisa menggunakan dinding ataupun kursi sebagai alat bantu.

Yuk, kita lihat, Ma.


5 tips yoga di rumah dari Rebecca Weible

1. Tricky Kitty

Tips yoga di rumah untuk pemula ini merupakan pengembangan dari pose yoga berdiri, seperti tree pose atau Warrior III. Rebecca merekomendasikan pose ini karena lebih dekat dengan tanah, dan tubuh kita pun bisa segera "dipaksa" untuk menemukan keseimbangannya.

Caranya, posisi merangkak dengan pinggul, lengan dan bahu tegak lurus dengan lantai. Saat menarik napas, serentak gerakkan kaki kanan lurus ke belakang dan tangan kiri lurus arah bahu. Usahakan posisi tangan, kepala, punggung, dan kaki membentuk garis lurus ya.

Fokuskanlah mata pada satu titik di lantai di bawah Mama, dan jaga supaya dada Mama terangkat dan terbuka. Saat mengembuskan napas, pelan-pelan turunkan kaki kanan dan tangan kiri ke posisi miring ke arah lantai.

Ulangi gerakan yang sama di sisi lain.


2. Tree Pose

Tips yoga di rumah berikutnya dari Rebecca adalah melakukan tree pose, yang akan menguatkan otot inti tubuh kita sehingga selaras dari kepala hingga ke ujung kaki.

Posisi tangan pada pose mudra ini bukan untuk tujuan estetika semata lho, Ma, tapi pose ini dapat membantu kita menjaga dada tetap terbuka, tidak membungkuk, sehingga kita pun bisa berdiri dengan tegak dan seimbang.

Jika Mama masih kesulitan, Mama tak perlu terlalu tinggi menekuk kaki. Cukup sandarkan telapak kaki pada betis saja, dan nggak lebih tinggi dari lutut. Yes, begitu saja sudah cukup, Ma.

Caranya, berdirilah dengan mountain pose (tadasana), kaki terpisah selebar pinggul, tangan berada di masing-masing sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian, mulailah menggeser berat badan Mama ke kaki kanan dan tekuk lutut kiri.

Perlahan sandarkan telapak kaki kiri di kaki kanan, tekan dengan jari-jari kaki yang mengarah ke bawah. Bawa tangan membentuk posisi mudra, tangkupkan telapak tangan kanan dan kiri di depan dada. Fokuslah pada satu titik di depan Mama, tahan selama 2 atau 3 kali napas sebelum menurunkan kaki kiri kembali ke lantai.

Ulangi gerakan yang sama pada sisi yang lain.


BACA JUGA


Butuh Instruktur Yoga, Ma? Barangkali 25 Binatang Ini Bisa Menjadi Alternatif Pilihan!

Butuh Instruktur Yoga, Ma? Barangkali 25 Binatang Ini Bisa Menjadi Alternatif Pilihan!

Mama suka yoga?Sudah bisa melakukan tree pose? Warrior pose? Atau sudah mahir melakukan standing split dan headstand?Belum? Hmmm ... ...

Read more..


3. Eagle Pose

Tips yoga di rumah berikutnya adalah melakukan eagle pose, yang dapat membantu melonggarkan sendi untuk keseimbangan dan meningkatkan mobilitas tubuh.

Rebecca mengatakan, bahwa seiring bertambahnya usia, keseimbangan tubuh kita pun mulai berubah. Namun eagle pose ini bisa membantu kita untuk lebih baik dalam menyeimbangkan tubuh supaya mencegah jatuh. Pose ini memaksa kita untuk menjaga pinggul supaya tetap lurus. Bahkan saat kita menyeimbangkan satu kaki pun, kita tetap stabil.

Caranya, berdiri dengan mountain pose (tadasana) dengan kaki terpisah selebar pinggul, tangan lurus di masing-masing sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke depan. Pastikan jari-jari kaki di kaki kokoh menapak di atas lantai.

Tekuk lutut dan pinggul sedikit, seperti mau duduk. Angkat kaki kanan, silangkan di depan kaki kiri. Jika memang Mama nggak kesulitan, selipkan sisi atas telapak kaki kanan ke belakang kaki kiri.

Angkat tangan sejajar bahu, lalu silangkan tangan kanan ke bawah tangan kiri. Lalu kaitkan seperti yang bisa Mama lihat pada foto di atas. Jaga pinggul agar tetap stabil ya, Ma. Juga dada yang terangkat dan terbuka sehingga kepala, bahu dan pinggul Mama sejajar.

Lepaskan lengan dan kaki Mama, dan ulangi gerakan yang sama di sisi lain.


4. Warrior III

Rebecca menyarankan, jika memang Mama masih pemula, Mama tak perlu mengangkat kaki ke belakang terlalu tinggi, Ma, untuk tips yoga di rumah berikutnya ini. Mama bisa mengangkat agak lebih rendah, membentuk sudut 45 derajat, namun selalu usahakan agar punggung Mama tetap lurus dengan kaki.

Caranya, posisikan kaki kanan agak lebih ke belakang dari kaki kiri. Pastikan Mama menapak lantai dengan sempurna ya. Tekuk kaki kiri sedikit,

Lalu, secara bersamaan. luruskan kaki kiri Mama dan angkat kaki kanan yang ada di belakang. Jaga supaya tubuh tetap seimbang dan lurus ya, Ma.

Bayangkan kaki kanan Mama menekan dinding di belakang Mama. Jika memungkinkan, posisikan kaki kanan selaras dan lurus dengan pinggul dan punggung, sehingga sejajar dengan lantai. Posisikan tangan dalam pose mudra, dan tahan selama 2 atau 3 kali napas. Kemudian kembalilah ke posisi semula.

Ulangi gerakan yang sama pada sisi yang lain.


5. Dancer's Pose


Kunci untuk tetap seimbang dalam tips yoga di rumah berikutnya ini adalah dengan menjaga pinggul tetap lurus, bahkan saat Mama membuka pinggul.

Karena nantinya lengan kita akan menahan kaki yang terangkat, maka adalah penting untuk menjaga agar dada tetap terbuka dan seimbang.

Caranya, berdiri dalam mountain pose (tadasana) dengan kaki terpisah selebar pinggul, tangan di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke depan. Mulailah menggeser berat badan Mama ke kaki kanan, dan angkat tumit kiri ke arah pantat, dan tekuk lutut kiri.

Raih pergelangan kaki dengan tangan kiri, pastikan untuk menjaga pinggul agar tetap lurus dan seimbang dan dada yang terbuka dan terangkat. Angkat kaki kiri lebih ke atas, sehingga paha kiri dan lengan kiri sejajar dengan lantai.

Angkat lengan kanan dengan jari-jari menunjuk ke langit-langit. Tahan 2 - 3 kali napas sebelum kembali posisi semula.

Ulangi gerakan yang sama di sisi lain.


BACA JUGA


Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses

Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses

Meira Anastasia: Mari sama-sama belajar menghargai sebuah "proses". Melakukan olahraga, apa pun itu, mau homeworkout, lari, yoga, berenang, ...

Read more..


Dan, yes, selesai sudah yoga kita, Ma.

Untuk mengecek apakah posisi Mama sudah benar atau belum, Mama bisa melakukan tips yoga di rumah ini di depan cermin, Ma. Atau dengan bantuan kamera pada smartphone. Mama rekam saja setiap gerakan yang Mama lakukan, agar kemudian bisa dilihat, sudah betul belum nih posenya.

Mungkin kali pertama dan kedua, Mama belum bisa melakukannya dengan posisi yang benar ya. That's completely OK. Yang penting, tetap semangat untuk mencobanya lagi.

Selamat berolahraga, Ma! Stay healthy!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Yoga di Rumah - Pose-Pose Yoga untuk Memperbaiki Keseimbangan Tubuh yang Bisa Mama Lakukan Sendiri Kapan Pun". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar