Tumbuh Gigi, Lakukan 7 Trik Ini agar Anak Menghentikan Gerakan Tutup Mulutnya!

Tumbuh Gigi, Lakukan 7 Trik Ini agar Anak Menghentikan Gerakan Tutup Mulutnya!

774
Begitu tumbuh gigi, balita melakukan GTM. Mama hampir frustasi dan menyerah. Ayo Ma, lakukan tujuh trik ini!

Panik, kenapa tiba-tiba anak sering bangun malam, Ma? Menangis dengan encesan yang terus mengalir? Demam tetapi tidak begitu tinggi. Coba deh dicek. Apakah paginya gusi membengkak dan ia pun jadi susah makan? Coba dicek lebih saksama lagi, Ma. Gusinya memerah, lalu apakah Mama bisa meraba dan ada gigi putih yang nongol?

Yes, itu gejala anak tumbuh gigi, Ma. Kalau sudah begini, kita pasti merasa senang ya, karena berarti anak berkembang dan bertumbuh seperti yang seharusnya. Tapi, kalau lihat demamnya, dan riwilnya ... aduh!

Tumbuh gigi merupakan proses yang cukup panjang dan menyiksa bagi anak-anak, juga mungkin bagi Mama. Suhu badan si kecil naik, batuk, atau nyeri yang menyebalkan. Mama pun harus begadang karena anak rewel semalaman. Belum lagi tambahan gigitan demi gigitan saat Mama menyusui kadang sampai puting lecet dan berdarah.

Beugh.

Rewelnya si kecil saat tumbuh gigi ini biasanya juga diikuti gerakan tutup mulut (GTM) saat jam makan tiba. Penyebabnya, rasa sakit dan gatal pada gusi ini membuat si kecil tidak nyaman. Semua mainan juga jadi sasaran gigitan karena tekanan gusi membuat anak merasa seperti butuh penggaruk untuk menghilangkan nyerinya.

Kemudian, mulailah drama-drama untuk membujuk si kecil agar mau makan. Dari cara yang halus hingga mencubit apabila kombinasi kepala Mama nyut-nyutan karena kurang tidur dan kekhawatiran berat badan anak yang mulai turun muncul.

Terus, apa yang sebaiknya dilakukan untuk menolong si kecil melalui proses tumbuh gigi, dan juga sekaligus membuatnya berhenti melakukan GTM ya? Ini dia trik yang bisa Mama lakukan.


BACA JUGA


Mama Sebaiknya Tidak Memberikan 6 Jenis Makanan Ini Untuk Dikonsumsi Oleh Anak Terutama Balita!

Mama Sebaiknya Tidak Memberikan 6 Jenis Makanan Ini Untuk Dikonsumsi Oleh Anak Terutama Balita!

Jenis makanan yang beragam memudahkan kita memberi makan ke anak. Tapi, ada jenis makanan tertentu yang harus Mama kurangi demi kesehatan si ...

Read more..


7 Langkah untuk menolong si kecil tumbuh gigi dan mengatasi GTM-nya

1. Berikan anak buah dingin


Kenapa harus dingin? Ketika gusi membengkak akibat tumbuh gigi, air dingin membantu mengurangi nyeri yang dirasakan si kecil. Awalnya mungkin ia akan menolak.

Usap-usap saja dulu area yang sakit dengan lap yang sudah dibasahi air dingin. Begitu anak membuka mulut selipkan buah dingin ke gusi yang sakit.

Begitu sensasi dingin terasa, anak akan tahu jika buah dingin tersebut mengurangi rasa nyerinya. Begitu selesai mengunyah, si kecil akan membuka mulut untuk meminta lagi. Usai sudah gerakan tutup mulutnya.


2. Pancing dengan makanan yang disukai


Setiap anak pasti memiliki makanan yang disukai. Makanan yang membuat ia fokus, melupakan nyeri akibat tumbuh gigi, dan enggan berbagi bahkan dengan Mama maupun saudaranya.

Gunakan makanan tersebut untuk memancing anak agar mau makan.


3. Perhatikan jam lapar


Ada anak yang terbiasa sarapan, lapar di jam nanggung antara sarapan dan makan siang, atau makan buah dulu sambil menunggu waktu makan.

Perhatikan dan gunakan jam lapar ini saat anak menolak untuk membuka mulut. Jam lapar ini Mama gunakan untuk menghindari pemaksaan atau kekerasan saat membujuk anak. Biarkan ia lapar.

Pada akhirnya dia akan menyerah dan meminta apa saja untuk menghilangkan keroncongan yang menyiksa perutnya.


4. Berikan makanan yang bisa meredakan nyeri gusi akibat tumbuh gigi


Buah-buahan yang mampu meredakan nyeri akibat tumbuh gigi pada balita adalah pisang dan alpukat, sedangkan sayurannya Mama bisa memberikan mentimun atau wortel.

Ayam serta keju bisa diolah juga karena anak suka rasa gurih dan kenyalnya.


BACA JUGA


Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!

Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!

Ingin menumbuhkan balita sehat? Ingat-ingat selalu 4 kebiasaan yang harus Mama tanamkan sejak ia bayi ini

Read more..


5. Gunakan sendok yang bisa digigit


Berikanlah kebebasan kepada anak untuk makan sendiri. Sediakan makanan yang gampang dikunyah dan ditelan.

Memberikan waktu untuk bereksplorasi dengan makanan dan sendok karet yang aman saat digigit pastinya membuat anak nyaman dan sejenak melupakan rasa sakit pada gusinya akibat tumbuh gigi.


6. Biskuit


Tekstur biskuit yang kasar, selain akan merangsang tumbuh gigi pada anak, juga bisa jadi pembuka mulut. Pilihlah biskuit yang memang jadi favorit si anak dan sesuaikan dengan umurnya.

Akan lebih bagus lagi, jika Mama bisa membuatnya sendiri.


7. Berikan susu sebagai langkah terakhir jika memang cara yang lain tidak berhasil


Tentu Mama tidak akan tega jika tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke tubuh si kecil kan ya? Tapi kok, GTM-nya malah makin menjadi ya? Padahal semua trik di atas sudah kita lakukan. Sampai capek hati merayunya supaya mau makan.

Well, bila semua trik di atas tidak juga memberikan hasil, maka susu adalah asupan terakhir bagi anak.

Bagi anak yang masih minum ASI, tentu Mamalah yang perlu menambah asupan agar ASI yang dihasilkan cukup. Terima dengan sabar, puting lecet dan berdarah karena masa tumbuh gigi tidak bisa dipastikan sampai kapan akan berlangsung. Bisa hari ini demam, besoknya gigi sudah muncul. Atau, bisa jadi setelah dua minggu, gigi tak juga muncul. *pukpuk*


BACA JUGA


Ini Dia 7 PR Terbesar bagi Setiap Orangtua yang Punya Balita

Ini Dia 7 PR Terbesar bagi Setiap Orangtua yang Punya Balita

Menanam kebiasaan baik pada si kecil akan menuai kebiasaan baik pula

Read more..


Tumbuh gigi merupakan masa yang krusial bagi perkembangan si kecil. Jangan menyerah ya, Ma! Lakukan yang terbaik agar si kecil tetap mendapat asupan yang cukup dan mengakhiri gerakan tutup mulutnya.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tumbuh Gigi, Lakukan 7 Trik Ini agar Anak Menghentikan Gerakan Tutup Mulutnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


phalupi herowati | @phalupiAhero

Stayhome mom with two kids, freelancer, blogger.

Silahkan login untuk memberi komentar