Tutorial DIY Toilet Bomb Fizzies - Ucapkan Selamat Tinggal pada Bau WC!

Tutorial DIY Toilet Bomb Fizzies - Ucapkan Selamat Tinggal pada Bau WC!

1.8K
Mama sering terganggu dengan bau WC? Coba hilangkan dengan toilet fizzies. Berikut tutorial DIY membuat toilet fizzies yang bisa Mama buat sendiri di rumah!

Kamar mandi memang sudah takdirnya memiliki bau yang tidak sedap karena "kegiatan" yang kita lakukan di sana. Toilet adalah salah satu bagian kamar mandi yang cukup tricky karena sebersih apa pun, terkadang baunya tetap tidak mau hilang. Namun ada berbagai cara untuk membuat bau-bauan itu hilang, salah satunya adalah toilet fizzies.

Mungkin Mama sedikit asing dengan toilet fizzies, tetapi Mama pasti familiar dengan vitamin yang akan mendesis dan larut dalam air? Nah, cara kerja toilet fizzies ini kira-kira seperti itu.

Nah, kabar baiknya, toilet fizzies ternyata cukup mudah kita buat sendiri loh, Ma. Bahan-bahannya pun relatif mudah didapatkan dan ramah lingkungan. Kali ini Rocking Mama akan sharing tutorial DIY toilet fizzies yang mudah.

Simak ya, Ma!



Tutorial DIY Toilet Fizzies - anti bau untuk WC yang praktis


Alat dan bahan:

  1. 340 gram baking soda
  2. 85 gram asam sitrat
  3. 1/2 sdt cuka
  4. 1 sdt hidrogen peroksida
  5. 15-20 tetes essensial oil apa saja sesuai selera
  6. Loyang secukupnya
  7. Kertas panggang secukupnya
  8. Sendok ukur atau alat cetak lainnya
  9. Mangkuk
  10. Gelas kecil
  11. Botol spray (opsional)
  12. Sarung tangan (opsional)

Cara pembuatan:

1. Langkah pertama


Tuangkan baking soda ke dalam mangkuk. Pastikan tidak ada baking soda yang menggumpal ya, Ma. Jika ada gumpalan, hancurkan dengan garpu hingga halus.

Baking soda adalah bahan yang multifungsi. Selain dipakai dalam masakan, baking soda dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kebersihan.

Baking soda secara alami mampu membersihkan dan menghilangkan bau busuk.

Setelah baking soda benar-benar halus, tambahkan asam sitrat kemudian aduk rata. Penambahan asam sitrat akan menambah fungsi dari pembersihan baking soda

. Asam sitrat dapat ditemukan di toko bahan makanan.


2. Langkah kedua


Di dalam gelas kecil, campurkan cuka dengan hidrogen peroksida. Kerja sama kedua bahan tersebut dapat membantu toilet lebih bersih.

Selanjutnya, tambahkan larutan cuka-hidrogen peroksida ke dalam baking soda perlahan-lahan, setetes demi setetes. Jika Mama mencampurkan secara sekaligus, keempat bahan tersebut akan menjadi berantakan karena adanya reaksi antara baking soda dengan asam sitrat.


3. Langkah ketiga.


Setelah baking soda, asam sitrat, cuka, dan hidrogen peroksida tercampur rata, tambahkan minyak esensial kemudian aduk dengan lembut.

Mama bisa menggunakan aroma apa saja, tetapi aroma yang segar seperti wintergreen, lemongrass, dan lavender akan memberikan aroma yang lebih baik.


BACA JUGA


Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi, dengan formula tepat, bisa membantu meredakan stres hingga meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, telusuri manfaat wangi-wangian ...

Read more..


4. Langkah keempat.



Gunakan sendok ukur untuk mencetak toilet fizzies.

Mama bisa menggunakan sendok ukur dengan ukuran apa pun sesuai selera Mama. Jika tidak ada sendok ukur, Mama bisa mencetaknya dengan apa pun yang bentuknya sesuai dengan keinginan Mama.

Hasil cetakan kemudian diletakkan di atas loyang yang telah dilapisi kertas panggang. Mama bisa menyemprotkan larutan cuka-air ke dalam toilet fizzies untuk menciptakan kerak, yang akan membantu toilet fizzies agar lebih kuat.

Diamkan toilet fizzies minimal selama 4 jam, atau lebih baik selama semalaman.


5. Langkah kelima.


Setelah benar-benar kering, masukkan toilet fizzies ke dalam stoples kaca bersih yang bisa ditutup rapat, kemudian simpan di dalam toilet. Pastikan Mama menempelkan label di toplesnya ya, agar tidak tertukar dengan produk lain.

Toilet fizzies pun siap digunakan!



Nah, tiap kali Mama membutuhkannya untuk melenyapkan bau dari toilet atau WC, Mama tinggal ambil satu butir toilet fizzies buatan Mama, lalu cemplungin aja deh ke dalamnya.

WC atau toilet pun bebas bau.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Nggak perlu terlalu berkeringat membersihkan rumah, kran tersumbat atau noda membandel di panci, cukup aplikasikan cara ini

Read more..


Gampang kan, tutorial DIY toilet fizzies ini, Ma? Bye bye, bau WC!

Nah, selamat mencoba ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tutorial DIY Toilet Bomb Fizzies - Ucapkan Selamat Tinggal pada Bau WC!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar