Untuk 5 Urusan Rumah Tangga Berikut, Mama Bisa Mengerjakannya Sendiri Tanpa Menunggu Papa - Yuk, Jadi Istri Mandiri!

Image via Thought Catalog

Untuk 5 Urusan Rumah Tangga Berikut, Mama Bisa Mengerjakannya Sendiri Tanpa Menunggu Papa - Yuk, Jadi Istri Mandiri!

580
Apakah Mama masih melakukan pembagian yang tegas berdasar gender dalam rumah tangga? Kalau atap rumah bocor dan hujan setiap hari, sementara Papa harus dinas keluar kota, bagaimana, Ma?

Tiap keluarga memiliki cara mengelola tugas dan keuangan rumah tangga yang berbeda. Ada yang semua diserahkan ke Papa, ada yang semua diserahkan ke Mama. Ada yang bagi-bagi, dan ada yang bebas saja tergantung siapa yang sempat. Yang penting urusan keluarga semua lancar ya, Ma.

Namun, dalam kehidupan keluarga yang dinamis, tak perlulah Mama terlalu keukeuh dengan pembagian tugas rumah tangga berdasarkan gender ini. Disesuaikan dengan kondisi sehari-hari saja.

Contohnya, di dekat rumah saya ada seorang papa muda yang menjual MPASI setiap pagi. Guess what? Pembelinya dari gender yang sama juga, yaitu para papa muda dan kakek-kakek. Mungkin si ibu atau si nenek yang ketitipan sedang sibuk memandikan si bayi.

Sayangnya, banyak juga Mama yang anti terhadap pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang dianggap sebagai daerah kekuasaan papa. Dibandingkan mencoba mengatasinya sendiri, banyak ibu yang lebih memilih untuk rewel, bolak-balik mengingatkan suami untuk segera memperbaiki ini itu yang rusak.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Nggak perlu terlalu berkeringat membersihkan rumah, kran tersumbat atau noda membandel di panci, cukup aplikasikan cara ini

Read more..


Padahal ada lo, kondisi-kondisi di mana para papa tidak bisa segera memberikan solusii. Misalnya:

  • Capek. Berbeda dengan perempuan yang sangat deskriptif, laki-laki tidak selalu mengeluh kalau capek. Jika Mama membuat status panjang lebar, betapa capek dirinya yang sudah multitasking di media sosial, maka Papa bisa saja tahu-tahu sudah memanggil tukang pijat. Ajaibnya, meski jelas-jelas ada tukang pijat datang, tapi lantaran tidak ada kata-kata, "Aku capek!" maka si Mama bisa saja bersabda, "Pa, ntar habis pijet, jangan lupa benerin kran air, ya!"
  • Bisa Bongkar Tak Bisa Pasang. Sitkom-sitkom keluarga bule itu selalu menjadi acara TV yang sukses karena meski penggambarannya berlebihan tapi situasinya riil. Salah satu yang sering terjadi adalah si papa bisa bongkar tapi tak bisa pasang. Adegan ini selalu sukses membuat penonton terpingkal-pingkal. Kenyataannya, memang banyak papa yang seperti itu, sok-sokan mau benerin tapi jadinya malah rusak semakin parah. Jadi, meski itu sudah dicap sebagai pekerjaan laki-laki, tapi tak semua bisa dilakukannya.
  • LDM. Di zaman milenial ini makin banyak pekerjaan yang hyper-mobile sehingga Papa harus bekerja jauh dari rumah. LDR (Long Distance Relationship) atau LDM (Long Distance Marriage) ini tidak melulu karena pindah kantor, tapi juga karena papa mendapat tugas inspeksi, studi banding, pelatihan dan sebagainya. Masa sih mau menunggu Papa pulang sebulan lagi ketika mobil mogok di jalan?

Kebanyakan mama yang saya tanya mengatakan, bahwa mereka tidak mau melakukan pekerjaan rumah tangga yang sudah dicap milik papa antara lain karena sepertinya sulit, takut tambah rusak, takut accident dan sebagainya. Well, sesungguhnya, Ma, Papa juga punya perasaan seperti itu, tapi mereka kan dituntut harus kelihatan kuat dan serbabisa. Padahal yaaa ... Hahaha.

Mengerjakan sendiri urusan rumah tanpa menunggu Papa bukan berarti pengin disebut supermama, melainkan semata-mata agar roda kehidupan segera menggelinding lagi. Pekerjaan mama dirumah sudah banyak, tak ada maksud untuk menambahi. Ini hanya untuk keadaan mendesak saja.


BACA JUGA


6 Tugas Rumah Tangga Ini, Serahkan Saja pada Papa Karena Papa Lebih Jago Ketimbang Mama!

6 Tugas Rumah Tangga Ini, Serahkan Saja pada Papa Karena Papa Lebih Jago Ketimbang Mama!

Siapa bilang tugas rumah tangga hanya jadi tugas Mama seorang? Beberapa tugas rumah tangga ini hanya Papalah jagonya

Read more..


Paling tidak, 5 urusan rumah tangga berikut ini bisa Mama lakukan sendiri



1. Mengumpulkan Tagihan

1. Mengumpulkan Tagihan -


Soal siapa yang membayar, itu tergantung kesepakatan Papa dan Mama. Tapi agar tidak ada yang terlewat, Mama bisa membantu merapikan dan mencatat jadwalnya. Biasanya para mama lebih teliti untuk urusan rumah tangga satu ini. Sayang kan, kalau hanya gara-gara papa lupa lalu terkena denda pajak, misalnya.

Namun ada beberapa tagihan yang sering dihindari oleh para mama, karena memang ribet atau tidak paham. Sebaiknya mama mulai mencari tahu, karena tagihan yang didata dalam satu file juga bisa memberi gambaran yang lebih jelas tentang pengeluaran rumah tangga. 

Tagihan-tagihan yang sering dihindari para mama adalah TV berlangganan, internet, PBB, pajak kendaraan, asuransi dan sejenisnya.



2. Jangan Takut Pergi Sendiri

2. Jangan Takut Pergi Sendiri -


Setelah menikah, tak sedikit dari Mama yang berubah takut pergi sendiri. Pergi sendiri ini bukan berarti mama seorang diri ya, melainkan mama yang take in chargeMisalnya, mengantar anak membeli kebutuhan sekolah atau mengantar mertua periksa ke dokter. 

Sekarang memang sudah banyak mama yang bisa menyetir mobil sendiri. Tapi masih banyak lagi yang belum bisa. Susahnya, banyak juga mama yang alergi dengan kendaraan umum atau jasa online. 

Kalau Papa selalu ada untuk mengantar sih nggak apa-apa. Tapi, bagaimana kalau Papa sendiri yang sakit? Ayo dong, Ma, jangan ragu pesan kendaraan sendiri jika dibutuhkan. Yang penting, jangan lupa untuk selalu pamit sama Papa. ya.



3. Ambil Alih Bagian Papa yang Mudah

3. Ambil Alih Bagian Papa Yang Mudah -


Mengganti lampu sendiri itu susah ya, Ma? Sudah mencoba? Nah, seringkali Mama merasa itu sulit karena terlalu fokus pada pemisahan tugas rumah tangga antara pria dan perempuan. 

Ketika Mama masih kecil juga begitu ya, bahwa semua urusan rumah tangga yang berhubungan dengan listrik pasti dikerjakan ayah. 

Well, itu hanya stigma, Ma. Coba deh, untuk hal-hal yang tidak mengandung bahaya dikerjakan sendiri saja, ketimbang harus menunggu Papa. Untuk urusan lampu, ya masa iya sih lebih rela bergelap-gelapan? Untuk mengganti lampu ini, misalnya, kan sekarang sudah banyak alat yang bisa membantu kita agar lebih mudah? 

Masih banyak pekerjaan rumah tangga lain yang bisa Mama coba kerjakan sendiri. Misalnya, cek rutin kondisi mobil atau kendaraan yang biasa Mama pakai, memasang tabung gas, mengencangkan sekrup lemari dan sebagainya. 

Angkat galon? Kita sering berkelakar, semua bisa kita lakukan kecuali angkat galon. Kalau ini tergantung kondisi fisik Mama sih. Galon air memang cukup berat, dan ada beberapa perempuan yang memang tidak boleh mengangkat beban terlalu berat, terutama jika punya keluhan rahim dan tulang. 

Tapi jika Mama sehat-sehat saja, mengganti galon ini sangat mudah, hanya beberapa detik. Silang saja tutupnya dengan pisau, lalu angkat secepat mungkin.


BACA JUGA


Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Menghabiskan Waktu Mama? Pasti Karena Mama Belum Tahu Cara Mengelola Waktu dengan Smart!

Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Menghabiskan Waktu Mama? Pasti Karena Mama Belum Tahu Cara Mengelola Waktu dengan Smart!

Entah itu seorang ibu rumah tangga, ataupun seorang ibu bekerja, sama-sama harus pintar dalam mengatur segala-galanya, terutama soal ...

Read more..


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk 5 Urusan Rumah Tangga Berikut, Mama Bisa Mengerjakannya Sendiri Tanpa Menunggu Papa - Yuk, Jadi Istri Mandiri!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lusi Tris | @lusitris

Silahkan login untuk memberi komentar