Untuk Bisnis Toko Online, Ini Dia 10+ Surga Kulakan Bagi Mama yang Ingin Memulainya

Untuk Bisnis Toko Online, Ini Dia 10+ Surga Kulakan Bagi Mama yang Ingin Memulainya

947
Sambil traveling atau shopping, kita bisa mampir ke tempat-tempat ini dan menemukan barang-barang lucu yang mungkin layak untuk dijual kembali di bisnis toko online yang menjanjikan seperti sekarang ini. Kan, bisa jadi langkah awal memulai bisnis toko online baru kita kan, Ma?

Kalau Mama berencana atau memang sudah membangun bisnis, terutama toko online, tempat-tempat berikut bisa menjadi surga belanja untuk berbisnis.

Dengan modal terjangkau, keuntungan yang didapat pun lebih banyak.


BACA JUGA


Mengembangkan Bisnis Online Mama Perlu Perhatikan 6 Hal Ini Agar Usahanya Bisa Bertahan

Mengembangkan Bisnis Online Mama Perlu Perhatikan 6 Hal Ini Agar Usahanya Bisa Bertahan

Bisnis online selalu menggiurkan untuk dilakukan. Modal yang diperlukan untuk melakukan bisnis online ini tidak sebesar bisnis offline. Mama ...

Read more..


10 Surga kulakan bagi pebisnis toko online dalam negeri

1. Pasar Asemka, Jakarta


Image via Sindo

Di Jakarta, pusat grosir aksesori rekomendasi ya Pasar Asemka ini. Bisa dibilang, para pedagang aksesori seantero Jakarta mengambil stok barang ya dari pasar ini, Ma.

Karena pasar ini adalah pasar grosir, juga untuk bisnis toko online, maka barang-barangnya dibeli dalam satuan lusin. Kalau belum berubah, kita bisa membeli paling minimal itu 4 pieces.

Teliti barang dengan baik-baik ya, karena begitu dibeli nggak bisa dikembalikan. Banyak produk dengan kualitas rendah ikut dijual di sini, jadi kita harus benar-benar teliti.


2. ITC Cempaka Mas, Jakarta


Image via Properti

ITC ini menjadi pusat grosir toko online terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah kios mencapai 6000 lebih, Ma. Sepertinya kita nggak perlu ke mana-mana lagi kalau sudah berbelanja di sini, karena semua sudah ada. Dari mulai berbagai macam pakaian, suvenir pernikahan, hingga baju pesta. Bahkan baju-baju kekinian ala-ala Korea pun update di sini lo.

Mama bisa membelinya secara eceran maupun grosir. Bahkan, beberapa toko membuka kesempatan untuk menjadi reseller, sehingga kita bisa mendapat harga yang lebih murah lagi.

Mama cukup memikirkan packaging yang unik dan elegan, maka barang-barang tersebut pun akan ter-upgrade penampilannya dan layak jual bahkan berkali-kali lipat.


3. Pasar Cipadu


Image via Youtube

Pasar ini adalah surga belanja bagi para pecinta kain nih, Ma. Aneka tekstil tersedia di sini, mulai dari yang masih berbentuk bahan, hingga yang sudah menjadi baju, seprai, bed cover hingga tirai.

Pasar ini bisa menjadi alternatif belanja Mayestik dan Tanah Abang. Apalagi kalau Mama berencana untuk menjual baju rancangan sendiri di toko online milik Mama. Wah, di sini nih tempat yang cocok untuk membeli bahan-bahannya, Ma.

Sistem jualnya ada yang meteran, juga kiloan. Bisa bercampur-campur motif. Catatan kecil, di sini pedagang satu dengan yang lain patok harga yang sama, Ma. Jadi kalau ada yang ditaksir, segera saja diambil sebelum keburu diborong orang lain yes?


4. Kampung Batik Trusmi, Cirebon


Image via Indah itu Berbagi

Yes, ini dia pusat batik di kota Cirebon dengan motifnya yang terkenal, Mega Mendung.

Kalau Mama tertarik membuat dan menjual kerajinan aksesori dari batik di toko online Mama, bisa banget lo membeli kain batiknya di sini, karena batiknya berwarna-warni dan harga pun bisa ditawar.

Selain batik, ada juga aksesori yang dijual di sini, Ma. Mulai dari gelang, anting dan kalung yang dibuat oleh pengrajin sekitar.

Dan, karena lokasinya yang dekat dengan pesisir, maka banyak juga aksesori dari kerang dan kayu.


5. Sentra Kaos Suci (SKOCI)


Image via Pesona Bandung

Bisnis toko online yang menjual Tshirt nggak pernah sepi. Untuk mendapatkan tshirt yang bagus dengan harga grosir, Mama bisa jalan-jalan ke Bandung, tepatnya di sepanjang Jl. Surapati, nggak jauh dari Lapangan Gasibu.

Jumlah pengrajin di kawasan ini sekitar lebih dari 200 pengrajin rumahan.

Produk-produk dari pengrajin di sini dipasarkan di jaringan distro di Bandung dan Jakarta, Ma. Bahkan sampai diekspor ke luar negeri.


BACA JUGA


Ini Dia 9 Peluang Usaha Online yang Bisa Mama Ambil dengan Memanfaatkan Smartphone Mama!

Ini Dia 9 Peluang Usaha Online yang Bisa Mama Ambil dengan Memanfaatkan Smartphone Mama!

Peluang usaha online terbuka tak hanya sebatas yang bisa dilakukan dengan laptop. Bahkan hanya dengan smartphone yang paling sederhana pun, ...

Read more..


6. Jalan Malioboro, Yogyakarta


Image via loupiote

Mama bisa berburu aneka tas batik murah juga kaus-kaus khas Jogja dari ujung ke ujung Jalan Malioboro untuk dijual di toko online, Ma. Mama bebas menawar harga barang-barang yang diincar. Tawarlah setengah harga dulu, Ma. Apalagi kalau mau belanja dalam jumlah besar.

Meskipun kesempatan menawar terbuka bebas, namun jangan pernah lupa untuk memeriksa kembali setiap barang yang akan dibeli ya.


7. Kotagede, Yogyakarta


Image via Grivy Travel

Di sepanjang 7 km jalan utama di Kotagede, Yogyakarta, berjajar toko-toko kerajinan perak.

Tulisan “perak” dan “silver” akan terlihat di kanan kiri Jl. Kemasan, Jl. Mondorakan hingga Jl. Tegalgendu, Kotagede, Yogyakarta.

Harga yang ditawarkan pun sangat fleksibel, apalagi jika membeli dalam jumlah banyak. Bisa sangat miring. Asyiknya lagi, banyak toko kerajinan perak ini yang menjadi satu dengan bengkel kerja.

So, kalau Mama punya ide kreasi perhiasan sendiri untuk dijual melalui toko online milik Mama, Mama bisa memesan khusus dengan harga terjangkau juga di sini.

Jelajahi dulu toko-toko ini sebelum Mama mendapatkan harga termurah, serta kualitas pembuatan yang bagus. Kabarnya sih, bahkan perak yang ada di Bali pun didatangkan dari Kotagede ini, Ma.


8. Manding, Yogyakarta


Image via Bantul Projo Tamansari

Manding merupakan lokasi pusat kerajinan kulit dengan kualitas bagus, sekualitas ekspor, namun dengan harga lokal. Cocok banget kalau Mama memang pengin jualan barang-barang dari kulit via toko online

Di sini banyak ditemukan toko-toko kerajinan kulit yang berjajar di kiri dan kanan jalan. Barang-barang di sini kebanyakan terbuat dari kulit sapi dan kambing yang diproses sebagai home production.

Selain membeli barang yang sudah jadi, Mama juga bisa memesan produk sesuai dengan model yang diinginkan, Ma. Untuk membuat barang custom memang membutuhkan waktu sih. Mama bisa menego waktu dengan pengrajin, kapan barangnya bisa selesai.

Mungkin kalau Mama berniat untuk membisniskannya, Mama bisa membuka pesanan dengan sistem PreOrder.


9. Pasar Sukawati, Bali


Image via Hello-PET

Kalau Mama pernah ke Bali dan jalan-jalan di area Kuta, di sepanjang jalan banyak toko atau kios aneka aksesori. Mulai dari kalung, cincin, gelang, jepitan rambut, tas sampai sepatu.

Ternyata Mama akan bisa mendapatkan harga jauh lebih murah dari Kuta jika Mama pergi ke Pasar Sukawati, Gianyar. Bahkan mungkin Mama bisa mendapatkan potongan lagi kalau belanja dalam partai besar untuk kemudian dijual kembali di toko online Mama.

Tawarlah harga hingga setengahnya, dan teliti barang sebelum minta dibungkus ya.


10. Toko Aneka Sutera, Makassar


Menikmati liburan di kota Makassar, jangan lupa belanja kain-kain cantik khas Makassar di sini ya, Ma. Biasanya kain-kain cantik ini digunakan untuk acara pesta ataupun dijahit menjadi dress.

Toko ini adalah salah satu toko yang terkenal lengkap menjual berbagai jenis kain, mulai dari tenun, songket sampai sutera.

Mama juga bisa membeli clutch cantik dengan motif kain khas Makassar di sini lo. Kalau membeli dalam jumlah besar untuk dijual lagi di toko online Mama, pedagang di sini pasti akan memberikan diskon spesial, Ma.


BACA JUGA


Mama Mau Membuka Usaha Online? 5 Langkah Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkannya!

Mama Mau Membuka Usaha Online? 5 Langkah Ini Bisa Membantu Mama Mewujudkannya!

Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang di bayar. - Ridwan Kamil

Read more..


Mama, selain beberapa surga kulakan toko online dari dalam negeri di atas, Mama juga bisa menjelajahi beberapa pasar di negara-negara Asia berikut ini, yang juga menyimpan barang-barang murah dan bagus yang bisa banget dibisniskan kembali.


Hong Kong


Sebagian besar produk fashion hingga aksesori yang dijual di Asia berasal dari Hong Kong. Kalau Mama bisa teliti dalam mencari barang untuk dijual kembali di toko online Mama, maka Mama bisa mendapatkan barang bagus dengan harga super miring.

1. Mee & Gee

Lokasinya ada di 9 Li Yuen Street West. Dari arah H&M di Central, lokasinya ada di seberang jalan Queens Road.

Di sini adalah destinasi belanja bagi para penyuka baju, rok, celana, hingga dress bergaya vintage. Saking banyaknya yang dijual, kita bahkan harus sedikit sabar melihat satu per satu barang.

2. Hong Kong Industrial Center

Lokasinya ada di Lai Chi Kok. Bisa berhenti di Lai Chi Kok MRT pintu Exit C.

Kalau Jakarta punya Mangga Dua yang menyediakan berbagai produk fashion lengkap dengan desain kekinian, maka Hong Kong punya Hong Kong Industrial Center ini.

Juga kunjungi berbagai surga belanja lainnya di Hong Kong, Ma, seperti Prince Edward Market, Cat Street Market, dan Ladies Market.


Bangkok


Image via Everplaces

Selain Hong Kong, Bangkok juga menjadi salah satu destinasi belanja para pemilik butik hingga toko online, Ma.

1. Chatuchak Weekend Market

Lokasinya ada di Street Th Phahonyothin. Datang ke sini, kita bisa dibuat bingung. Apalagi kalau bukan karena memilih barang apa yang mau dibeli, karena banyak dan semuanya lucu. Mulai dari pakaian, tas, sepatu hingga pernak-pernik interior untuk rumah.

Gunakan tas berbahan kuat untuk belanja ya, Ma. Karena banyak pencopet di sini. Hiks.

2. Pottinger St & Western Market

Lokasinya ada di Pottinger Street Central, dan 323 Des Voeux Road Central

Suka berkreasi dengan bahan-bahan craft? Bisa dibilang ini adalah pusat craft atau kerajinan nomor 1 di Asia, Ma. Pasar hingga toko-toko besar pun banyak yang mendatangkan barang dari sini lo. Mulai dari pita kan, hingga segala jenis benang ada di sini.


BACA JUGA


Pertahankan Bisnis Online Shop Mama dengan 4 Trik Mudah dan Sederhana Ini!

Pertahankan Bisnis Online Shop Mama dengan 4 Trik Mudah dan Sederhana Ini!

If your business is not on the internet, then your business will be out of business. ~ Bill Gates

Read more..


Nah, pastinya sekarang Mama sudah punya ide nih, mau jualan apa di toko online yang akan Mama rintis, yes?

Happy shopping, Ma!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Bisnis Toko Online, Ini Dia 10+ Surga Kulakan Bagi Mama yang Ingin Memulainya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar