Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik dan Bisa Melakukan Banyak Hal dalam Waktu Singkat, Coba Teknik Pomodoro!

lifehacker

Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik dan Bisa Melakukan Banyak Hal dalam Waktu Singkat, Coba Teknik Pomodoro!

545
Teknik Pomodoro ini akan membantu Mama untuk manajemen waktu yang lebih baik dan mengefektifkan waktu kerja. Mama pun bisa memanfaatkan sisa tenaga untuk melepas stres dan berkumpul bersama keluarga.

Mama pasti pernah merasa 24 jam sehari sangatlah kurang. So much to do, so little time.

Solusinya?

Manajemen waktu yang lebih baik dan kurangi kesibukan Mama!

Terdengar tidak mungkin ya, Ma? Namun ini ternyata sangat bisa dilakukan loh. Pengurangan kesibukan tersebut bukannya mengacu pada pemangkasan jumlah waktu bekerja Mama, melainkan mengedit dan menyusun ulang jumlah pekerjaan yang Mama lakukan dalam waktu satu jam.

Bisa?

Bisa!


BACA JUGA


Busy Moms' Hacks: 7 Hal yang Bisa Rocking (Working) Mama Lakukan demi Penghematan Waktu Setiap Hari

Busy Moms' Hacks: 7 Hal yang Bisa Rocking (Working) Mama Lakukan demi Penghematan Waktu Setiap Hari

Ibu sibuk itu berarti harus pintar-pintar mengatur segalanya. Ya waktu, ya uang.Waktu, kalau kita nggak pintar-pintar mengaturnya bisa jadi ...

Read more..


Adalah teknik Pomodoro yang bisa membantu Mama mewujudkan efektivitas manajemen waktu kerja tersebut. Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980-an.



Pomodoro diambil dari kata "tomat" dalam bahasa Italia. Nama tomat ini dipilih karena pada saat mengembangkan tekniknya ini, Francesco Cirillo menggunakan kitchen timer berbentuk tomat.

Pada dasarnya, manajemen waktu ini membagi jam kerja menjadi interval waktu kerja selama 25 menit, yang di antaranya diseling dengan interval waktu istirahat.

Mungkin Mama pikir, beristirahat adalah sebuah kesia-siaan karena menghabiskan waktu, yang seharusnya bisa digunakan bekerja, untuk menganggur. Namun ternyata, sebuah jeda di antara pekerjaan terbukti mendobrak stagnansi.

Berulang kali, penelitian menunjukkan bahwa "melarikan diri dari masalah sejenak" ternyata benar-benar dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah.

Dalam jurnal Cognition diperlihatkan, bahwa performa seorang pekerja dapat ditingkatkan dengan cara menyisipkan waktu istirahat di tengah kegiatan. Sementara, dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Applied Psychology, ditunjukkan, bahwa orang yang melakukan hal yang disukainya sebelum memulai pekerjaan ternyata memiliki tingkat kepuasan kerja dan kesehatan yang lebih baik!

Aturan yang sama berlaku untuk Mama yang bekerja.

Para mama yang bekerja biasanya menghabiskan cukup banyak waktu untuk bekerja di kantor dan mengurus rumah. Yup, pulang ke rumah bukan berarti istirahat. Lalu, kapan Mama beristirahatnya kalau begini?

Nah, dengan manajemen waktu metode membangun interval pemulihan singkat di dalam hari Mama, Mama akan bekerja lebih efisien dan lebih bugar di penghujung hari.


BACA JUGA


Ibu Bekerja Kadang Susah Membagi Waktu Dengan Anak. 13 Tips Ini Efektif Bantu Mama Melakukannya!

Ibu Bekerja Kadang Susah Membagi Waktu Dengan Anak. 13 Tips Ini Efektif Bantu Mama Melakukannya!

Dilema ibu bekerja dalam mengurus anak salah satunya adalah membagi waktu yang tepat. Don't worry Ma, 13 tips ini bisa bantu Mama ...

Read more..


worklifefitness


Yuk kita mulai saja, Ma, manajemen waktu dengan Teknik Pomodoro:

  1. Buatlah to-do-list di pagi hari, dan mulailah dari hal yang paling penting.
  2. Pilihlah satu pekerjaan, lalu atur timer selama 25 menit. Mama bisa menggunakan alarm atau pengingat di handphone. Jika Mama mengingat hal lain saat sedang bekerja, abaikan saja dan fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah dipilih.
  3. Jika waktu 25 menit telah habis, ambil to-do-list yang telah dibuat, lalu berikan tanda ceklis pada pekerjaan yang telah selesai. Setelah itu, ambil waktu istirahat selama 3-5 menit.
  4. Setelah waktu istirahat 5 menit selesai, Mama boleh melanjutkan pekerjaan sebelumnya yang belum selesai, atau melakukan pekerjaan baru.
  5. Mulailah segmen baru dengan mengulang dari nomor 2.
  6. Setelah 4 segmen, ambilah waktu istirahat lebih banyak, sekitar 15-30 menit.
  7. Di penghujung hari, lakukan review mengenai apa saja yang sudah Mama selesaikan. Terakhir, buatlah catatan mengenai hal apa yang ingin Mama prioritaskan pada hari selanjutnya.

Ada beberapa tips yang bisa Mama lakukan dalam manajemen waktu dengan Teknik Pomodoro ini agar waktu istirahat tidak terbuang dengan sia-sia.

  1. Gunakan waktu istirahat untuk melakukan hal yang membuat Mama senang. Hindari godaan untuk mengecek pesan, atau membalas email.
  2. Bergerak sangatlah penting! Bila Mama diam dalam posisi sama dalam waktu yang lama, pikiran bisa jadi macet loh, Ma. Bangkit dari meja, lakukan peregangan, berjalan-jalan, dan lakukan teknik pernapasan. Semakin banyak Mama menghirup oksigen, pikiran pun semakin segar.
  3. Di jeda istirahat yang lebih lama, gunakanlah untuk berjalan-jalan lebih lama, juga jangan lupa untuk berbincang dengan rekan di kantor. Mama boleh juga loh curi-curi waktu untuk tidur sebentar. Pastikan Mama melakukan kegiatan yang tidak menggunakan banyak tenaga pikiran.
  4. Lalu bagaimana dengan distraksi seperti telepon, pesan, dan e-mail? Sign out dari akun e-mail Mama, dan matikan notifikasi handphone agar Mama bisa fokus.
    Bagaimana kalau teleponnya penting dan mendesak? Mama boleh kok fleksibel dengan menggunakan waktu istirahat singkat untuk membalas pesan atau telepon yang masuk.
  5. Jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat ya, Ma. Beristirahat bukan hanya mampu meningkatkan produktivitas, tetapi juga mencegah kelelahan. Mama jadi mempunyai sedikit tenaga lebih untuk digunakan di rumah. Menjaga diri Mama akan menguntungkan diri Mama, keluarga, dan sang bos.


BACA JUGA


8 Video TEDx Talks Tentang Keluarga Ini Bisa Mama Tonton di Waktu Senggang yang Akan Memberikan Inspirasi Luar Biasa

8 Video TEDx Talks Tentang Keluarga Ini Bisa Mama Tonton di Waktu Senggang yang Akan Memberikan Inspirasi Luar Biasa

Video TEDx Talks yang bukan saja membagi ide tetapi juga inspirasi, motivasi, hingga kisah-kisah luar biasa yang bermanfaat untuk ditonton ...

Read more..


Nah, semoga dengan bantuan manajemen waktu Teknik Pomodoro di atas, hari-hari Mama akan lebih produktif dan efektif ya, Ma. Banyak pekerjaan yang bisa selesai, pun Mama tidak terlalu kehabisan tenaga di akhir hari.

Stay smart, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik dan Bisa Melakukan Banyak Hal dalam Waktu Singkat, Coba Teknik Pomodoro!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar