Untuk Mendapatkan Promosi Karier yang Lebih Baik, Mama Wajib Tahu Trik Menjual Diri yang Efektif

Untuk Mendapatkan Promosi Karier yang Lebih Baik, Mama Wajib Tahu Trik Menjual Diri yang Efektif

166
Mau karier yang lebih baik, ya jangan cuma duduk manis menanti tugas. Yuk, lakukan beberapa hal berikut, supaya Mama dianggap kapabel oleh si bos dalam hal apa pun.

Yang namanya punya karier, pastilah ada hal yang ingin dicapai, entah dari segi gaji maupun jabatan.

Nah, naik jabatan atau dipromosikan itu adalah hal yang prestisius ya, Ma, dalam karier siapa pun. Kebayang di depan mata, job desk baru, bagaimana program kerja yang harus dijalankan, target-target baru yang lebih menantang, apa fasilitas yang akan kita dapatkan, dan tentunya gaji dong ya?

Hanya saja, agar karier Mama melesat, jangan pernah menunggu promosi datang. Lo, kok gitu? Iya, karena banyak rekan kerja Mama yang mengharapkan serupa. Kalau hanya duduk manis dan kerja tanpa meningkatkan kualitas, bagaimana si bos melihat potensi dalam diri Mama?

Memang benar ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mendapatkan promosi dalam karier. Salah satunya adalah prestasi kerja dan cara ‘menjual diri’ yang bagus. Kedua faktor ini mesti Mama miliki jika ingin karier Mama melesat.

Jangan buru-buru negatif thinking ya, saat mendengar ‘menjual diri’. Mama nggak akan dianggap ke-pedean kok. Malah sebaliknya, dengan cara inilah prestasi Mama bisa dilihat.


BACA JUGA


Jangan Lakukan 5 Hal Berbahaya Ini di Media Sosial Demi Keselamatan Karier Mama!

Jangan Lakukan 5 Hal Berbahaya Ini di Media Sosial Demi Keselamatan Karier Mama!

Sebagai wanita karier di zaman now, tentunya Mama juga tak asing dengan berbagai jenis media sosial ya, Ma. Dari media sosial, kita bisa ...

Read more..


7 Cara ‘menjual diri’ ini bisa Mama lakukan untuk mendapatkan promosi kerja demi karier yang lebih cemerlang

1. Bersemangat


Karyawan yang terlihat antusias dan bersemangat menyelesaikan berbagai tugas, tentu akan menarik perhatian. Pasalnya, semangat itu nggak hanya berdampak bagi dirinya sendiri, tapi juga akan menebarkan energi positif di lingkungan kerjanya.

Pasanglah wajah yang antusias kapan pun di kantor, sehingga Mama terkesan mudah didekati dan diajak kerja sama ataupun bicara. Setiap atasan tentunya akan merasa senang memiliki karyawan yang selalu tampak gembira dan menikmati pekerjaannya.

Sehingga ia pun nggak akan ragu memberi Mama pekerjaan atau tantangan baru.


2. Curi perhatian


Layaknya sebuah iklan yang bisa mencuri perhatian dalam waktu singkat, dalam karier, Mama pun perlu melakukannya.

Buatlah orang lain selalu terkesan dan senang bicara dengan Mama. Saat office party atau kesempatan ngobrol dengan atasan, lontarkan topik-topik menarik. Tunjukkan bahwa Mama mengetahui apa yang terjadi di dunia ini.

Misalnya, Mama yang bekerja di dunia keuangan, jangan hanya membicarakan seputar ekonomi dan hal berat lainnya. Cobalah topik yang lebih ringan, seperti membicarakan tentang potongan rambut terkini, trend fashion atau mungkin melontarkan tips mengurangi dampak global warming.

Yakin deh, si bos akan menganggap Mama memiliki wawasan dan pergaulan yang luas.


3. Hangout bersama atasan


Mama tentu tahu bahwa kedekatan hubungan dengan atasan merupakan kunci untuk karier yang lancar dan mendapatkan promosi. Jadi, jangan pernah melewatkan setiap kesempatan yang memungkinkan.

Mama bisa bergaul akrab dengan atasan, cobalah untuk sesekali hangout bareng teman dan atasan. Dalam suasana yang santai seperti ini, biarkan atasan mengenal lebih jauh sosok Mama. Jadilah diri sendiri, bersikaplah biasa seperti Mama sedang bersama teman lain.

Awalnya mungkin Mama akan merasa sungkan. Tapi begitu merasa klik, Mama bisa bicara panjang lebar terutama soal pekerjaan.

Ada baiknya hangout bersama atasan dilakukan secara ramai dengan rekan kerja ya, Ma. Ini menghindari omongan miring yang akan beredar di kantor nantinya.


4. Jaga mulut


Sekesal apa pun Mama dengan rekan kerja dan atasan, jangan pernah berkata buruk atau menjelek-jelekannya. Ingat, dinding selalu punya telinga.

Mama nggak ingin bukan caci maki justru berdampak buruk pada image Mama kan? Karena, sedikit banyak image seseorang akan dipengaruhi dari cara ia berbicara. Jadi, akan lebih baik jika Mama langsung menyampaikan rasa kesal Mama, daripada membicarakannya di belakang.


BACA JUGA


Jika Ingin Karier Mama Cemerlang Maka Berhentilah Melakukan 7 Hal Perusak Ini!

Jika Ingin Karier Mama Cemerlang Maka Berhentilah Melakukan 7 Hal Perusak Ini!

Sukses dalam karier? Hmmm, siapa sih yang tidak mau menjadi sukses? Bener nggak, Ma?Apa pun pekerjaan dan bidang pekerjaannya, menjadi ...

Read more..


5. Jaga penampilan


Pakaian apa yang Mama pakai secara langsung akan menggambarkan bagaimana diri Mama. Karena itu, cobalah untuk selalu tampil memesona.

Sesuaikan pakaian dengan lingkungan yang ingin Mama masuki. Apabila Mama ingin dipromosikan sebagai manajer, maka berpakaianlah seperti seorang manajer. Tenang, nggak ada salahnya kok tampil sedikit lebih formal, layaknya atasan Mama.

Sikap ini akan membuat Mama terlihat optimis dalam karier dan siap menerima tanggung jawab yang lebih besar.


6. Pilih teman


Ini bukan berarti Mama hanya bisa berteman dengan orang-orang tertentu saja lo. No!

Sebagai pegawai yang baik, Mama tentu harus bisa bergaul dan bersikap ramah dengan siapa saja di lingkungan kantor. Meskipun begitu, nggak semua bisa menjadi teman dekat atau teman diskusi. Ada baiknya Mama sedikit berhati-hati memiliki teman untuk berbagi ide dan cerita seputar kantor.

Jangan sampai Mama justru bercerita tentang masalah karier Mama dengan si tukang gosip, bisa-bisa masalah Mama dijadikan bahan gosip. Nggak mau kan, reputasi dan nama baik Mama tercemar karena gosip.


7. Tak perlu malu bertanya


Setiap perusahaan berkewajiban mengevaluasi hasil kerja para karyawannya. Idealnya, evaluasi dilakukan selama enam bulan atau setahun sekali.

Namun, apabila atasan tak kunjung memanggil Mama untuk evaluasi kerja, nggak ada salahnya kok bila Mama bertanya dan mengingatkannya. Itu semua kan demi perkembangan karier Mama juga kan?

Bisa jadi, si bos sedang banyak kerjaan dan lupa memanggil Mama. Sesekali juga Mama bisa berdiskusi mengenai perkembangan karier Mama. Dengan begitu, Mama akan mengetahui apa saja yang harus ditempuh untuk kemajuan karier.


BACA JUGA


Mau Sukses? Lakukan 3 Tips Sukses Seni Bergaul di Kantor ini Untuk Karier yang Lebih Cemerlang!

Mau Sukses? Lakukan 3 Tips Sukses Seni Bergaul di Kantor ini Untuk Karier yang Lebih Cemerlang!

Nggak butuh tips sukses bergaul di kantor? Wah, padahal mungkin karena itu karier Mama stuck di situ saja lho! Coba deh, simak, hanya perlu ...

Read more..


Nah, siap untuk melejitkan karier Mama hari ini, Ma? Jangan lupa lakukan ke-7 trik "menjual diri" di atas ya!

Sukses selalu, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Mendapatkan Promosi Karier yang Lebih Baik, Mama Wajib Tahu Trik Menjual Diri yang Efektif". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar