Untuk Menjalani Peran Ayah dengan Baik, Papa Perlu Bantuan Mama Lho. Berikan 5 Hal Ini Untuknya!

Untuk Menjalani Peran Ayah dengan Baik, Papa Perlu Bantuan Mama Lho. Berikan 5 Hal Ini Untuknya!

1.3K
Peran ayah dalam keluarga pastilah yang terpenting. Tapi ternyata tak semua pria bisa melakukannya dengan baik. Jika Papa masih kurang fasih dalam menjalankannya, bantu dia ya, Ma!

Salah satu kunci sukses terbesar dalam keluarga adalah peran ayah yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Betul nggak, Ma?

Dan bagaimana nantinya suami kita bisa mempunyai yang sebenar-benarnya peran ayah, biasanya sih sudah bisa kita lihat dari kebiasaan suami kita masing-masing saat sebelum menikah. Ha!

Saya juga begitu. Salah satu alasan saya mau menikah dengan suami saya karena dia begitu perhatian dengan ibunya. Meskipun semua saudaranya laki-laki semua (3 bersaudara), hanya dia yang setia mengantar ibunya berbelanja naik motor atau ke mana pun ibunya pergi.

Kok tahu ? Iyalah, kami kan bertetangga. Hahaha.


BACA JUGA


Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Laki-laki? Hanya Papa yang Bisa Melakukannya!

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Laki-laki? Hanya Papa yang Bisa Melakukannya!

Hanya Papa yang bisa menjadi guru kehidupan bagi anak-anak, termasuk dalam hal menumbuhkan rasa percaya diri anak, terutama anak laki-laki ...

Read more..


So, hal itu membuat saya berpikir, wah, ternyata ada juga ya laki-laki yang setia begitu dengan ibunya. Apalagi nanti dengan istrinya kan? Pastinya nanti dia akan juga menikmati peran ayah yang akan disandangnya. Uhuk!

Ternyata memang saya tidak salah sih, soal peran ayah yang akhirnya diterima oleh suami saya dengan bahagia itu.

Misalnya nih, Ma, kalau ada ayah yang nggak mau nyebokin anaknya karena jijik, suami saya mau-mau aja tuh. Apalagi kalau pas anak kami yang saat itu masih bayi batuk pilek, dan saya nggak tau bagaimana cara mengeluarkan ingusnya agar dia bisa bernapas. Ya, ayahnya ini yang nggak segan-segan membantu si bayi, mengisap ingus langsung melalui mulutnya sendiri. Saya sendiri sampai takjub melihatnya loh!

Dan, setiap malam, suami saya yang menyediakan susu buat anak kami. Karena ASI saya tidak mau keluar, jadinya kami memberikan susu formula buat anak. Suami saya juga tidak segan mencuci (pakai mesin cuci sih) atau sekadar menyapu ringan.

Masih banyak banget keahlian dan kemampuan suami saya yang layak diacungi jempol deh, Ma, karena tidak semua laki-laki atau yang sudah punya status atau peran ayah sanggup mengerjakannya.

Mmm ... muji suami sendiri boleh kan, ya, Ma? Hahaha. Yang nggak boleh kan, muji suami tetangga kan ya? #ehgimana

Nah, buat Mama yang ingin Papa lebih peduli dengan keluarga, terutama pada anak-anak, ada tipsnya loh.

Walaupun ada pepatah yang bilang bahwa “boys will always be boys”, tapi jangan menyerah deh, Ma. Ingat, peran ayah itu penting karena merupakan role model atau panutan bagi anak-anaknya.

Jika kita bisa membantu Papa agar bisa menyelami peran ayah dengan lebih baik, ya, why not kan? Keluarga kita juga yang akan untung kan? Betul kan, Ma? *maksa*


5 Hal yang bisa Mama lakukan demi mendukung Papa agar bisa menyelami peran ayah dengan lebih baik


1. Jangan cerewet


Banyak laki-laki yang mengeluhkan istrinya bertambah cerewet setelah mereka menikah. Mungkin saya juga nih. Hahaha. Cerewet dalam artian, Papa bicara satu kalimat, Mama membalas dengan 1000 kalimat. Tapi konon memang perempuan itu punya kemampuan mengeluarkan 20.000 kata setiap harinya sih, sedangkan kaum pria itu hanya 7.000 kata.

Hahaha. Bener enggak, kurang tahu juga. Tapi katanya sih sudah ada penelitiannya.

Yah, Mama, yang kayak gini bisa bikin Papa mati gaya.

Nah, supaya si Papa bisa menjalani peran ayah yang lebih baik, kurangi cerewetnya ya. Papa pasti mengerti kok kalau kita menyampaikan apa pun dengan lembut dan tidak tergesa-gesa.


2. Apresiasi


Kalau Papa sudah mau mengerjakan apa yang kita minta, maka jangan lupa untuk memberi Papa apresiasi ya, Ma. Sekecil apa pun bantuan yang papa berikan itu dilakukannya untuk kita lho.

Ucapan seperti, "Terima kasih ya, Sayang!", atau "Hun, you’re amazing!" kayaknya sih sudah cukup membuat hati Papa berbunga-bunga. Pujilah dia, betapa dia berhasil menyelesaikan masalah dan mengatasi keadaan.

Next, Papa pasti akan mengerjakan tugasnya dengan lebih baik lagi. Percaya deh.


3. Komunikasi


Nah, ini hal yang paling penting saat kita berumah tangga, juga kalau Mama ingin membantu Papa menjalani peran ayah dengan lebih baik.

Pastikan Mama sudah tahu bagaimana cara Papa berkomunikasi. Karena setiap orang mempunyai cara berkomunikasi yang berbeda-beda loh. Jangan sampai salah tanggap ya, Ma.


4. Kerja sama tim


Mama dan Papa, juga anak-anak merupakan satu tim dalam keluarga.

Berikan selalu empati dan respek satu sama lain, termasuk kepada papa agar bisa menjalani peran ayah dengan baik, setiap hari. Tim yang baik akan selalu mengingatkan, dan tidak egois dan tidak mau menang sendiri.

Bukan begitu, Ma ?


5. "Kita", dan bukan "kamu"


Nah, sesuai dengan poin no 4 di atas, maka hilangkan kata "kamu", saat Mama sedang berbicara dan berkomunikasi dengan Papa.

Gunakan kata yang ampuh ini, "kita". Sehingga Papa juga berpikir, bahwa hal yang di bicarakan tidak hanya penting untuk Mama, atau untuknya saja, tetapi juga penting untuk keluarga.


BACA JUGA


10 Tipe Papa yang Biasanya Dijumpai dalam Keluarga. Papa Termasuk Tipe yang Mana, Ma?

10 Tipe Papa yang Biasanya Dijumpai dalam Keluarga. Papa Termasuk Tipe yang Mana, Ma?

Berbagai macam karakter papa selalu memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini 10 tipe papa versi Rocking Mama

Read more..


Nah, Mama, itu dia beberapa cara untuk mendukung Papa supaya bisa menjalani peran ayah dalam keluarga dengan lebih baik lagi.

Ayo, Ma, langsung dicoba ya, tipsnya! Stay happy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Menjalani Peran Ayah dengan Baik, Papa Perlu Bantuan Mama Lho. Berikan 5 Hal Ini Untuknya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indriyas Wahyuni | @indriyaswahyuni

Blogger, Freelancer, Book & Food Lover Blog : http://www.indriariadna.com

Silahkan login untuk memberi komentar