Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

2.9K
Makan buah dan sayur-sayuran dengan variasi warna masih sangat dianjurkan, karena ternyata masing-masing buah dan sayur-sayuran ini menyimpan rahasia yang sangat berarti bagi kelangsungan hidup manusia.

Alam ini diciptakan demikian indah oleh Tuhan, dan disempurnakan lagi dengan warna-warni yang memikat. Seperti halnya bunga yang beraneka warna, buah dan sayur-sayuran pun diciptakan dengan warna-warni yang memesona. Tentu semua itu bukan tanpa tujuan lho. Aneka warna indah tersebut ternyata menyimpan rahasia yang sangat berarti bagi kelangsungan hidup manusia.

Jika pada makanan yang telah diproses, Mama perlu membaca dengan teliti isi kandungan makanan melalui label yang tertera pada kemasan, maka terhadap makanan alamiah seperti buah dan sayur-sayuran, Mama cukup membaca kandungannya melalui warna-warni alami yang mendominasinya.

Karena melalui warna-warna tersebutlah ternyata Tuhan menitipkan kandungan nutrisi yang berbeda-beda, dengan manfaat masing-masing yang luar biasa.

Nggak percaya, Ma? Coba yuk, kita lihat!


Berikut warna-warni buah dan sayur-sayuran, serta kandungan dan fungsinya.


1. Merah


Warna merah merupakan warna paling menarik dan menggugah selera makan ya, Ma? Dilihat itu paling seger deh. Betul nggak?

Warna merah dalam buah dan sayur-sayuran mengindikasikan kandungan Lycopen yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, Ma. Warna merah juga berarti kandungan folat, vitamin C dan Flavanoid yang berfungsi meredakan peradangan.

Semangka, jambu merah, jeruk bali merah, tomat, dan juga paprika merah, merupakan sumber nutrisi-nutrisi tersebut di atas.

Oh iya, apakah Mama juga mengenal buah cranberry yang berwarna merah itu, Ma? Nah, uniknya nih, warna merah yang terkandung dalam buah cranberry bukan karena ada kandungan Lycopen seperti buah yang lain, melainkan kandungan Antocyanin. Buah ini juga mengandung tanin yang berfungsi untuk menghentikan bakteri-bakteri yang menyerang dinding-dinding sel, Ma.


2. Oranye / Kuning


Sayur-sayuran dan buah yang berwarna oranye atau kuning memiliki kandungan beta-carotene yang tinggi, Ma.

Kandungan beta-carotene ini bagus banget untuk menjaga kesehatan mata, selain itu beta-carotene juga merupakan pembangun sistem imunitas tubuh yang bagus.

Sayur-sayuran dan buah yang mengandung beta-carotene antara lain wortel, labu kuning atau oranye, ubi kuning dan oranye, aprikot dan mangga.

Sebenarnya sih masih ada jenis sayur-sayuran lain yang mengandung beta-carotene juga, misalnya seperti swiss card (semacam selada berbatang merah atau kuning) dan juga bayam merah, tetapi karena kandungan klorofilnya juga tinggi, maka warna dominannya jadi hijau.


3. Hijau



Sayur-sayuran berwarna hijau mengandung Lutein yang tinggi, Ma.

Lutein ini berfungsi untuk mencegah penurunan fungsi fokus pandangan mata sekaligus juga mencegah katarak. Makanya para lansia disarankan banget untuk secara teratur mengonsumsi sayur-sayuran hijau seperti ini ya.

Sayur-sayuran hasil persilangan, misalnya seperti brussel sprouts (semacam kubis), kale (semacam selada keriting), dan brokoli juga membantu mengeliminasi tumpukan racun dalam tubuh penyebab kanker lho.

Sayur-sayuran hijau juga mengandung vitamin K, potasium, carotenoid, Omega-3, dan juga asam folic. Para penderita tekanan darah tinggi juga sangat dianjurkan untuk menyantap banyak sayur-sayuran berwarna hijau seperti ini, Ma.


4. Putih


Putih bukan berarti tak mengandung apa-apa lho.

Sayur-sayuran berwarna putih, misalnya seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan bunga kol (brokoli putih) mengandung Allicins yang berfungsi untuk memerangi sel kanker, meningkatkan kesehatan organ cardiovascular juga mencegah penularan bakteri dan virus.


5. Biru dan Ungu


Nih, buat Mama yang pengin tampak selalu awet muda bersinar, konsumsilah banyak sayur-sayuran dan buah berwarna gelap, Ma.

Dalam sayur-sayuran dan buah berwarna gelap, misalnya seperti biru tua atau ungu tua terdapat banyak kandungan Anthocyanin yang merupakan anti oksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan peredaran darah, meningkatan kesehatan otak, serta membantu juga untuk mencegah penuaan dini, serta mencegah terjadinya kanker.

Blueberry, blackberry, plum, anggur merah, kubis ungu adalah beberapa sayur-sayuran dan buah pilihan berwarna gelap yang adapat membuat Mama sehat dan senantiasa awet muda.


Well, meski ada sebagian ahli kesehatan yang menganjurkan diet dengan satu warna makanan saja untuk penderita penyakit tertentu, namun makanan, terutama buah dan sayur-sayuran dengan variasi warna masih sangat dianjurkan ya, Ma. Kita kan nggak tahu dengan pasti, dari mana sumber anti oksidan terbaik yang bisa diterima oleh tubuh kita. Dengan mengasup makanan yang bervariasi warnanya, maka kita akan mendapatkan vitamin dan nutrisi yang lebih lengkap.

FYI, warna-warna makanan juga dapat meningkatkan gairah makan kita lho, Ma, dan ini berarti baik untuk kesehatan tubuh dan juga jiwa.

So, apalagi yang Mama tunggu? Mulai sekarang rajin-rajinlah memasak dan mengonsumsi buah dan sayur-sayuran dalam aneka warna, ya. Dan, hiduplah dengan sehat dan awet muda.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Titi AlfaKhairia | @titialfakhairia

Hi my name is Titi Alfa Khairia, right now i can call myself as blogger and entrepreneur as well. I concern on healthy and halal lifestyle. I concern also on social issues and next project is writing a book, building a social organization and stabilizing

Silahkan login untuk memberi komentar