Waspadai Alergi Anak! Ini Dia 5 Tanda yang Harus Mama Ketahui!

Waspadai Alergi Anak! Ini Dia 5 Tanda yang Harus Mama Ketahui!

1.2K
Alergi anak datang tanpa diduga! Ada baiknya Mama mengetahui tanda-tanda bahwa si kecil mengidap alergi.

Beberapa minggu belakangan ini kondisi kedua anak saya nggak begitu baik. Terlebih si kecil. Batuknya sudah seminggu nggak mau hilang. Padahal sudah minum obat, olesin balsam khusus bayi, pun dijaga makanannya. Tapi yang bikin saya baper adalah munculnya bintik-bintik di tangan, kaki dan badan. Saya curiga jangan-jangan alergi anak nih.

Biar nggak puyeng dan jelas akan sakitnya, saya pun konsultasi ke dokter anak langganan keluarga. Setelah dilakukan cek, benar dugaan saya! Bungsu saya tersebut alergi debu. Duh! Bintik-bintik yang ada di tubuh efek dari alergi abu dan batuk agak ‘bandel’ sembuhnya karena hal yang sama juga. Setelah diberi obat racikan, mandi dengan sabun khusus, bintik-bintiknya pun mulai memudar. Bahkan, batuk pun hilang.

Saya jadi ingat di salah satu iklan, ada dokter yang berujar, “Anak sekarang rentan terkena alergi.”

Hmmm, ada betul juga tuh, ya.

Salah satu dokter keluarga di Miramichi, N.B, dr. Roxanne MacKnight pun sempat berujar, “I’m definitely seeing more kids with allergies these days.”

Pengaruh makanan dan lingkungan seperti polusi, debu, dan cuaca adalah faktor-faktor yang memicu timbulnya alergi anak.


BACA JUGA


Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak sakit batuk? Flu, atau jatuh hingga lututnya luka? Tahan dulu kalau Mama mau segera memberinya obat generik atau pergi ke dokter. Coba ...

Read more..


Biar Mama nggak khawatir, berikut 5 tanda alergi anak yang penting banget untuk diketahui!


1. Mama dan Papa juga memiliki alergi


Tak cuma warna mata dan kepribadian, orang tua pun bisa menurunkan alergi anak lo, Ma!

Yes, alergi anak bisa merupakan warisan dari orang tua. Hal ini bisa diketahui oleh dokter keluarga yang telah mengetahui riwayat kesehatan keluarga Mama. Hadirnya dokter keluarga itu bisa meringankan Mama untuk mendeteksi sejak dini alergi anak pada bayi yang baru lahir.

Apabila terjadi reaksi alergi anak yang serius (biasanya pada makanan dan sengatan serangga) dalam riwayat kesehatan keluarga, sebaiknya bayi harus diperiksa untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal buruk yang merupakan efek dari alergi anak ini.


2. Eksim – Biasanya muncul pada bayi di tahun pertama


Tanda-tanda eksim seperti ruam, gatal dan kulit menjadi bersisik.

Kok bisa bayi mengidap eksim?

Bisa, Ma! Hal ini bisa oleh makanan tertentu yang dikonsumsi oleh bayi Mama, tapi di satu sisi bisa juga ini adalah kondisi warisan dari orang tua.

But don’t worry, Ma, kabar baiknya adalah 80% anak yang memiliki eksim akan bertumbuh kok. Tapi, seperti mata uang, alergi anak ini pun memiliki dua sisi di mana bisa menjadi jalan untuk jenis alergi anak yang lain. Beberapa dokter menyebut kondisi ini dengan evolusi dari satu alergi anak ke alergi lainnya.

Anak yang terkena eksim dan memiliki alergi makanan, maka ada kemungkinan si kecil juga akan terkena asma. Jalan yang terbaik adalah dengan melakukan tes kulit.


3. Batuk yang membandel


Batuk yang membandel, dalam hal alergi anak ini, sulit untuk sembuh dan selalu muncul saat anak tertawa, menangis, dan berlarian.

Jika batuk bertahan selama berminggu hingga bulanan, dan disertai gejala seperti gatal, mata berair, pilek bisa menjadi tanda alergi anak yang bisa jadi akan menyebabkan si kecil terkena asma yang dipicu oleh debu, polusi maupun hewan peliharaan.

Apa yang harus Mama lakukan?

Pertama adalah memperhatikan kapan batuk terjadi dan lihat sekeliling hal yang memicunya. Kedua, penting untuk memastikan itu bukanlah flu atau virus dari faktor lingkungan, seperti kuman ataupun asap rokok.

Jika kedua hal tersebut bukanlah pemicu batuk yang terjadi berminggu hingga bulanan, sebaiknya Mama langsung konsultasi ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.


BACA JUGA



4. Mengi - Sesak dan susah bernapas


Sebelumnya Mama mesti tahu bahwa gejala sesak dan susah bernapas nggak selamanya merujuk ke asma. Bisa jadi itu adalah Mengi.

Mengi terjadi saat saluran udara kecil di paru-paru menjadi sempit dan ini membuat susah utk bernapas dan efeknya menghasilkan suara siulan ketika bernapas.

Seringkali Mengi disebabkan oleh gas beracun, udara dingin, lembap, demam tinggi, alergi pernapasan, maupun melakukan olahraga.

Untuk pengobatan Mengi, Mama hanya perlu melakukan pengobatan simtomatik saja. Konsultasikan dengan dokter ya, Ma.


5. Muntah dan Sakit Perut Sesaat Setelah Makan


Apabila alergi anak terjadi pada makanan, maka biasanya tanda-tanda yang akan langsung muncul seperti muntah, sakit perut, diare, ada ruam di kulit.

Biasanya pemicu terjadinya alergi makanan pada bayi terjadi akibat konsumsi susu, kacang-kacangan, wijen, kedelai sedangkan alergi gandum dan kerang muncul pada alergi anak hingga dewasa.

Jika terjadi tanda-tanda seperti muntah dan adanya masalah pernapasan sebagai efek dari alergi anak terhadap makanan, sebaiknya Mama segera konsultasi dengan dokter anak. Apalagi ketika si kecil mengalami kesulitan bernapas, Mama harus segera menelepon rumah sakit untuk meminta ambulans, karena di dalamnya ada peralatan yang bisa membantu pertolongan pertama untuk si kecil.


BACA JUGA


Anak Nggak Mau Minum Obat? 5 Jurus Jitu dan Mudah Ini Bisa Mama Lakukan Saat Memberi Obat Untuk Balita!

Anak Nggak Mau Minum Obat? 5 Jurus Jitu dan Mudah Ini Bisa Mama Lakukan Saat Memberi Obat Untuk Balita!

Anak nggak mau minum obat pastinya akan membuat Mama lebih khawatir lagi. Tenang, Ma, bujuk anak nggak mau minum obat dengan 5 cara jitu ini ...

Read more..


Penting juga Mama menyimpan catatan makanan yang dikonsumsi, agar dapat melihat reaksi alergi anak ini dengan lebih jelas. Jadi, ke depannya Mama bisa meminimalisir bahan makanan yang aman bagi si kecil.

Dan jangan lupa, Ma, untuk bayi sebaiknya diberi makanan padat di usia enam bulan, ya!

Tetap sehat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspadai Alergi Anak! Ini Dia 5 Tanda yang Harus Mama Ketahui!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar