Yuk, Atasi Diare pada Anak Balita dan Bayi dengan Terapi Nutrisi!

Yuk, Atasi Diare pada Anak Balita dan Bayi dengan Terapi Nutrisi!

4.1K
Diare pada anak menjadi salah satu penyebab terganggunya proses pertumbuhan anak, yang dampaknya bisa dirasakan hingga ia dewasa nanti!

Hai, Mama! Apa kabar si kecil dan Mama? Sehat? Apa? Si kecil lagi diare? Duh, sedihnya kalau terjadi diare pada anak ya, Ma?

Memang diare pada anak menjadi salah satu penyebab terganggunya proses pertumbuhan anak, terutama pada kebugaran dan produktivitasnya. Bahkan dampak ini bisa dirasakan hingga si kecil tumbuh dewasa nanti lo.


BACA JUGA


Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak sakit batuk? Flu, atau jatuh hingga lututnya luka? Tahan dulu kalau Mama mau segera memberinya obat generik atau pergi ke dokter. Coba ...

Read more..


Makanya, jangan pernah remehkan diare pada anak, Ma. Mama, Papa, seluruh keluarga, termasuk si pengasuh bayi, harus tahu dan paham betul bagaimana menangani diare pada anak dengan cepat dan tepat.


Salah satu cara penanganan diare pada anak adalah dengan memasukkan kembali cairan dan elektrolit—yang lebih dikenal dengan oralit—ke tubuh anak.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sempat mengangkat diskusi seputar intoleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan mencerna laktosa yang ditemukan dalam produk susu dalam langkah pemulihan diare pada anak, Ma.

Data penelitian telah merekomendasikan, bahwa dalam penanganan diare pada anak, kita harus tetap memberikan makanan pada bayi dan balita sesuai pola makan yang sudah terbentuk, selain cairan elektrolit.

Nah, yang menjadi masalah adalah makanan pada anak yang masih harus menerima asupa nutrisi melalui susu. Munculnya kondisi over sensitif terhadap laktase menjadi salah satu faktor yang lantas dihubungkan dengan penyakit diare pada anak.


Apa sih laktase itu?

Laktase merupakan salah satu enzim yang bisa ditemukan dalam pencernaan, dan berfungsi untuk mencerna laktosa yang terdapat dalam susu. Kalau anak sampai kekurangan laktase, maka laktosa yang nggak bisa dicerna ini bisa menjadi pemicu diare pada anak, Ma.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti susu biasa dengan susu bebas laktosa.


BACA JUGA


Menjaga Kesehatan Anak? Mulailah dari Beberapa Kebiasaan Kecil Ini untuk Manfaatnya hingga Jauh ke Masa Depan Nanti!

Menjaga Kesehatan Anak? Mulailah dari Beberapa Kebiasaan Kecil Ini untuk Manfaatnya hingga Jauh ke Masa Depan Nanti!

Kesehatan anak ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaannya yang sudah diajarkan oleh Mama sejak kecil. So, jangan pernah menyepelekan beberapa ...

Read more..


Tentu Mama bertanya-tanya, apakah susu bebas laktosa akan sama bernutrisinya dengan susu biasa?

Jawabannya, iya, Ma. Susu bebas laktosa memiliki nilai gizi yang sama dengan susu biasa, termasuk kandungan energi, protein, vitamin D, kalsium dan potasium.

Jadi, secara garis besar saja, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Mama ambil untuk mengatasi diare pada anak:

  • Teruskan ASI jika si kecil masih memerlukan ASI
  • Berikan cairan semaksimal mungkin, dan elektrolit sesuai saran dokter
  • Jangan berikan jus buah maupun soda.
  • Terus berikan susu, atau susu bebas laktosa jika perlu.

Nah, bagi anak yang sudah mengonsumsi makanan padat, Academy of Nutrition and Dietetics punya panduan sederhana mengenai apa saja yang perlu tetap diberikan dan yang dihindari jika terjadi diare pada anak.

Seharusnya sih, Ma, dengan penanganan yang tepat dan cepat, serta sesuai dengan anjuran dokter, diare pada anak yang tidak berkepanjangan akan segera sembuh dalam waktu 24 jam.

Selalu sehat ya, Ma!


Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rockingmama.id dengan Womanation.id


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Atasi Diare pada Anak Balita dan Bayi dengan Terapi Nutrisi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rocking Mama | @RockingMama

Mother's life hacks - Mama Community - For Smart & Powerful Moms Only!

Silahkan login untuk memberi komentar