Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!

Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!

1.2K
God made girls have monthly periods and give birth, because He knew guys weren't strong enough to handle it.

Sedang PMS dan malas bergerak?

Ah, itu mah kita banget ya, Ma. Malas gerak alias mager seperti itu memang keluhan sebagian besar perempuan, apalagi kalau lagi menjelang atau mungkin sudah hari pertama dan kedua siklusnya. Maunya cuma mlungker aja di sofa atau di kasur.

Well, normal sih ya. ‘Kemalasan’ ini disebabkan tak hanya karena keseimbangan hormon yang sedang berubah, namun juga perubahan pada kondisi fisik yang akhirnya membuat perempuan pada umumnya lebih suka malas-malasan saat sedang dalam siklus menstruasi. Bangun dari tempat tidur aja susah, apalagi kalau harus ke gym. Aduh, malasnya!

Tapi menurut seorang pakar kebugaran dan hormon dari Ohio, Rob Kominiarek, D.O., FACOFP, dalam salah satu jurnalnya dalam Medicine & Science in Sports & Exercise mengungkapkan, bahwa justru di saat menstruasilah merupakan waktu yang paling tepat untuk memaksimalkan kegiatan fisik, apalagi kalau kita sedang dalam rangka mengurangi berat badan.

Loh, kok gitu ya? Ya, karena pada saat menstruasilah, tubuh justru sedang banyak membakar lebih banyak kalori dibandingkan saat kita melakukan hal yang sama di lain waktu (pas kita nggak lagi menstruasi).

Selain itu, masih menurut Rob Kominiarek, olahraga yang dilakukan saat PMS malah akan mengurangi derita sakit yang ditimbulkan lho, terutama kram perut.


Baca juga: Wahai, PMS, Jangan Datang Lagi Ya! – Ini Dia Cara Jitu Bebas Rasa Sakit Kala PMS dalam 4 Minggu!


Lalu, apakah kita bisa melakukan semua jenis olahraga saat sedang PMS? Tentu tidak. Jelas kita nggak boleh berenang ya, Ma. Hahaha. Well, ini dia beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan saat sedang dalam siklus menstruasi, dan bisa membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkannya.


1. Jogging


Saat sedang PMS, kadang emosi perempuan memang menjadi nggak stabil, sehingga yang Mama butuhkan adalah sedikit suntikan hormon endorfin yang bisa memunculkan perasaan bahagia.

Aktivitas seperti jogging akan mampu membantu pelepasan hormon ini, Ma. Mama dapat berjogging bersama sahabat-sahabat Mama agar olahraga Mama terasa lebih menyenangkan. Namun, Mama juga perlu memerhatikan sinyal tubuh juga ya. Jika sudah mulai kelelahan, maka segera kurangi kecepatan jogging Mama, gantilah dengan jalan cepat yang sama-sama efektif mampu membakar kalori.


2. Jalan kaki


Berjalan kaki merupakan olahraga yang juga sangat pas dilakukan saat PMS, dan mampu mengembalikan suasana hati yang mendung ke suasana yang menyenangkan dengan cepat.

Olahraga jalan kaki ini juga minim benturan, sehingga meminimalisir kemungkinan kram perut yang semakin parah. Nah, supaya lebih oke, sebelum mulai berjalan kaki, minumlah air putih terlebih dahulu ya, Ma, agar tubuh Mama terasa segar. Pakai juga sepatu yang nyaman ya.


Baca juga: 5 Ritual Pagi yang Harus Dilakukan Agar Tubuh Mama Selalu Bugar Setiap Hari


3. Yoga


Banyak orang menyukai olahraga yoga karena dipercaya mampu menenangkan pikiran, selain tentunya ampuh membakar kalori dan meningkatkan kelenturan tubuh ini, Ma.

Mintalah saran dari instruktur yoga Mama mengenai gerakan-gerakan yang bisa membantu Mama meringankan sakit akibat PMS, dan yang bisa mengendurkan otot-otot perut dan panggul yang tegang. Lakukan meditasi yang diikuti dengan beberapa gerakan yoga akan efektif membantu meredakan stres dan emosi yang labil selama PMS.


4. Zumba


Nah, yang ini asyik banget nih, Ma! Gerakan tari yang riang, pasti akan membuat mood Mama kembali membaik. Mama sudah terdaftar kelas aerobik belum? Barangkali Mama juga bisa mengambil kelas Zumba, atau Salsa. Gerakan high impact dan low impact yang indah akan ampuh membakar kalori secara efektif.


5. Bersepeda


Bersepeda juga cocok banget, Ma, Mama lakukan saat tubuh sedang PMS. Sambil bersepeda, Mama juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang sebelumnya jarang Mama perhatikan. Beda lho, saat melihatnya dari atas sadel sepeda dengan saat Mama lewat dengan mobil. So, sambil mengayuh sepeda, manjakan mata, juga hiruplah oksigen sebanyak-banyaknya!

Mama pun pasti akan merasa bahagia, sehingga kram perut sudah terlupakan.


Baca juga: Liburan Nggak Harus Mahal. Ini Dia 4 Cara untuk Menikmatinya Secara Murah Meriah!


Nah, Mama, ayo buang jauh-jauh rasa malas bergerak saat PMS! Kenakan sepatu olahraga Mama dan mulai bergerak aktif, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang selama ini diinginkan. Karena sekaranglah saatnya!

Ohiya, jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan makanan sehat dan banyak-banyak minum air ya, Ma!

Cusss!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rocking Mama | @RockingMama

Mother's life hacks - Mama Community - For Smart & Powerful Moms Only!

Silahkan login untuk memberi komentar