Yuk, Jual Hasil Kerajinan Tangan Mama ke 10 Tempat yang Bisa Dijadikan Referensi Jualan Craft Ini!

Yuk, Jual Hasil Kerajinan Tangan Mama ke 10 Tempat yang Bisa Dijadikan Referensi Jualan Craft Ini!

4.4K
Hobi membuat kerajinan tangan ternyata bisa mendatangkan pundi uang bagi Mama dengan menjual di tempat yang benar.

Mama punya hobi membuat kerajinan tangan? Atau sekadar iseng bikin rajutan yang cantik untuk pakaian si kecil? Hobi mama ini bisa menghasilkan uang lho. Kalau hasilnya bagus, mengapa tidak coba dijual?

Sekarang ini tren produk kerajinan tangan sedang naik daun. Dari segi harga memang lebih tinggi dibanding buatan pabrik karena dibuat dengan tangan. Produk yang unik dan tersedia dalam jumlah terbatas membuat pemiliknya merasa istimewa. Ada pula yang menawarkan custom product sesuai permintaan pelanggan.

Ada berbagai tempat untuk memasarkan produk kerajinan tangan ini, baik offline maupun online. Dengan teknologi internet, Mama juga bisa menjual produk hingga ke luar negeri lho! Di sini kita bahas satu persatu ya, Ma.


Jual kerajinan tangan secara offline:


1. Teman/keluarga


Mama bisa menawarkan hasil kerajinan tangan ke teman-teman dan keluarga terdekat. Selain itu Mama bisa mengenalkan produk saat arisan. Para tetangga dan ibu-ibu arisan bisa langsung melihat hasil kerajinan tangan tersebut. Kalau mereka suka, mereka akan ikut mempromosikan hasil karya Mama ke teman-teman yang lain.


2. Bazaar


Bazaar sering diadakan di lingkungan tertentu seperti perkantoran atau perumahan saat ada momen istimewa, seperti 17 Agustus. Ada biaya ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk membuka booth di bazaar, tergantung seberapa besar acaranya.

Ada pula bazaar dalam skala besar yang hadir setahun sekali khusus untuk produk kesenian yaitu Inacraft di Jakarta. Inacraft ini diadakan oleh ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia). Peserta bazaar harus menjadi anggota ASEPHI dan telah melewati kurasi.


Jual kerajinan tangan secara online:

1. Qlapa

Di sini Mama bisa menjual produk fashion pria dan wanita, dekorasi rumah, gadget, aksesoris, hingga kado unik. Mama bisa berjualan di Qlapa.com secara gratis. Marketplace buatan anak negeri ini hanya akan mengenakan biaya transaksi 20% dari harga jual setelah produk Mama laku.


Tas batik indigo kulit - sumber : qlapa . com

2. Marketplays


sumber : marketplays . id

Satu lagi marketplace yang mendukung pengrajin kesenian Indonesia yaitu Marketplays.id.

Sebagian besar produk yang dijual di sini adalah hasil kerajinan tangan dari kulit (tas, dompet, sepatu, dll), denim, dan home decoration. Mama dapat mendaftar menjadi penjual di sini tanpa dikenai biaya apa pun. Marketplays akan mengambil komisi 10% dari hasil penjualan.

Marketplays menyediakan beberapa fasilitas untuk penjualnya seperti jasa foto produk mulai dari Rp 100.000,- dan offline market di mana penjual dapat langsung berinteraksi dengan pembeli.


Baca juga : Kenalan dengan hand lettering - Hobi asyik yang bisa menghasilkan karya artistik!


3. Kaskus

Portee Goods, salah satu custom shoes di Kaskus - sumber : kaskus . id

Kaskus ini bukan tempat spesifik untuk menjual hasil kerajinan tangan sih. Namun Forum Jual Beli di Kaskus yang telah lama ada ini patut menjadi pertimbangan Mama. Karena penggunanya didominasi kaum pria, mama bisa menawarkan produk kebutuhan pria seperti tas, dompet, sepatu dan ID card holder.


4. Facebook


sumber : blog . storyful . com

Eksis di media sosial seperti Facebook, Ma? Ini tempat yang tepat mengenalkan hasil kerajinan tangan Mama.

Sebaiknya Mama membuat Facebook Fanpage khusus untuk toko online. Mama juga bisa bergabung dengan komunitas pecinta handmade, contohnya Makaya Craft. Di sini jaringan pertemanan mama semakin luas, bisa berbagi ilmu tentang craft, dan tentunya mendapat kesempatan menjual produk baik online maupun ikut bazaar.


5. Instagram


sumber : entrepreneur . com

Toko online di instagram memang menjamur. Kelebihan instagram yang fokus menampilkan foto membuat mudah menarik perhatian calon pembeli. Mama perlu menyiapkan foto produk yang menarik serta menggunakan hashtag yang relevan dengan produk Mama. Pengin terlihat menarik produk kerajinan Mama, bisa dicoba teknik foto flatlay yang lagi kekinian. Saat ini sudah ada instagram for business yang bisa terhubung dengan Facebook Fanpage.


6. Etsy

Di Etsy mama bisa menjual segala bentuk kerajinan tangan. Mulai dari baju, aksesoris, peralatan rumah tangga, keperluan anak, vintage stuff,s juga alat & bahan craft.

Barang yang dijual bisa juga berupa digital print seperti poster penghias dinding dan kemasan pembungkus sabun. Produk handmade mama bisa dilihat oleh calon pembeli dari seluruh dunia. Untuk wilayah Asia, banyak penjual dari Indonesia dan Thailand.


chains yang dijual di Etsy. Sumber : etsy . com

Untuk membuat akun penjual, mama butuh kartu kredit sebagai alat verifikasi. Setiap mendaftar barang untuk dijual (listing) Mama akan dikenai biaya $0.20 per item. Listing ini berlaku selama 4 bulan. Setelahnya bisa diperbarui dengan membayar listing fee kembali atau tidak dilanjutkan.

Kalau produk Mama sudah laku, Etsy mengambil biaya 3.5% per item. Mama butuh membuat akun Paypal untuk menerima pembayaran.


Tip untuk berjualan di Etsy nih, Ma. Biasanya kendala ada di ongkos kirim ke luar negeri yang mahal. Supaya tidak terlalu mencolok, masukkan sebagian ongkos kirim ke harga barang. Jangan lupa juga masukkan biaya listing dan biaya transaksi di atas. Pos Indonesia punya 2 jasa pengiriman ke luar negeri. RLN dengan harga lebih murah dan EMS untuk kiriman yang lebih cepat sampai.

Tertarik berjualan di Etsy? Daftar di Etsy.com dan Mama bisa gratis mendaftarkan produk (free listing).


Baca juga : Yuk, Belajar hobi baru! Membuat Clay Doll ternyata sangat mengasyikkan!


7. Pinterest

Media sosial satu ini sebenarnya bukan tempat transaksi tetapi untuk mengenalkan produk. Mama bisa mengunggah foto hasil kerajinan tangan ke Pinterest. Link produk yang sudah terdaftar di Etsy juga bisa dibagikan di sini. Akun Pinterest akan langsung terhubung ke toko di Etsy.

Di Pinterest ini banyak juga yang memberikan tutorial Do-It-Yourself (DIY). Mama bisa mencari inspirasi produk kesenian di sini. Dijamin betah berlama-lama surfing di Pinterest.


DIY pouch - sumber : pinterest


8. Blog


Selain pilihan di atas, Mama juga bisa membuat blog yang menawarkan hasil kerajinan tangan. Kalau mau kelihatan profesional disarankan Mama menggunakan blog dengan top level domain alias berbayar (.com, .id). Bisa juga gratisan, Mama bisa menggunakan platform Wordpress dan Blogger. Selain menampilkan pilihan produk, Mama bisa menuliskan artikel berisi tip-tip menarik yang berhubungan dengan produk mama.


Bagaimana, Ma? Siap berkreasi dan menjual hasil kerajinan tangan Mama hingga go international? Cara offline dan online bisa Mama lakukan disesuaikan dengan kebutuhan. Aktivitas Mama ini bisa membuka lapangan kerja lho, jadi jangan pernah patah semangat ya, Ma, dalam memulai usaha juga ketika mengembangkannya.

Selamat mencoba, Ma!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Jual Hasil Kerajinan Tangan Mama ke 10 Tempat yang Bisa Dijadikan Referensi Jualan Craft Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Helena Safitri | @helenamantra

Dream to be The Winner of The Amazing Race with her son. Story teller on helenamantra.com and myfoottrip.com. Twitter & IG: helenamantra

Silahkan login untuk memberi komentar