Yuk, Kenalan dengan Kista Ovarium Agar Kita Makin Yakin Bahwa Hidup Sehat Itu Segalanya!

Yuk, Kenalan dengan Kista Ovarium Agar Kita Makin Yakin Bahwa Hidup Sehat Itu Segalanya!

541
Kista ovarium? Bikin nggak bisa hamil ya? Eits, sebelum mengambil kesimpulan, coba baca artikel ini dulu sampai selesai ya!

Perempuan itu rentan untuk terkena kista ovarium. Saya mengalaminya hingga dua kali. Pertama sebelum menikah dan kedua setelah melahirkan. Alhamdulilah kondisi saya sehat, walaupun di operasi pertama saya harus merelakan ovarium kiri diangkat. Tapi, itu nggak menjadi penghalang bagi saya untuk memeroleh momongan.

Mendengar kata kista ovarium sering membuat kita berjengit ya, Ma. Yang ada di pikiran kista ovarium ini memang berbahaya banget, bikin nggak bisa hamil. Hmmm. Bener nggak ya kayak gitu?

Banyak yang mengatakan bahwa kista ovarium itu sama dengan tumor. Well, yeah, hampir mirip memang.

Untuk lebih jelasnya, kista ovarium ini merupakan semacam kantung berisi cairan (bisa sebagian setengah cairan), cairan kental serta udara. Sebenarnya, kantung seperti ini bisa tumbuh dalam organ tubuh manusia d bagian mana saja. Nah, gelembung ini terdapat di ovarium (kantung penyimpanan sel telur), maka hal inilah yang disebut dengan kista ovarium.

Kista ovarium ini sebetulnya nggak berbahaya, Ma. Namun begitu, kalau dibiarkan terus menerus akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Bila hal ini terjadi, pastinya akan mengganggu proses ovulasi. Dan kalau masih didiamkan saja, dapat mengganggu kesehatan yang cukup serius.

Karena itu, amat penting bagi Mama untuk segera ke dokter setelah mengamati gejala-gejalanya.

Hingga kini memang dikenal beberapa jenis kista ovarium yang kerap membuat bingung. Namnm begitu, sebetulnya mengenali jenis kista cukup mudah saja. Kista ovarium hanya terdiri dari dua jenis yaitu kista fungsional dan kista abnormal.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Mitos yang Selama Ini Kita Percaya Namun Ternyata Merupakan Sinyal Gangguan Kesehatan - Waspada!

Ini Dia 7 Mitos yang Selama Ini Kita Percaya Namun Ternyata Merupakan Sinyal Gangguan Kesehatan - Waspada!

Sering kita mendengar mitos-mitos yang beredar di masyarakat yang diartikan lain sama sekali, padahal menyimpan fakta gangguan kesehatan di ...

Read more..


2 Jenis kista ovarium

Jenis Kista Ovarium Abnormal


Kista ovarium abnormal adalah kista yang muncul karena hal yang nggak normal (jenis kista yang terjadi di luar kista fungsional). Beberapa jenis kista ovarium abnormal adalah:

1. Cystadenoma

Kista ovarium yang berasal dari bagian luar sel indung telur. Namun, jangan khawatir, umumnya bersifat jinak. Tetapi, bila didiamkan dapat menjadi besar dan menimbulkan nyeri.

2. Kista Endometrioma (Kista cokelat)

Kista ovarium jenis ini merupakan endometrium yang nggak pada tempatnya. Disebut juga kista cokelat, karena memang berisi timbunan darah yang berwarna cokelat kehitaman.

Menurut dokter kandungan, kista cokelat ini terjadi gara-gara darah haid nggak mengalir keluar, tapi malah balik arah masuk ke dalam. Nah, terjadilah penumpukkan. Dan itu awal mula kista ovarium.

3. Kista Dermoid

Kista ovarium yang berisi berbagai jenis bagian tubuh seperti: kulit, kuku, rambut, gigi dan lemak. Kista ovarium ini terdapat di bagian di kedua indung telur. Umumnya, berukuran kecil dan nggak menimbulkan gejala.

4. Kista Endometriosis

Kista ovarium jenis ini terjadi karena ada bagian endometriosis yang berada di luar rahim, berkembang bersamaan dengan tumbuhnya lapisan endometrium setiap bulan, sehingga menimbulkan nyeri hebat saat menstruasi.

5. Kista Polikistik Ovarium

Kista ovarium yang terjadi karena kista tidak dapat pecah dan melepaskan sel telur secara kontinyu. Biasanya terjadi setiap bulan. Ovarium akan membesar karena bertumpuknya kista ini.

Untuk kista polikistik ovarium yang menetap, dokter kemungkinan harus melakukan operasi untuk pengangkatan kista tersebut agar nggak menimbulkan gangguan dan rasa sakit.


BACA JUGA


Untuk Mencegah Berbagai Penyakit Datang, Coba Jawab 5 Pertanyaan yang (Seharusnya) Sudah Dijawab Sejak Kita Berusia 20-an Ini!

Untuk Mencegah Berbagai Penyakit Datang, Coba Jawab 5 Pertanyaan yang (Seharusnya) Sudah Dijawab Sejak Kita Berusia 20-an Ini!

Agar dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya datang di usia senja kita, seharusnya kita sudah menjawab 5 pertanyaan berikut ini sejak ...

Read more..


Jenis Kista Ovarium Fungsional


Mengapa disebut kista ovarium fungsional?

Ya, sebab kista terjadi akibat perubahan jaringan di ovarium, saat perempuan menjalani fungsi menstruasi yang normal. Ada 2 jenis kista fungsional, yaitu :

1. Kista Folikel

Folikel merupakan suatu rongga cairan yang lazim terdapat dalam ovarium. Dalam keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat siklus menstruasi untuk melepaskan sel telur. Sayangnya, pada beberapa kasus, folikel ini justru tidak terbuka (tidak pecah), sehingga tindak mampu melepaskan sel telurnya saat menstruasi.

Nah, hal ini akan menimbulkan semacam bendungan cairan dan perlahan menjadi kista. Kista ini tidak berbahaya, tidak nyeri dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 2-3 siklus haid.

2. Kista Lutein

Kista yang terjadi karena adanya sisa folikel (dikenal sebagai korpus luteum), yang tertinggal saat pelepasan sel telur. Sebetulnya dalam keadaan normal korpus luteum ini akan hancur dan diserap tubuh.

Kista ovarium ini sebetulnya tidak berbahaya. Tapi, perlu pengawasan dokter, Ma. Sebab dalam beberapa kasus, kista ini dikhawatirkan membesar hingga berdiameter 10 cm, serta berpotensi berdarah dan mendesak ovarium.

Kalau sudah demikian, akan menyebabkan sering terjadi nyeri pada panggul atau perut.


BACA JUGA


Deteksi Dini Kanker Serviks - Yuk, Ma, Berkenalan dengan Tes IVA!

Deteksi Dini Kanker Serviks - Yuk, Ma, Berkenalan dengan Tes IVA!

"Biarkan semua rasa ini saya yang merasakan. Kalian cukup tahu bahwa kanker serviks ini bisa dicegah dari usia dini." - Julia Perez (1980- ...

Read more..


Bisa nggak sih kista ovarium ini hilang? Bisa banget, Ma!

Mau cara pengobatan bisa. Saya sendiri harus menjalani operasi untuk mengatasi kista ovarium yang saya derita. But don’t worry Ma, sekarang ini pengangkatan kista ovarium bisa dilakukan dengan teknik laparoskopi kok. Which is nggak perlu belah perut Mama.

Ada baiknya juga Mama mulai memerhatikan makanan yang dikonsumsi dan memulai gaya hidup sehat agar terhindar juga dari kista ovarium ini.

Sehat selalu, ya, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Kenalan dengan Kista Ovarium Agar Kita Makin Yakin Bahwa Hidup Sehat Itu Segalanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar